6 Eks Pemain Sevilla yang Kini Menjadi Penggawa Klub Ligue 1

Ada yang berposisi sebagai penjaga gawang

Sevilla merupakan salah satu klub top asal Spanyol. Meskipun baru sekali menjuarai LaLiga Spanyol, eksistensi Sevilla sebagai klub top tak terbantahkan. Hal tersebut karena mereka menjadi raja di UEFA Europa League. Klub yang dikenal dengan sebutan Los Nervionenses itu telah tujuh kali menjadi juara di ajang tersebut.

Sevilla sering kali menjadi ancaman serius bagi tim-tim papan atas LaLiga, seperti Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid. Sevilla juga memiliki sederet pemain top dalam sejarah mereka. Mantan pemain mereka juga tersebar ke liga-liga top Eropa, termasuk Ligue 1 Prancis.

Terdapat enam eks pemain Sevilla yang kini menjadi penggawa klub Ligue 1. Siapa saja para pemain tersebut? Yuk, simak ulasannya!

1. Sergio Rico saat ini merupakan penggawa Paris Saint-Germain

6 Eks Pemain Sevilla yang Kini Menjadi Penggawa Klub Ligue 1potret Sergio Rico (sevillafc.es)

Sergio Rico merupakan jebolan akademi Sevilla. Penjaga gawang asal Spanyol itu berhasil promosi ke tim utama Sevilla pada Juni 2014. Rico pun berhasil menjadi kiper utama di Sevilla. Rico sempat kehilangan posisi utama di Sevilla. Ia akhirnya memutuskan hijrah ke klub lain. Pada Agustus 2018, ia pindah ke Fulham dengan status pinjaman.

Bersama Fulham, Rico tampil cukup baik. Performanya bersama Fulham ternyata diamati oleh Paris Saint-Germain. Setelah Rico pulang ke Sevilla, PSG bergegas untuk mendapatkan tanda tangan Rico. Pada September 2019, PSG berhasil meminjam Rico dari Sevilla serta mendapatkan opsi untuk memermanenkannya pada akhir masa peminjaman.

PSG pun puas dengan performa Rico dan memutuskan untuk memermanenkannya pada September 2020. Klub raksasa Prancis itu merogoh kocek senilai 6 juta euro atau sekitar Rp99 miliar. Rico meninggalkan Sevilla dengan catatan 170 penampilan, 58 clean sheet, dan kebobolan 218 kali.

Dalam perjalanan kariernya, Rico sempat dipinjamkan PSG ke RCD Mallorca pada Januari 2022. Saat ini, Rico sudah kembali menjadi penggawa PSG. Selama menjadi penggawa PSG, Rico mencatatkan 24 penampilan dan berhasil mencetak 14 clean sheet serta kebobolan sebanyak 16 kali. Kontrak Rico bersama PSG akan berakhir pada Juni 2024.

2. Kevin Gameiro kini bermain bersama RC Strasbourg

6 Eks Pemain Sevilla yang Kini Menjadi Penggawa Klub Ligue 1potret Kevin Gameiro (sevillafc.es)

Pada Juli 2013, Kevin Gameiro bergabung dengan Sevilla dari Paris Saint-Germain dengan biaya transfer sebesar 7,5 juta euro atau sekitar Rp123 miliar. Pemain asal Prancis ini menempati posisi sebagai penyerang tengah. Selama bermain untuk Sevilla, Gameiro tampil sebanyak 145 kali dan berhasil mencetak 67 gol serta memberikan 17 assist di semua ajang.

Kemudian, pada Juli 2016, Gameiro pindah dari Sevilla menuju Atletico Madrid dengan nilai transfer mencapai 32 juta euro atau sekitar Rp528 miliar. Setelah itu, ia melanjutkan perjalanan kariernya ke Valencia pada Agustus 2018. Saat ini, Gameiro menjadi bagian dari RC Strasbourg.

Ia bergabung dengan klub tersebut sejak Juli 2021 dengan status bebas transfer. Selama bermain bersama RC Strasbourg, Gameiro mencatatkan 143 penampilan dan berhasil mencetak 38 gol serta memberikan 7 assist di semua ajang. Kontrak Gameiro bersama RC Strasbourg tersisa hingga Juni 2024.

3. Wissam Ben Yedder tampil gemilang bersama AS Monaco hingga kini

6 Eks Pemain Sevilla yang Kini Menjadi Penggawa Klub Ligue 1potret Wissam Ben Yedder (sevillafc.es)

Wissam Ben Yedder memulai kariernya bersama Sevilla pada Juli 2016. Penyerang tengah berkebangsaan Prancis itu direkrut dari Toulouse dengan biaya transfer senilai 9,5 juta euro atau sekitar Rp156 miliar. Di bawah bendera Sevilla, ia berhasil menunjukkan performa yang luar biasa. Dalam 138 penampilan bersama Sevilla, Ben Yedder berhasil mencetak 70 gol dan 22 assist di semua ajang.

Pada Agustus 2019, Ben Yedder dilepas Sevilla ke AS Monaco dengan nilai transfer mencapai 40 juta euro atau sekitar Rp660 miliar. Performanya yang gemilang juga berlanjut bersama AS Monaco. Sampai saat ini, Wissam Ben Yedder telah mencatatkan 170 penampilan untuk klub tersebut dengan kontribusi berupa 102 gol dan 32 assist di semua ajang. Kontrak antara Ben Yedder dan AS Monaco masih berlaku hingga Juni 2024.

Baca Juga: 7 Pemain Terakhir yang Dilepas Sevilla ke Klub Inggris sebelum Montiel

4. Geoffrey Kondogbia baru bergabung dengan Marseille dengan nilai transfer 8 juta euro

6 Eks Pemain Sevilla yang Kini Menjadi Penggawa Klub Ligue 1potret Geoffrey Kondogbia (kiri) saat berseragam Sevilla (facebook.com/sevillafc)

Geoffrey Kondogbia merupakan gelandang bertahan berkebangsaan Republik Afrika Tengah. Ia bergabung dengan Sevilla pada Juli 2012 setelah dibeli dari RC Lens dengan nilai transfer 4 juta euro atau sekitar Rp66 miliar. Meskipun hanya menghabiskan satu musim bersama Sevilla, Kondogbia mampu tampil reguler. Ia mencatatkan 40 penampilan dengan torehan 1 gol dan 3 assist.

Pada Agustus 2013, Kondogbia dijual Sevilla ke AS Monaco dengan nilai transfer mencapai 20 juta euro atau sekitar Rp330 miliar. Perjalanan karier sepak bolanya berlanjut ke beberapa klub top Eropa, di antaranya Inter Milan, Valencia, dan Atletico Madrid. Kemudian pada Juli 2023 lalu, Kondogbia bergabung dengan Olympique Marseille. Ia direkrut dari Atletico Madrid dengan nilai transfer 8 juta euro atau sekitar Rp132 miliar. Ia terikat kontrak dengan Marseille hingga Juni 2027.

5. Pape Gueye kembali ke Olympique Marseille setelah menjalani masa peminjaman di Sevilla

6 Eks Pemain Sevilla yang Kini Menjadi Penggawa Klub Ligue 1potret Pape Gueye (instagram.com/p.gueye24)

Berikutnya, ada nama Pape Gueye, gelandang bertahan asal Senegal. Gueye bergabung ke Sevilla pada Januari 2023. Kala itu, Gueye berstatus sebagai pemain pinjaman dari Olympique Marseille. Selama menjalani masa peminjaman di Sevilla, Gueye mencatatkan 16 penampilan dengan torehan 1 gol dan 3 assist

Saat ini, Gueye sudah kembali ke Olympique Marseille. Ia sedang berjuang untuk mendapatkan kembali tempatnya di Marseille. Sejauh ini bersama Marseille, Gueye mencatatkan 100 penampilan dengan torehan 4 gol dan 3 assist di semua ajang. Kontrak Gueye bersama Marseille masih tersisa hingga Juni 2024.

6. Joaquin Correa baru saja direkrut Olympique Marseille dari Inter Milan dengan status pinjaman

6 Eks Pemain Sevilla yang Kini Menjadi Penggawa Klub Ligue 1potret Joaquin Correa (sevillafc.es)

Terakhir, ada nama Joaquin Correa, second striker asal Argentina. Correa baru saja direkrut Olympique Marseille dari Inter Milan pada Agustus 2023. Correa datang ke Marseille sebagai pemain pinjaman hingga Juni 2024.

Dalam perjalanan kariernya, Correa juga pernah membela Sevilla. Ia bergabung ke Sevilla pada Juli 2026. Kala itu, ia dibeli dari Sampdoria seharga 18,2 juta euro atau sekitar Rp300 miliar. Selama berkarier bersama Sevilla, Correa mencatatkan 73 penampilan dengan torehan 15 gol dan 10 assist di semua ajang.

Dari daftar di atas, ada 3 pemain yang paling berpengaruh di Sevilla, yakni Sergio Rico, Kevin Gameiro, dan Wissam Ben Yedder. Mereka bertiga mencatatkan banyak penampilan dan memberikan kontribusi nyata. Keberadaan mereka cukup melekat di hati para penggemar Sevilla.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Sevilla dari Klub Jerman, Siapa Saja?

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya