Preview Jelang Tottenham Hotspur vs Fulham di MW9 EPL 2023/2024

Tottenham diunggulkan menang

Derbi London akan tersaji pada pekan ke-9 English Premier League (EPL) 2023/2024. Laga itu mempertemukan Tottenham Hotspur dengan Fulham. Duel kedua tim akan digelar di Stadion Tottenham Hotspur, London, pada Senin (23/10/2023) waktu setempat atau Selasa (24/10/2023) dini hari WIB.

Tottenham memasang target tinggi dalam pertandingan ini. Hal itu terjadi usai mereka memiliki modal positif dengan tak terkalahkan dalam 8 laga awal berkat 6 hasil menang dan 2 hasil imbang. Tottenham sudah mengumpulkan raihan 20 poin di papan klasemen sementara EPL.

Statistik itu merupakan capaian hebat Tottenham bersama manajer baru, Ange Postecoglou. Bahkan, jika mampu mengalahkan Fulham, sang manajer akan mengukir sejarah baru. Postecoglou berpeluang menjadi manajer yang meraup jumlah poin terbanyak dalam sembilan laga awal (23 poin) di EPL.

Melansir Opta, Postecoglou berkesempatan untuk menyalip rekor yang dipegang Mike Walker dan Guus Hiddink. Kedua pelatih itu sempat mengemas 22 poin dari 9 pertandingan pertama dalam sejarah EPL.

Coba intip preview jelang Tottenham vs Fulham di MW9 EPL 2023/2024 ini, ya, supaya mendapat gambaran!

1. Tottenham Hotspur merupakan tim dengan tingkat pressing terbaik di Premier League

Preview Jelang Tottenham Hotspur vs Fulham di MW9 EPL 2023/2024Tottenham Hotspur saat menghadapi Fulham di English Premier League 2022/2023. (premierleague.com)

Tottenham Hotspur terus menunjukkan kualitasnya di Premier League 2023/2024. Hingga pekan ke-8, mereka mampu bersaing di zona empat besar klasemen sementara. Tottenham bertengger di tangga ke-4 dengan koleksi 20 poin.

Torehan itu tak lepas dari solidnya antarpemain Tottenham di atas lapangan. Hal ini salah satunya bisa dibuktikan lewat catatan rata-rata passes allowed per defensive action (PPDA). Tottenham membukukan nilai 9,0 dalam penilaian ini. Catatan itu paling rendah dari semua klub Premier League.

PPDA sendiri bisa diartikan sebagai metrik yang digunakan untuk mengukur tingkat pressing suatu klub. Sederhananya, makin kecil angka PPDA, maka tingkat pressing yang dilakukan makin bagus. Berkaca pada kasus ini, Tottenham memiliki nilai PPDA terendah dari klub lain hingga pekan ke-8 Premier League 2023/2024. Itu memberi arti jika tingkat pressing yang dilakukan Tottenham jadi yang terbaik.

2. Tottenham Hotspur juga dicap sebagai tim paling agresif

Preview Jelang Tottenham Hotspur vs Fulham di MW9 EPL 2023/2024Tottenham Hotspur saat menghadapi Fulham di English Premier League 2022/2023. (premierleague.com)

Tottenham Hotspur dicap sebagai tim paling agresif di Premier League 2023/2024. Buktinya, mereka sudah mencatatkan 153 total tembakan dalam 8 pertandingan yang sudah dilakoni. Mereka mengalahkan jumlah tembakan terbanyak yang dikemas Everton, Manchester City, Brighton & Hove Albion, dan Manchester United.

Tottenham juga produktif dengan catatan 18 gol di Premier League sejauh ini. Lebih hebatnya, mereka menorehkan itu tanpa ada sumbangan dari gol penalti. Capaian itu jelas mematahkan anggapan Tottenham makin tumpul setelah ditinggal mantan bomber andalan mereka, Harry Kane.

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Diandalkan Tottenham Hotspur pada 2023/2024

3. Dejan Kulusevski terus menunjukkan kapasitasnya

Preview Jelang Tottenham Hotspur vs Fulham di MW9 EPL 2023/2024Dejan Kulusevski (twitter.com/DejanKulusevsk)

Tottenham Hotspur memiliki beberapa pemain kunci di balik performa ciamik pada awal Premier League 2023/2024. Selain nama Son Heung Min dan James Maddison, ada nama Dejan Kulusevski yang tak bisa dihindarkan. Pemain Timnas Swedia itu impresif menempati sektor winger kanan Tottenham.

Anggapan itu didukung usai Kulusevski menjadi pemain terbaik dalam menciptakan rata-rata peluang permainan terbuka per pertandingan sebesar 2,65 di Premier League. Torehannya itu mengalahkan beberapa pemain top laiknya Mohamed Salah, Phil Foden, dan James Maddison. Sayang, Kulusevski belum menciptakan assist sejauh ini. Kendati begitu, sang pemain tetap menjadi harapan Tottenham saat menjamu Fulham pada pekan ke-9 Premier League 2023/2024.

4. Diragukan tampil, duo bintang Tottenham Hotspur dipastikan baik-baik saja

Preview Jelang Tottenham Hotspur vs Fulham di MW9 EPL 2023/2024Son Heung Min (instagram.com/hm_son7)

Tottenham Hotspur khawatir lantaran duo bintang mereka sempat mengalami cedera pada jeda kompetisi internasional. Mereka adalah Son Heung Min dan Cristian Romero. Keduanya memperoleh kendala ringan saat membela negara masing-masing.

Meski begitu, Ange Postecoglou telah memberi konfirmasi, tidak ada masalah serius yang menimpa Son dan Romero. Keduanya siap diturunkan saat melawan Fulham nanti. "Kami tak mempunyai masalah besar soal ketersediaan pemain pada Senin. Son dan Romero? Tak ada masalah bagi mereka yang kembali," kata Ange Postecoglou di situs resmi klub.

Hanya saja, Tottenham dipastikan tak akan diperkuat tiga pemain lantaran absen. Mereka adalah Yves Bissouma, Ryan Sessegnon, dan Rodrigo Bentancur. Bissouma absen karena tengah menjalani skorsing usai mendapat kartu merah pada laga terakhir liga. Sementara, Sessegnon dan Bentancur terkendala tampil lantaran masih dibekap cedera parah.

5. Fulham memiliki statistik buruk di Derbi London

Preview Jelang Tottenham Hotspur vs Fulham di MW9 EPL 2023/2024Fulham saat menghadapi Tottenham Hotspur di English Premier League 2022/2023. (premierleague.com)

Fulham mengantongi catatan buruk dalam Derbi London di Premier League. Mereka tak meraih kemenangan sekali pun dalam 10 pertandingan derbi dengan 4 hasil seri dan 6 hasil kalah. Statistik itu tentu menjadi catatan Fulham jelang menghadapi Tottenham Hotspur pada pekan ke-9 Premier League 2023/2024.

Untungnya, Fulham masih memiliki catatan lain yang bisa diandalkan. Mereka pernah mengalahkan Tottenham di Piala Carabao 2023. Fulham menang dengan skor 5-3 atas Tottenham melalui adu penalti di laga yang sudah digelar pada awal tahun ini.

Meski begitu, Manajer Fulham Marco Silva tetap mengetahui tantangan sulit saat menghadapi Tottenham. "Lawan menjalani awal musim yang luar biasa. Mereka berada di papan atas klasemen Premier League. Itu menjadi tantangan besar bagi kami," kata Silva seperti dikutip Sky Sports.

Itulah preview jelang Derbi London antara Tottenham Hotspur dan Fulham di English pada pekan ke-9 Premier League 2023/2024. Son Heung Min dan kolega cukup diunggulkan dalam pertandingan ini. Mampukah Tottenham mewujudkan prediksi positif tersebut?

Baca Juga: 3 Pemain Baru Tottenham Hotspur yang Menjadi Andalan pada 2023/2024

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya