5 Gelandang Brasil yang Pernah Main untuk Manchester United

Salah satunya direkrut pada musim panas 2022 ini

Manchester United termasuk klub yang gemar membeli pemain Amerika Latin. Sepanjang sejarah, ada banyak pemain Amerika Latin yang memperkuat Manchester United. Beberapa dari mereka berasal dari Brasil.

Dari semua pemain Brasil yang pernah memperkuat Manchester United, lima pemain berperan sebagai gelandang. Salah satunya baru saja direkrut pada musim panas 2022 ini.

Lantas, siapa saja gelandang Brasil yang pernah main untuk Manchester United?

1. Kleberson

5 Gelandang Brasil yang Pernah Main untuk Manchester Unitedpotret Kleberson (planetfootball.com)

Kleberson bergabung ke Manchester United pada Juli 2003. Kala itu, ia dibeli dari Athletico Paranaense seharga 8,6 juta euro atau saat ini sekitar Rp126 miliar.

Pria asal Brasil itu berperan sebagai gelandang tengah di Manchester United. Ia juga bisa dipasang sebagai gelandang serang maupun gelandang bertahan.

Kleberson hanya 2 musim di Manchester United. Ia gagal bersinar bersama The Red Devils. Ia bermain sebanyak 30 kali berama Manchester United dengan 2 gol dan 5 assist di semua kompetisi.

Kleberson sudah gantung sepatu sejak Januari 2017. Klub terakhirnya ialah Fort Lauderdale. Kini, Kleberson bekerja sebagai asisten pelatih New York City.

2. Anderson

5 Gelandang Brasil yang Pernah Main untuk Manchester Unitedpotret Anderson (manutd.com)

Pada Juli 2007, Anderson dibeli Manchester United dari FC Porto dengan harga yang cukup mahal, yakni 31,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp465 miliar. Kala itu, ia digadang-gadang sebagai calon pemain terbaik dunia. 

Anderson berperan sebagai gelandang tengah. Sayangnya, ia tak memaksimalkan potensinya. Anderson pun gagal mencapai level pemain terbaik dunia.

Meski begitu, pria asal Brasil tersebut mampu meraih banyak trofi bersama Manchester United. Beberapa di antaranya adalah 4 gelar juara Liga Inggris, 2 gelar juara Piala Liga Inggris, 2 gelar juara Piala Super Inggris, 1 gelar juara Liga Champions Eropa, dan 1 gelar juara Piala Dunia Antarklub.

Manchester United sempat meminjamkan Anderson ke Fiorentina selama setengah musim. Pada Februari 2015, ia resmi meninggalkan Manchester United untuk bergabung ke Internacional dengan status bebas transfer.

Selama membela Manchester United, Anderson mencatatkan 181 pertandingan dengan torehan 9 gol dan 21 assist di semua kompetisi. Ia gantung sepatu sejak September 2019.

Klub terakhir yang ia bela adalah Adana Demirspor. Kini, Anderson berkarier di dunia kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih akademi Adana Demirspor.

Baca Juga: Casemiro Pakai Nomor Gelandang Favoritnya di Manchester United

3. Andreas Pereira

5 Gelandang Brasil yang Pernah Main untuk Manchester Unitedpotret Andreas Pereira (manutd.com)

Andreas Pereira merapat ke Manchester United pada Januari 2012. Kala itu, ia diboyong dari akademi PSV Eindhoven seharga 150 ribu euro atau saat ini sekitar Rp2,2 miliar.

Pereira kemudian ditempatkan di akademi Manchester United. Pada Juli 2015, Gelandang serang asal Brasil itu berhasil promosi ke tim utama Manchester United.

Manchester United kerap meminjamkannya ke klub lain, seperti Granada, Valencia, Lazio, dan Flamengo. Pada musim panas 2022 ini, Pereira resmi dilepas Manchester United ke Fulham dengan nilai transfer sebesar 9,5 juta euro atau sekitar Rp140 miliar.

Selama berkiprah bersama Manchester United, Pereira mencatatkan 75 penampilan. Ia mengoleksi 4 gol dan 5 assist di semua kompetisi.

4. Fred

5 Gelandang Brasil yang Pernah Main untuk Manchester Unitedpotret Fred (instagram.com/fred08oficial)

Berikutnya, ada nama Fred, pemain Brasil berposisi gelandang tengah. Fred diboyong Manchester United dari Shakhtar Donetsk pada Juli 2018. Transfer itu memakan biaya sebesar 59 juta euro atau saat ini sekitar Rp871 miliar.

Fred dikenal memiliki pergerakan yang bagus. Ia sangat lincah dan piawai dalam mengirim umpan. Ia bisa menggunakan kedua kakinya dengan sangat baik.

Sayangnya, performanya dinilai tak konsisten. Bahkan, ia kerap menjadi sasaran kritik dari penggemar Manchester United.

Sejauh ini, Fred sudah memainkan 160 laga bersama Manchester United. Ia baru mencetak 8 gol dan 13 assist di semua kompetisi.

5. Casemiro

5 Gelandang Brasil yang Pernah Main untuk Manchester Unitedpotret Casemiro (manutd.com)

Casemiro menjadi gelandang Brasil terbaru yang bergabung bersama Manchester United. Ia diboyong Manchester United dari Real Madrid pada Agustus 2022 ini.

Manchester United dan Real Madrid menyepakati transfer Casemiro senilai 70,65 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Ia akan memiliki tugas utama sebagai gelandang bertahan. Casemiro juga datang ke Manchester United dengan mental baja yang ia bangun selama menjadi penggawa Real Madrid.

Bersama kubu Los Blancos, Casemiro telah memainkan 336 pertandingan dengan torehan 31 gol dan 29 assist di semua kompetisi. Ia berhasil memenangi banyak gelar bersama Real Madrid, termasuk 3 gelar juara Liga Spanyol dan 5 gelar juara Liga Champions Eropa.

Dari deretan gelandang Brasil yang pernah main untuk Manchester United, Casemiro menjadi rekrutan termahal. Sebagai rekrutan baru, ia diharapkan bisa meningkatkan kualitas lini tengah Manchester United.

Baca Juga: 6 Gelandang Manchester United pada 2022/2023, Ada Tenaga Baru

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya