Memori Bersejarah Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Mengukir rekor gemilang

Indonesia U-23 mampu mengukir rekor manis dalam panggung sepak bola internasional. Mereka berhasil menembus babak semifinal Piala Asia U-23 2024 yang bergulir di Qatar. Garuda Muda racikan Shin Tae Yong ini tampil memukau meski berstatus negara debutan.

Pencapaian tersebut kini telah menjadi momen bersejarah bagi Indonesia U-23. Di lain sisi, langkah Garuda Muda turut memperpanjang catatan apik yang dibukukan Timnas Indonesia di segala umur pada ajang sebelumnya. Bersama STY, Indonesia pun disulap menjadi negara yang diperhitungkan di Piala Asia.

1. Indonesia cemerlang pada fase penyisihan grup Piala Asia U-23 2024

Memori Bersejarah Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024Timnas Indonesia ketika melawan Qatar pada laga perdana fase grup Piala Asia U-23 2024. (instagram.com/afcasiancup)

Pencapaian luar biasa Indonesia di Piala Asia U-23 2024 diawali pada babak penyisihan grup. Ketika itu, Garuda Muda tampil percaya diri saat bersua negara-negara kuat. Mereka pun tidak gentar walau harus menghadapi Qatar, Australia, dan Yordania dalam persaingan Grup A.

Buktinya, Indonesia berhasil finis sebagai runner-up di klasemen akhir fase grup Piala Asia U-23 2024. Mereka mengantongi 6 poin dari total 3 pertandingan. Secara statistik, Garuda Muda mampu meraup 2 kali menang dan 1 kali kalah.

Mulanya, Indonesia mengawali persaingan dengan hasil minor saat berjumpa Qatar pada laga perdana fase Grup A Piala Asia U-23 2024. Itu karena mereka mesti mengakui keunggulan tuan rumah 0-2 di Stadion Jassim Bin Hamad, Senin (15/4/2024). Walau demikian, Indonesia bangkit dalam dua laga sisa usai membungkam Australia (1-0) dan Yordania (4-1).

2. Indonesia menyingkirkan Korea Selatan secara dramatis pada perempat final

Memori Bersejarah Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024Timnas Indonesia saat merayakan gol ke gawang Australia pada laga fase grup Piala Asia U-23 2024. (instagram.com/afcasiancup)

Hasil runner-up fase grup akhirnya membuka jalan Indonesia untuk melangkah mulus ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kali ini, skuad asuhan Shin Tae Yong harus bersua lawan yang lebih kuat. Garuda Muda ditantang tim muda dari Negeri Ginseng, Korea Selatan.

Hebatnya, Indonesia tidak gentar akan kekuatan lawan saat melakoni perempat final Piala Asia U-23 2024. Itu terbukti seusai Garuda Muda sanggup menyingkirkan Korea Selatan secara sengit. Indonesia sendiri keluar sebagai pemenang usai menang lewat adu penalti (11-10). Sebelumnya, kedua negara diketahui mampu bermain imbang 2-2 pada waktu normal hingga babak tambahan 2×15 menit.

Baca Juga: 5 Fakta Piala Asia U-23 2024, Ali Jasim Top Skor 

3. Langkah Indonesia terhenti oleh Uzbekistan pada babak semifinal

Memori Bersejarah Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024Timnas Indonesia ketika melawan Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024. (instagram.com/afcasiancup)

Indonesia benar-benar luar biasa. Setelah mengalahkan Korea Selatan pada babak perempat final, kali ini mereka memastikan diri sebagai salah satu semifinalis di Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda membuktikannya setelah berani menghadapi Uzbekistan pada persaingan zona empat besar.

Hanya saja, Indonesia belum menemukan jalan terbaik saat melewati fase semifinal Piala Asia U-23 2024. Hal itu disebabkan mereka keok setelah dipermalukan Uzbekistan. Bertanding di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Senin (29/4/2024), anak asuhan Shin Tae Yong ini menyerah dengan kedudukan akhir 0-2.

4. Kalah dari Irak, Indonesia gagal merebut peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024

Memori Bersejarah Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024Timnas Indonesia ketika melawan Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024. (instagram.com/afcasiancup)

Walau harus menelan pil pahit dari Uzbekistan, nyatanya Indonesia masih memiliki kesempatan untuk merebut peringkat ketiga di Piala Asia U-23 2024. Bahkan, hasil pertemuan ini dapat mengantarkan Garuda Muda untuk merebut tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Jika menang, maka Indonesia otomatis lolos tanpa harus melawati babak play-off.

Namun, lagi-lagi, Garuda Muda tidak bisa berbicara banyak saat menghadapi Irak pada partai perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024. Mereka kembali menelan kekalahan 2-1 saat laga diselenggarakan di Stadion Al Janoub, Kamis (2/5/2024). Hasil ini akhirnya membuat Indonesia harus melewati babak playoff dengan melawan Guinea untuk penentuan tiket Olimpiade Paris pada 9 Mei 2024.

Di satu sisi, absennya Rizky Ridho boleh dikatakan menjadi biang di balik kekalahan Indonesia dari Irak pada laga perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024. Hal ini lantaran kapten Garuda Muda itu memiliki peran vital di jantung pertahanan tim. Praktis, persoalan tersebut berdampak kepada perombakan starting line-up Indonesia versus Irak. Perlu diketahui, Rizky Ridho sendiri absen diakibatkan skorsing kartu merah ketika melawan Uzbekistan pada laga sebelumnya.

Pencapaian yang diraih Indonesia di Piala Asia U-23 2024 benar-benar patut diapresiasi. Itu karena mereka langsung menyabet gelar semifinalis walau baru pertama kali mentas di ajang ini. Skuad racikan Shin Tae Yong tersebut kini harus mempersiapkan diri menatap pertandingan playoff demi lolos ke Olimpiade 2024.

Baca Juga: Pemain Muda Persija Petik Pelajaran Berharga di Piala Asia U-23

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya