8 Pemain Kroasia Tersukses di Kompetisi Eropa Sedekade Terakhir

Ada yang sukses sebagai pemain pinjaman

Kesuksesan Real Madrid di Eropa pada 2021/2022 lalu menyisakan satu fakta unik. Ada pemain Kroasia yang ikut mengangkat trofi. Dia adalah Luka Modric.

Pesepak bola Kroasia memang dikenal mampu bersaing di Eropa. Banyak pemain Kroasia yang berprestasi di Benua Biru. Termasuk Modrid, ada setidaknya delapan pemain Kroasia yang pernah berjaya di Eropa dalam sedekade ini.

1. Luka Modric (Real Madrid)

8 Pemain Kroasia Tersukses di Kompetisi Eropa Sedekade TerakhirLuka Modric dan trofi Liga Champions (instagram.com/lukamodric10)

Luka Modric menjadi pemain Kroasia paling sukses di kompetisi Eropa. Bahkan, ia pernah memperoleh penghargaan Ballon d'Or 2018.

Modric sukses meraih gelar individu tersebut bersama Real Madrid. Ia memang beberapa kali memperoleh gelar terbaik di Eropa.

Bersama Los BlancosModric sendiri telah menjuarai kompetisi Eropa sebanyak delapan kali. Gelar yang diraih di antaranya trofi Liga Champions Eropa dan UEFA Super Cup.

2. Mateo Kovacic (Real Madrid dan Chelsea)

8 Pemain Kroasia Tersukses di Kompetisi Eropa Sedekade TerakhirMateo Kovacic mengangkat trofi Liga Champions. (twitter.com/IntChampionsCup)

Mateo Kovacic menjadi pemain Kroasia paling sukses kedua di Eropa. Ia memperoleh keberhasilan bersama dua klub besar, Real Madrid dan Chelsea. 

Sejak membela Real Madrid pada 2015—2018, Kovacic meraih beberapa gelar juara. Trofi yang diraih di antaranya 3 gelar Liga Champions dan 2 gelar Super Cup.

Sedangkan, bersama The Blues, Kovacic sukses meraih beberapa gelar juara Eropa. Itu termasuk 1 Liga Champions, 1 Liga Europa, dan 1 Super Cup.

3. Ivan Rakitic (Barcelona dan Sevilla)

8 Pemain Kroasia Tersukses di Kompetisi Eropa Sedekade TerakhirIvan Rakitic mengangkat trofi Liga Champions. (instagram.com/ivanrakitic)

Ivan Rakitic adalah pemain andalan Kroasia yang berjaya di Eropa. Ia meraih kesuksesan tersebut bersama Barcelona dan Sevilla.

Bersama Blaugrana, Rakitic sukses meraih trofi Liga Champions dan Super Cup pada 2014/2015. Sedangkan, bersama Sevilla, ia sukses meraih trofi Liga Europa 2013/2014.

4. Mario Mandzukic (Bayern Munich)

8 Pemain Kroasia Tersukses di Kompetisi Eropa Sedekade TerakhirMario Mandzukic dan medali juara Liga Champions (twitter.com/ChampionsLeague)

Bayern Munich punya Mario Mandzukic yang pernah membawa mereka juara Eropa. Beberapa trofi bergengsi memang berhasil ia raih bersama Der FCB.

Prestasi tertinggi yang pernah diperoleh ialah trofi Liga Champions 2012/2013 dan Super Cup 2013/2014. Kala itu, Mandzukic berperan penting sebagai striker andalan Bayern Munich.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Berbakat asal Kroasia, Bisa Jadi Penerus Luka Modric

5. Ivan Perisic (Bayern Munich)

8 Pemain Kroasia Tersukses di Kompetisi Eropa Sedekade TerakhirIvan Perisic (twitter.com/ChampionsLeague)

Ivan Perisic menjadi pemain Kroasia kedua yang sukses di Eropa bersama Bayern Munich. Dalam sedekade ini, hanya ia dan Mandzukic yang meraih pencapaian tersebut.

Ivan Perisic sukses meraih trofi Liga Champions 2019/2020. Menariknya, ia berstatus sebagai pemain pinjaman ketika meraih prestasi tersebut. Der FCB meminjamnya tepat pada 2019/2020 dari Inter Milan.

6. Dejan Lovren (Liverpool)

8 Pemain Kroasia Tersukses di Kompetisi Eropa Sedekade TerakhirDejan Lovren (twitter.com/ChampionsLeague)

Dejan Lovren juga meraih kesuksesan di Eropa kala bermain untuk Liverpool. Ia menjadi satu-satunya bek tengah tersukses Kroasia sedekade ini.

Lovren meraih dua gelar juara bergengsi di Eropa. Itu termasuk trofi Liga Champions 2018/2019 dan Super Cup 2019/2020.

7. Sime Vrsaljko (Atletico Madrid)

8 Pemain Kroasia Tersukses di Kompetisi Eropa Sedekade TerakhirSime Vrsaljko dan medali juara Liga Europa (sempreinter.com)

Atletico Madrid juga pernah menjadi juara Eropa berkat kontribusi pemain Kroasia. Nama pemain yang dimaksud ialah Sime Vrsaljko.

Vrsaljko meraih trofi Liga Europa 2017/2018 bersama Atletico. Sayangnya, ia belum pernah meraih gelar Liga Champions. Trofi Liga Europa menjadi pencapaian tertingginya di Eropa.

8. Kristijan Jakic (Eintracht Frankfurt)

8 Pemain Kroasia Tersukses di Kompetisi Eropa Sedekade TerakhirKristijan Jakic dan medali juara Liga Europa (twitter.com/eintracht_jp)

Pada 2021/2022 lalu, Eintracht Frankfurt menjadi tim kuda hitam yang menjuarai Liga Europa. Pencapaian tersebut tak luput dari adanya peran pemain Kroasia.

Kristijan Jakic adalah nama pemain Kroasia yang berperan itu. Ia menjadi bagian dari skuad Frankfurt pada 2021/2022.

Sampai saat ini, beberapa di antaranya menerima panggilan Timnas Kroasia. Apakah mereka dapat membawa Kroasia berprestasi di Piala Dunia 2022 mendatang?

Baca Juga: Kabar Terkini 5 Pemain yang Jadi Suksesor Luka Modric di Real Madrid

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya