5 Bek Top Manchester United yang Dilepas ke Klub Serie A Italia

Semuanya pernah memenangi trofi

Manchester United memang berada di empat besar klasemen sementara Premier League 2021/2022, tetapi mereka jauh dari persaingan juara. Salah satu penyebabnya ialah buruknya lini pertahanan Setan Merah.

Manchester United sebenarnya dihuni bek-bek mahal dan berpengalaman. Sebut saja Harry Maguire, Victor Lindelof, Eric Bailly, dan Raphael Varane. Namun, mereka belum bisa mengangkat nama Manchester United.

Pada masa lalu, Manchester United juga punya beberapa bek ternama. Mereka sempat mengangkat nama Setan Merah. Hanya saja, Manchester United memutuskan untuk mengirim para pemain itu ke Serie A Italia.

1. Jaap Stam

5 Bek Top Manchester United yang Dilepas ke Klub Serie A ItaliaJaap Stam (premierleague.com)

Jaap Stam merupakan pemain asal Belanda yang berperan sebagai bek tengah. Pada musim panas 1998, ia direkrut Manchester United dari PSV Eindhoven.

Selama berkiprah bersama Manchester United, Stam berhasil mempersembahkan 3 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, 1 gelar Liga Champions, dan 1 gelar Piala Interkontinental. Pada musim panas 2001, Jaap Stam dilepas Manchester United ke Lazio.

Kala itu, ia dijual dengan harga sebesar 25,7 juta euro atau saat ini sekitar Rp416 miliar. Menurut Transfermarkt, Stam mencatatkan 127 pertandingan bersama Manchester United dengan torehan 1 gol dan 3 assist di semua kompetisi.

2. Patrice Evra

5 Bek Top Manchester United yang Dilepas ke Klub Serie A ItaliaPatrice Evra (skysports.com)

Berikutnya, ada sosok Patrice Evra, bek kiri asal Prancis. Evra direkrut Manchester United pada bursa transfer musim dingin 2006. Kala itu, ia diboyong dari AS Monaco.

Selama membela Manchester United, Evra berhasil merengkuh 5 gelar Liga Inggris, 3 gelar Piala Liga Inggris, 4 gelar Piala Super Inggris, 1 gelar Liga Champions, dan 1 gelar Piala Dunia Antarklub. Pada musim panas 2014, Patrice Evra dilepas Manchester United ke Juventus.

Kala itu, Patrice Evra dijual murah seharga 1,9 juta euro atau saat ini sekitar Rp30 miliar. Menurut Transfermarkt, Evra mencatatkan 379 pertandingan bersama Manchester United dengan torehan 10 gol dan 40 assist di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Manchester City ke Klub LaLiga

3. Nemanja Vidic

5 Bek Top Manchester United yang Dilepas ke Klub Serie A ItaliaNemanja Vidic (skysports.com)

Nemanja Vidic merupakan bek tengah asal Serbia. Bek berbadan gempal tersebut didatangkan Manchester United dari Spartak Moscow.

Bersama Manchester United, Vidic meraih 5 gelar Liga Inggris, 3 gelar Piala Liga Inggris, 7 gelar Piala Super Inggris, 1 gelar Liga Champions, dan 1 gelar Piala Dunia Antarklub. Pada musim panas 2014, Nemanja Vidic resmi dilepas Manchester United.

Kontrak Vidic tidak diperpanjang Setan Merah. Ia pun pindah ke Inter Milan dengan status bebas transfer. Menurut Transfermarkt, Vidic mencatatkan 300 pertandingan bersama Manchester United dengan torehan 21 gol dan 5 assist di semua kompetisi.

4. Matteo Darmian

5 Bek Top Manchester United yang Dilepas ke Klub Serie A ItaliaMatteo Darmian (skysports.com)

Ada pula nama Matteo Darmian, bek kanan asal Italia. Darmian bergabung ke Manchester United pada musim panas 2015. Kala itu, ia diboyong Manchester United dari klub Italia, Torino.

Bersama Manchester United, Darmian memenangi 1 gelar Piala FA, 1 gelar Piala Liga Inggris, 1 gelar Piala Super Inggris, dan 1 gelar Liga Europa. Namun, pada musim panas 2019, Darmian dilepas Manchester United ke Parma.

Kala itu, ia dijual seharga 2,48 juta euro atau saat ini sekitar Rp40 miliar. Menurut Transfermarkt, Matteo Darmian mencatatkan 92 pertandingan bersama Manchester United dengan torehan 1 gol dan 3 assist di semua kompetisi.

5. Chris Smalling

5 Bek Top Manchester United yang Dilepas ke Klub Serie A ItaliaChris Smalling (skysports.com)

Chris Smalling merupakan bek tengah asli Inggris. Manchester United mendapatkan Smalling dari Fulham pada musim panas 2010.

Selama berkarier bersama Manchester United, Smalling mendapatkan 2 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, 1 gelar Piala Liga Inggris, 3 gelar Piala Super Inggris, dan 1 gelar Liga Europa. Pada musim panas 2019, Manchester United sempat meminjamkan Chris Smalling ke AS Roma selama satu musim.

Puas dengan kinerja Smalling, AS Roma memutuskan untuk mempermanenkan statusnya. Manchester United pun setuju menjual pemain kelahiran London itu dengan harga sebesar 15 juta euro atau saat ini sekitar Rp242 miliar. Menurut Transfermarkt, Smalling mencatatkan 323 pertandingan bersama Manchester United dengan torehan 18 gol dan 4 assist di semua kompetisi.

Saat ini, dengan performa lini belakang yang buruk, Manchester United bisa saja mendatangkan bek baru. Lantas, apakah Setan Merah bakal menjual bek ke klub Serie A Italia lagi?

Baca Juga: 6 Top Scorer Sepanjang Masa Klub-klub Besar Serie A, Dominasi Lokal

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya