5 Eks Valencia yang Kini Membela Klub Ligue 1, Ada Carlos Soler

Dua di antaranya merupakan jebolan akademi Valencia

Valencia merupakan salah satu klub yang memiliki nama besar di Spanyol. Mereka tercatat sudah mengoleksi 6 gelar juara LaLiga Spanyol, 8 gelar Copa del Rey, dan 1 gelar juara Piala Super Spanyol.

Di kancah Eropa, Valencia juga mampu bersinar dengan memenangi gelar juara Piala UEFA pada 2003/2004. Mereka beberapa kali menjadi runner-up Liga Champions Eropa.

Banyak pemain Valencia yang menjadi langganan timnas. Para pemain Valencia juga kerap menjadi buruan klub-klub Eropa.

Beberapa dari mereka kini melanjutkan kariernya ke Ligue 1 Prancis. Lantas, siapa saja eks Valencia yang kini membela klub Ligue 1?

1. Adil Rami

5 Eks Valencia yang Kini Membela Klub Ligue 1, Ada Carlos Solerpotret Adil Rami (ligue1.com)

Adil Rami merupakan bek tengah asal Prancis. Ia pernah merapat ke Valencia pada Juli 2011.

Kala itu, ia digaet Valencia dari LOSC Lille dengah harga transfer sebesar 6 juta euro atau saat ini sekitar Rp88 miliar. Rami sempat dipinjamkan Valencia ke AC Milan sebelum akhirnya dilepas secara permanen ke AC Milan pada Juli 2014 dengan biaya transfer sebesar 4,25 juta euro (Rp62 miliar).

Selama membela Valencia, Rami mencatatkan 93 penampilan bersama Valencia dengan koleksi 8 gol serta 4 assist di semua kompetisi. Kini, ia berkarier di Ligue 1 Prancis bersama Troyes. Ia terikat kontrak dengan Troyes hingga Juni 2023.

2. Juan Bernat

5 Eks Valencia yang Kini Membela Klub Ligue 1, Ada Carlos Solerpotret Juan Bernat (ligue1.com)

Juan Bernat pernah mengenyam pendidikan sepak bola di akademi Valencia. Ia berhasil promosi ke tim utama Valencia pada Juli 2013. Selama berkarier di Valencia, Bernat mencatatkan 74 pertandingan dengan torehan 3 gol dan 7 assist di semua kompetisi.

Pada Juli 2014, Bernat dijual Valencia ke Bayern Munich dengan harga 10 juta euro atau saat ini sekitar Rp148 miliar. Kariernya bersama Bayern Munich dipenuhi dengan gelar di antaranya 4 gelar juara Bundesliga Jerman, 1 gelar Piala Jerman, dan 3 gelar juara Piala Super Jerman.

Kini, pemain yang berperan sebagai bek kiri itu bermain untuk Paris Saint-Germain. Bersama PSG, Bernat sudah memenangi 3 gelar juara Ligue 1, 1 gelar juara Piala Prancis, 1 gelar Piala Liga Prancis, dan 3 gelar Piala Super Prancis. Koleksi gelar Bernat bersama PSG masih bisa bertambah mengingat kontraknya masih cukup panjang, yakni hingga Juni 2025.

Baca Juga: 10 Potret Carlos Soler, Gelandang Kreatif nan Tajam Milik Valencia

3. Andre Gomes

5 Eks Valencia yang Kini Membela Klub Ligue 1, Ada Carlos Solerpotret Andre Gomes (instagram.com/aftgomes21)

Selanjutnya, ada pemain asal Portugal, Andre Gomes. Pria berusia 29 tahun ini pernah berseragam Valencia mulai Juli 2014.

Kala itu, Gomes masih berstatus pemain pinjaman dari Benfica. Pada Juli 2015, Valencia memutuskan untuk mempermanen statusnya dengan membayar biaya transfer sebesar 20 juta euro atau saat ini sekitar Rp296 miliar.

Bersama Valencia, Gomes mampu membukukan 8 gol dan 8 assist dari 74 pertandingan di semua kompetisi. Performa ciamiknya bersama Valencia ternyata menarik minat Barcelona. Pada Juli 2016, Valencia memutuskan untuk menjual Gomes ke Barcelona seharga 37 juta euro atau saat ini sekitar Rp548 miliar.

Sayangnya, Gomes gagal menunjukkan performa terbaiknya di Barcelona. Ia kemudian melanjutkan kariernya ke tanah Inggris bersama Everton. Kini, Gomes bermain bersama LOSC Lille berstatus pemain pinjaman dari Everton untuk musim 2022/2023.

4. Carlos Soler

5 Eks Valencia yang Kini Membela Klub Ligue 1, Ada Carlos Solerpotret Carlos Soler (en.psg.fr)

Carlos Soler juga pernah mengenyam pendidikan sepak bola di akademi Valencia. Ia berhasil promosi ke tim utama Valencia pada Januari 2017.

Soler mampu tampil bagus bersama Valencia. Ia merupakan salah satu gelandang tengah terbaik yang dimiliki Spanyol saat ini.

Bersama Valencia, Soler mencatatkan 226 pertandingan dengan torehan 36 gol dan 31 assist di semua kompetisi. Pada September 2022 lalu, ia memutuskan pindah dari Valencia untuk bergabung ke Paris Saint-Germain.

Transfer tersebut memakan biaya sebesar 18 juta euro atau sekitar Rp266 miliar. Soler terikat kontrak dengan PSG hingga Juni 2027.

5. Kevin Gameiro

5 Eks Valencia yang Kini Membela Klub Ligue 1, Ada Carlos Solerpotret Kevin Gameiro (ligue1.com)

Terakhir, ada sosok Kevin Gameiro, penyerang tengah asal Prancis. Gameiro bergabung ke Valencia pada Agustus 2018. Kala itu, Gameiro dibeli dari Atletico Madrid dengan harga sebesar 16 juta euro atau saat ini sekitar Rp236 miliar.

Selama membela Valencia, Gameiro berhasil menjuarai Copa del Rey 2018/2019. Bersama Valencia, ia mencatatkan 121 pertandingan dengan torehan 24 gol dan 12 assist di semua kompetisi.

Pada Juli 2021, Valencia melepas Gameiro ke RC Strasbourg secara gratis. Gameiro terikat kontrak dengan RC Strasbourg hinggga Juni 2023.

Itulah lima eks Valencia yang kini membela klub Ligue 1 Prancis. Menurutmu, siapa di antara mereka yang memiliki peran paling vital selama berkarier untuk Valencia?

Baca Juga: 5 Pemain Chile yang Pernah Membela Klub Ligue 1, Alexis Terbaru

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya