5 Mantan Bek Empoli yang Kini Menjadi Andalan Klub Top Serie A

Ada yang menjabat sebagai kapten tim

Empoli masih tampil di Serie A Italia 2022/2023 setelah musim lalu berhasil lolos dari jurang degradasi. Empoli menduduki peringkat ke-14 klasemen akhir pada 2021/2022 dengan raihan 41 poin dari 38 pertandingan.

Di Serie A, Empoli termasuk klub yang sering menduduki papan bawah. Meski dianggap sebagai klub papan bawah, ternyata banyak pemain top yang pernah singgah di Empoli.

Beberapa di antaranya merupakan bek tangguh yang menjadi andalan klub top Serie A. Lantas, siapa saja mantan bek Empoli yang kini menjadi andalan klub top Serie A?

1. Leonardo Spinazzola

5 Mantan Bek Empoli yang Kini Menjadi Andalan Klub Top Serie Apotret Leonardo Spinazzola (instagram.com/spina_leo)

Leonardo Spinazzola berkiprah bersama Empoli pada Juli 2012. Saat itu, ia merupakan pemain pinjaman dari tim akademi Juventus. Spinazzola hanya 8 kali tampil bersama Empoli dengan koleksi 1 gol dan 1 assist.

Dalam kariernya, Spinazzola memang sering dipinjamkan Juventus ke klub lain. Hingga pada akhirnya, Juventus menjual Spinazzola ke AS Roma pada Juli 2019 dengan harga sebesar 29,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp435 miliar.

Berperan sebagai bek kiri, Spinazzola tampi ciamik bersama AS Roma. Ia sudah membukukan 4 gol dan 11 assist dari 81 pertandingan bersama AS Roma di semua kompetisi. Spinazzola masih memiliki durasi kontrak dengan AS Roma hingga Juni 2024.

2. Daniele Rugani

5 Mantan Bek Empoli yang Kini Menjadi Andalan Klub Top Serie Apotret Daniele Rugani (juventus.com)

Daniele Rugani merupakan jebolan akademi Empoli. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu berhasil promosi ke tim utama Empoli pada Juli 2013. Juventus yang sudah lama mencium bakat Rugani bersedia membelinya dari Empoli pada Februari 2015 seharga 4,2 juta euro atau saat ini sekitar Rp61 miliar.

Rugani kini menjadi salah satu bek andalan Juventus. Ia masih terikat kontrak hingga Juni 2024. Sejauh ini, Rugani mencatatkan 120 penampilan bersama Juventus dengan torehan 8 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

Baca Juga: 7 Rekrutan Terakhir Paris Saint-Germain dari Klub Serie A

3. Mario Rui

5 Mantan Bek Empoli yang Kini Menjadi Andalan Klub Top Serie Apotret Mario Rui (sscnapoli.it)

Berikutnya, ada nama Mario Rui, bek kiri asal Portugal. Rui bergabung ke Empoli pada Juli 2013 berstatus pemain pinjaman dari Parma. Pada Juli 2014, Rui dilepas Parma ke Empoli secara gratis.

Rui cukup diandalkan oleh Empoli. Ia mencatatkan 101 pertandingan bersama Empoli dengan torehan 5 assist. Setelah Empoli, Rui melanjutkan kariernya dengan membela AS Roma. Sayangnya, Rui gagal total bersama AS Roma.

Rui kemudian bangkit setelah ia pindah ke Napoli. Kini, ia menjadi bek kiri andalan Napoli. Rui sudah mencatatkan 176 pertandingan bersama Napoli dengan torehan 3 gol dan 18 assist di semua kompetisi. Ia masih memiliki kontrak dengan Napoli hingga Juni 2025.

4. Federico Dimarco

5 Mantan Bek Empoli yang Kini Menjadi Andalan Klub Top Serie Apotret Federico Dimarco (instagram.com/federicodimarco)

Federico Dimarco mulai membela Empoli pada Juli 2016 sebagai pemain pinjaman dari Inter Milan. Bersama Empoli, Dimarco tampil sebanyak 13 kali dengan sumbangan 1 assist. Inter Milan sempat menjual Dimarco ke FC Sion pada Juli 2017, lalu membelinya lagi pada musim berikutnya.

Lebih lanjut, Dimarco sering menjalani masa peminjaman di klub lain. Inter Milan pernah meminjamkannya ke Parma dan Hellas Verona. Setelah itu, Dimarco perlahan mulai mendapatkan tempat di posisi bek kiri Inter Milan.

Sejauh ini, Dimarco sudah membukukan 54 penampilan bersama Inter Milan dengan koleksi 2 gol dan 5 assist di semua kompetisi. Pemain berusia 24 tahun itu masih terikat kontrak dengan Inter Milan hingga Juni 2026.

5. Giovanni Di Lorenzo

5 Mantan Bek Empoli yang Kini Menjadi Andalan Klub Top Serie Apotret Giovanni Di Lorenzo (sscnapoli.it)

Berikutnya, ada sosok Giovanni Di Lorenzo, pemain yang berposisi sebagai bek kanan. Di Lorenzo merapat ke Empoli pada Agustus 2017. Kala itu, ia digaet dari Matera dengan biaya transfer senilai 600 ribu euro atau saat ini sekitar Rp8,8 miliar.

Bersama Empoli, Di Lorenzo menorehkan 6 gol dan 10 assist dari 74 pertandingan di semua kompetisi. Performa ciamik Di Lorenzo bersama Empoli membuat Napoli tertarik merekrutnya. Pada Juli 2019, Empoli resmi melepas Di Lorenzo ke Napoli dengan harga 8 juta euro atau saat ini sekitar Rp118 miliar.

Di Lorenzo menjadi salah satu pemain terpenting di Napoli. Kini, ia menjabat sebagai kapten tim. Di Lorenzo sejauh ini sudah memainkan 143 laga bersama Napoli dengan torehan 8 gol dan 23 assist di semua kompetisi. Di Lorenzo masih mengantongi durasi kontrak dengan Napoli  hingga Juni 2026.

Lima mantan bek Empoli tersebut telah menjadi andalan di klub top Serie A. Menurutmu, siapakah yang bakal meraih trofi pada 2022/2023 ini?

Baca Juga: 5 Eks Bek LOSC Lille yang Unjuk Gigi di Serie A 2022/2023

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya