5 Gelandang Inggris Berharga Mahal yang Hijrah pada Musim Panas 2023

Jude Bellingham hijrah ke Real Madrid

Pada musim panas 2023 ini, Real Madrid mendapatkan gelandang dengan kualitas luar biasa. Ia adalah gelandang tengah asal Inggris, Jude Bellingham. Pemain berusia 20 tahun itu merupakan gelandang serbabisa yang mampu mengemban berbagai peran di lini tengah.

Tak hanya Bellingham, beberapa gelandang Inggris lainnya juga hijrah atau pindah klub pada musim panas 2023 ini. Ada yang pindah ke klub baru dengan biaya transfer yang mahal. Para gelandang tersebut dihargai mahal karena potensi dan kualitas yang mereka miliki.

Berikut lima gelandang Inggris yang hijrah dengan harga mahal pada musim panas 2023.

1. Declan Rice dibeli ke Arsenal dengan harga 116 juta euro

5 Gelandang Inggris Berharga Mahal yang Hijrah pada Musim Panas 2023potret Declan Rice (arsenal.com)

Declan Rice berada di posisi pertama sebagai gelandang Inggris termahal yang hijrah pada musim panas 2023 ini. Ia memutuskan pindah dari West Ham United ke Arsenal. Gelandang bertahan itu dibeli Arsenal dengan biaya transfer sebesar 116 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun.

Kualitas Rice sudah tidak diragukan lagi. Pemain berusia 24 tahun itu memiliki talenta yang luar biasa. Ia mampu bermain dengan level tinggi, baik di English Premier League (EPL) maupun Timnas Inggris. Selama menjadi penggawa West Ham, ia memainkan 245 pertandingan dengan torehan 15 gol dan 13 assist di berbagai kompetisi.

2. Jude Bellingham hijrah ke Real Madrid dengan biaya transfer 103 juta euro

5 Gelandang Inggris Berharga Mahal yang Hijrah pada Musim Panas 2023potret Jude Bellingham (realmadrid.com)

Usia Toni Kroos dan Luka Modric yang sudah tidak muda lagi, bahkan mendekati pensiun, membuat Real Madrid berburu gelandang baru. Los Blancos harus segera melakukan regenerasi di lini tengah sebelum benar-benar ditinggalkan kedua pemain tersebut. Dari sederet gelandang top, Real Madrid akhirnya menjatuhkan pilihannya kepada Jude Belingham.

Belingham dibeli Real Madrid dari Borussia Dortmund pada musim panas 2023 dengan harga sebesar 103 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun. Gelandang tengah asal Inggris itu meninggalkan Dortmund dengan torehan 24 gol dan 25 assist dalam 132 pertandingan di berbagai kompetisi. Sang pemain juga sukses mengantarkan Dortmund menjuarai DFB Pokal 2020/2021.

Baca Juga: 5 Gelandang Termahal Arsenal sebelum Declan Rice, Siapa Saja?

3. Mason Mount hengkang ke Manchester United dengan biaya transfer 64,2 juta euro

5 Gelandang Inggris Berharga Mahal yang Hijrah pada Musim Panas 2023potret Mason Mount (manutd.com)

Mason Mount adalah salah satu gelandang anyar yang direkrut Manchester United pada musim panas 2023. Ia didatangkan dari Chelsea. Untuk mendapatkan Mount, Manchester United harus rela merogoh kocek senilai 64,2 juta euro atau sekitar Rp1 triliun.

Gelandang serang asal Inggris itu sepakat bergabung ke Manchester United dengan durasi kontrak hingga Juni 2028. Mount merupakan tipikal gelandang kreatif, cerdas, dan mampu membantu serangan. Kehadirannya diharapkan bisa meningkatkan kualitas lini tengah Manchester United.

4. James Maddison hijrah ke Tottenham Hotspur dengan biaya transfer 46,3 juta euro

5 Gelandang Inggris Berharga Mahal yang Hijrah pada Musim Panas 2023potret James Maddison (instagram.com/madders)

James Maddison pindah ke Tottenham Hotspur pada musim panas 2023 ini. Gelandang serang asal Inggris itu memutus hengkang dari Leicester City. Terdegradasinya Leicester City ke EFL Championship merupakan salah satu alasannya.

Maddison ditebus Tottenham dengan mahar sebesar 46,3 juta euro atau sekitar Rp760 miliar. Saat masih berseragam Leicester City, Maddison merupakan sosok andalan di lini tengah. Tak hanya piawai mengolah bola, ia juga mampu mengatur tempo permainan. Selain itu, ia memiliki insting mencetak gol yang baik. Bersama Leicester City, Maddison terlibat dalam 203 pertandingan di berbagai kompetisi  dengan torehan 55 gol dan 41 assist.

5. James Ward-Prowse merapat ke West Ham United dengan biaya transfer 34,8 juta euro

5 Gelandang Inggris Berharga Mahal yang Hijrah pada Musim Panas 2023potret James Ward-Prowse (whufc.com)

Berikutnya ada nama James Ward-Prowse. Penampilan ciamiknya bersama Southampton membuat beberapa klub besar tertarik merekrutnya. Gelandang tengah asal Inggris itu sempat diincar Liverpool dan Manchester United pada musim panas 2023 ini. Namun, Ward-Prowse menjatuhkan pilihannya kepada West Ham United. 

Ward-Prowse ditebus West Ham dengan biaya transfer sebesar 34,8 juta euro atau sekitar Rp571 miliar. Pemain berusia 28 tahun itu memang tampil gemilang saat membela Southampton.  Ia mampu mencatatkan 410 pertandingan dengan mencetak 55 gol dan 54 assist di berbagai kompetisi. Kini, Ward-Prowse terikat kontrak dengan West Ham hingga Juni 2027.

Para gelandang Inggris tersebut memiliki kualitas yang sangat luar biasa. Banyak hal-hal menakjubkan yang telah mereka tunjukkan di klub sebelumnya. Akankah mereka bisa membantu klub barunya meraih prestasi tertinggi?

Baca Juga: Wajar Jude Bellingham Jadi Pemain Terbaik LaLiga Agustus

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya