5 Bek yang Dijual AS Monaco ke EPL sebelum Axel Disasi

Sebagian besar berposisi sebagai bek kiri

AS Monaco baru saja menjual bek tangguh mereka ke klub English Premier League (EPL), Chelsea. Pemain tersebut ialah Axel Disasi. Pemain asal Prancis itu berperan sebagai bek tengah. Disasi ditebus Chelsea dengan mahar sebesar 45 juta atau sekitar Rp751 miliar pada Agustus 2023.

Penjualan Disasi ke Chelsea menambah daftar bek AS Monaco yang pernah dijual ke klub EPL. Para bek yang dijual AS Monaco ke klub EPL terbilang cukup berkualitas. Bahkan, ada yang meraih banyak kesuksesan bersama klub EPL.

Berikut ini lima bek yang pernah dijual AS Monaco ke EPL sebelum Axel Disasi.

1. Benoit Badiashile bergabung dengan Chelsea pada Januari 2023

5 Bek yang Dijual AS Monaco ke EPL sebelum Axel Disasipotret Benoit Badiashile (asmonaco.com)

Benoit Badiashile dijual AS Monaco ke Chelsea pada Januari 2023. Pemain berusia 22 tahun itu berposisi sebagai bek tengah. Ia diboyong ke Stamford Bridge dengan biaya transfer sebesar 38 juta euro atau sekitar Rp634 miliar.

Selama membela AS Monaco, Badiashile sukses mencatatkan135 penampilan dengan torehan 6 gol dan 3 assist di semua ajang. Bersama Chelsea, Badiashile sudah tampil sebanyak 11 kali dan sudah menumbang 1 gol. Ia dipagari Chelsea dengan kontrak hingga Juni 2030.

2. Ruben Vinagre hijrah ke Wolverhampton Wanderers

5 Bek yang Dijual AS Monaco ke EPL sebelum Axel Disasipotret Ruben Vinagre (kanan) (instagram.com/rubenvinagrerv29)

Ruben Vinagre meninggalkan AS Monaco pada Juli 2017. Kala itu, ia hijrah ke Wolverhampton Wanderers sebagai pemain pinjaman. Pada Juli 2018, AS Monaco memutuskan untuk menjual bek kiri asal Portugal itu ke Wolves seharga 2,25 juta euro atau sekitar Rp37 miliar.

Sayangnya, Vinagre gagal bersinar bersama Wolves. Ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Tercatat, Wolves pernah meminjamkannya ke Olympiacos Piraeus, Famalicao, dan Sporting Lisbon. Vinagre akhirnya dijual Wolves ke Sporting Lisbon dengan biaya transfer sebesar 10 juta euro atau sekitar Rp166 miliar. Transfer tersebut cukup menguntungkan bagi Wolves. Selama membela Wolves, Vinagre mencatatkan 70 penampilan dengan torehan 3 gol dan 2 assist di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Digaet AS Monaco dari Klub Inggris, Ada Salisu

3. Benjamin Mendy dijual mahal kepada Manchester City

5 Bek yang Dijual AS Monaco ke EPL sebelum Axel Disasipotret Benjamin Mendy (asmonaco.com)

Benjamin Mendy berhasil dijual AS Monaco dengan harga yang sangat mahal. Bek kiri asal Prancis itu dijual ke Manchester City pada Juli 2017 dengan harga sebesar 57,5 juta euro atau sekitar Rp959 miliar. Mendy sendiri hanya semusim membela AS Monaco, yakni pada 2016/2017. Kala itu, ia tampil mentereng dengan mencetak 1 gol dan 11 assist dalam 39 penampilan di semua ajang.

Mendy mengalami karier yang buruk di Manchester City. Ia kerap di bekap cedera. Bahkan, sempat ditahan karena kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual. Mendy pun dibekukan Manchester City

Pada Juli 2023, Mendy akhirnya dinyatakan tidak bersalah atas tuduhan tersebut. Namun, ia sudah tidak bersama Manchester City karena kontraknya telah habis. Kini, ia sudah memiliki klub baru, yakni FC Lorient. Ia terikat kontrak dengan FC Lorient hingga Juni 2025.

4. Patrice Evra jadi jagoan Manchester United di pos bek kiri

5 Bek yang Dijual AS Monaco ke EPL sebelum Axel Disasipotret Patrice Evra (asmonaco.com)

Berikutnya, ada sosok Patrice Evra, bek kiri asal Prancis. Evra dijual AS Monaco pada Januari 2006 dengan harga sebesar 8 juta euro atau sekitar Rp133 miliar. Pembelinya adalah salah satu klub tersukses Inggris, Manchester United.

Evra sukses besar bersama Manchester United. Ia telah meraih 5 gelar juara English Premier League, 3 gelar juara English Football League Cup, 4 gelar juara FA Community Shield, 1 gelar juara UEFA Champions League, dan 1 gelar juara FIFA Club World Cup. Selama berkarier bersama The Red Devils, Evra mencatatkan 10 gol dan 38 assist dalam 379 penampilan di semua ajang. Pada Juli 2019, ia memutuskan untuk gantung sepatu. Klub terakhirnya adalah West Ham United.

5. John Arne Riise

5 Bek yang Dijual AS Monaco ke EPL sebelum Axel Disasipotret John Arne Riise (asmonaco.com)

John Arne Riise adalah bek yang dijual AS Monaco ke klub EPL pada Juli 2001. Liverpool adalah klub yang merekrutnya. Kala itu, Riise ditebus dengan mahar sebesar 6,36 juta euro atau sekitar Rp106 miliar. Bek kiri asal Norwegia itu cukup sukses bersama Liverpool. Salah satunya dengan memenangi gelar juara UEFA Champions League pada 2004/2005.

Selama berseragam The Reds, Riise mencatatkan 31 gol dan 32 assist dalam 348 penampilan di semua ajang. Ia sempat gantung sepatu dan menjalani karier sebagai pelatih. Namun, pria berusia 42 tahun itu bermain lagi untuk tim kasta kelima Norwegia, Avaldsnes IL, pada Mei 2023.

Dari daftar di atas, pemain yang masih terikat kontrak dengan klub EPL adalah Benoit Badiashile dan Axel Disasi. Badiashile sudah setengah musim bermain untuk Chelsea, sedangkan Axel Disasi memulai musim debutnya bersama klub berjuluk The Blues tersebut pada 2023/2024. Menurutmu, mampukah kedua pemain ini sukses bersama Chelsea?

Baca Juga: 5 Kesepakatan Transfer Pemain Terakhir antara AS Monaco dan Chelsea

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya