Mengenal Willi Orban, Bek Andalan RB Leipzig dan Timnas Hungaria

Mampu bertahan dengan solid

Willi Orban merupakan bek tengah berkewarganegaraan Hungaria. Saat ini, ia memperkuat RB Leipzig.

Berdasarkan data Transfermarkt, Orban mencatatkan 238 pertandingan bersama RB Leipzig sejauh ini. Ia mampu menorehkan 21 gol dan 9 assist di semua kompetisi.

Orban juga mengoleksi 33 caps bersama Timnas Hungaria dengan torehan 5 gol. Ia terbiasa bertahan dengan solid di lini belakang RB Leipzig maupun Timnas Hungaria.

Selain tangguh dalam bertahan, Orban aktif dalam membangun serangan. Ia kuat berduel di udara dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, sehingga bisa mengarahkan rekan-rekannya untuk solid.

1. Anak dari seorang juara karate

Mengenal Willi Orban, Bek Andalan RB Leipzig dan Timnas HungariaWilli Orban (instagram.com/williorban4)

Willi Orban merupakan anak dari seorang juara karate. Ayahnya merupakan juara karate tingkat junior di Hungaria. Tak heran jika Orban juga menekuni olahraga. 

Orban suka menendang bola hingga memecahkan vas bunga dan botol sewaktu masih kanak-kanak. "Saat masih kecil, aku merusak segala sesuatu yang ada di rumah. Ibuku mendaftarkanku ke program pelatihan sepak bola karena hal tersebut,” ungkap Orban dilansir situs resmi Bundesliga.

2. Memulai karier bersama akademi Kaiserslautern

Mengenal Willi Orban, Bek Andalan RB Leipzig dan Timnas HungariaWilli Orban (dfb.de)

Willi Orban memulai karier sepak bola di akademi Kaiserslautern saat masih berusia 4 tahun. Ia menjalani pendidikan di akademi dengan sangat baik, sehingga menembus tim Kaiserslautern U-17 dan U-19.

Orban baru promosi ke tim utama Kaiserslautern pada Juli 2011. Ia mendapat arahan dari sang pelatih, Marco Kurz. 

Pada bulan berikutnya, Orban melakoni debut bersama Kaiserslautern, tetapi timnya takluk 0-3 atas Bayern Munich di Bundesliga 2011/2012. Kala itu, ia sendiri masih berusia 18 tahun.

Bagi Kaiserslautern, musim tersebut merupakan musim yang sangat buruk. Mereka bahkan harus terdegradasi ke kasta kedua, Bundesliga 2.

3. Tampil cemerlang saat bergabung dengan RB Leipzig

Mengenal Willi Orban, Bek Andalan RB Leipzig dan Timnas HungariaWilli Orban (instagram.com/williorban4)

Willi Orban bergabung dengan RB Leipzig pada Juli 2015. Kala itu, ia dibeli dari Kaiserslautern dengan biaya transfer sebesar 2 juta euro atau saat ini sekitar Rp30 miliar. 

Orban menjadi pemain RB Leipzig yang mendapatkan menit bermain terbanyak pada 2015/2016. Bahkan, selalu menjadi starter pada tiap pertandingan pada musim tersebut.

Orban pun berhasil membawa RB Leipzig finis di posisi kedua klasemen Bundesliga 2 sekaligus promosi ke Bundesliga. Kala itu, Orban dkk mengumpulkan 67 poin dari 34 pertandingan. RB Leipzig mencatat 20 kemenangan, 7 hasil seri, dan 7 kekalahan.

Baca Juga: Kisah RB Leipzig dalam Membangun Fondasi sebagai Klub Besar

4. Berhasil meraih trofi bersama RB Leipzig untuk pertama kalinya

Mengenal Willi Orban, Bek Andalan RB Leipzig dan Timnas HungariaWilli Orban dan RB Leipzig (instagram.com/rbleipzig)

Pada 2021/2022, Willi Orban akhirnya meraih trofi bergengsi bersama RB Leipzig karena juara DFB-Pokal. Mereka sukses mengalahkan SC Freiburg lewat adu penalti 4-2 usai bermain imbang 1-1 pada waktu normal dan perpanjangan waktu.

Rona kebahagiaan terpancar di wajah Orban saat itu. Trofi tersebut merupakan trofi pertama sepanjang kariernya.

Orban juga berhasil meraih tiket untuk berkompetisi di Liga Champions Eropa musim depan. RB Leipzig finis di posisi keempat Bundesliga 2021/2022.

5. Memenuhi panggilan Timnas Hungaria

Mengenal Willi Orban, Bek Andalan RB Leipzig dan Timnas HungariaWilli Orban (instagram.com/williorban4)

Willi Orban memang lahir dan tumbuh besar di Jerman. Namun, ayahnya asli Hungaria. Sedangkan, ibunya merupakan keturunan Polandia.

Hal tersebut membuat Orban memenuhi syarat untuk membela salah satu dari tiga timnas, yakni Jerman, Hungaria, dan Polandia.

Orban sebenarnya sangat ingin membela Timnas Jerman. Ia bahkan beberapa kali membela Jerman di level junior. Oleh karena tak kunjung dipanggil timnas senior, Orban pun berpindah haluan dengan memenuhi panggilan Timnas Hungaria.

6. Tampil bersama Timnas Hungaria

Mengenal Willi Orban, Bek Andalan RB Leipzig dan Timnas HungariaWilli Orban (sportbild.bild.de)

Setelah memenuhi panggilan Timnas Hungaria, Willi Orban akhirnya tampil perdana bersama Magyarok pada Oktober 2018. Sayangnya, ia harus menerima kekalahan pada laga debutnya. Kala itu, Hungaria kalah 0-1 atas Yunani di UEFA Nations League.

Pada November 2018, Orban berhasil mencetak gol pertamanya bersama Hungaria saat menang 2-0 atas Estonia di UEFA Nations League. Ia juga termasuk pemain yang dibawa Hungaria pada turnamen UEFA Euro 2020.

Willi Orban saat ini menjadi pemain penting RB Leipzig maupun Timnas Hungaria. Tak ada tanda-tanda ia akan hengkang dari Die Bullen

Orban mampu tampil konsisten hingga berhasil meraih trofi bergengsi. Ia pun mendapatkan tiket untuk berkompetisi di Liga Champions Eropa musim depan. Mungkinkah Orban sukses lagi pada musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Top Bundesliga yang Berstatus Bebas Transfer pada Juli 2022

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya