9 Pemain Villarreal yang Pernah Dibeli oleh Klub Serie A

Ada yang berkewarganegaraan Italia

Musim 2020/2021 kemarin merupakan musim yang menakjubkan bagi Villarreal. Klub asal Spanyol tersebut berhasil meraih gelar juara Liga Europa untuk pertama kalinya. Gelar itu juga merupakan satu-satunya gelar yang telah diperoleh Villarreal selama berkompetisi di dunia sepak bola. Di laga final Liga Europa tersebut, Villarreal berhasil mengalahkan Manchester United lewat adu penalti dengan skor 11 – 10 setelah sebelumnya bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Villarreal sendiri merupakan salah satu klub medioker di Liga Spanyol. Klub ini masih kalah populer bila dibandingkan dengan Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid maupun Sevilla. Meskipun dinilai sebagai klub medioker, Villarreal selalu ditakuti oleh klub-klub papan atas Liga Spanyol. Villarreal sering menjadi batu sandungan bagi klub-klub Liga Spanyol yang bersaing dalam perburuan gelar La Liga.

Tak jarang, pemain Villarreal menjadi pusat perhatian klub-klub besar. Pemain-pemain Villarreal pun banyak yang dibeli oleh klub-klub papan atas Eropa, termasuk klub dari Liga Italia. Lantas, siapa saja pemain Villarreal yang pernah dibeli oleh klub-klub Liga Italia? Check this out!

1. Borja Valero

9 Pemain Villarreal yang Pernah Dibeli oleh Klub Serie ABorja Valero (sport.sky.it)

Pada bulan Agustus 2012, Fiorentina membeli Borja Valero dari Villarreal dengan biaya transfer sebesar 7 juta Euro atau setara dengan Rp120 miliar. Borja Valero merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah. Pemain asal Spanyol ini sangat piawai dalam melepas umpan jauh dan bergerak mencari ruang. Selama membela Villarreal, Borja Valero telah memainkan 96 pertandingan dengan torehan 11 gol dan 18 assist di semua kompetisi.

Borja Valero semakin bersinar ketika bergabung dengan Fiorentina. Bersama klub Italia tersebut, Borja Valero  mampu tampil sebanyak 233 kali dengan torehan 17 gol dan 45 assist di semua kompetisi. Pada bulan Juli 2017, Borja Valero bergabung bersama Inter Milan dengan biaya transfer sebesar 6,5 juta Euro atau setara Rp112 miliar. Pada bulan September 2020, Borja Valero memutuskan untuk kembali ke Fiorentina dengan biaya bebas transfer. Saat ini, ia masih tergabung dalam skuad Fiorentina.

2. Gonzalo Rodriguez

9 Pemain Villarreal yang Pernah Dibeli oleh Klub Serie AGonzalo Rodriguez (mundodeportivo.com)

Gonzalo Rodriguez merupakan pemain asal Argentina yang berposisi sebagai bek tengah. Pada bulan Agustus 2012, Fiorentina juga membeli Gonzalo Rodriguez dari Villarreal dengan biaya transfer sebesar 1,5 juta Euro atau setara dengan Rp25 miliar. Gonzalo Rodriguez merupakan bek andalan Villarreal kala itu. Ia membela Villarreal selama delapan musim. Bersama Villarreal, Gonzalo Rodriguez telah memainkan 252 pertandingan dengan torehan 9 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

Karier Gonzalo Rodriguez bersama Fiorentina juga cukup bagus. Selama lima musim bersama Fiorentina, Gonzalo Rodriguez tampil dalam 203 pertandingan dengan torehan 25 gol dan 6 assist di semua kompetisi. Pada bulan Juli 2017, Gonzalo Rodriguez memutuskan untuk pulang ke klub lamanya, San Lorenzo dengan biaya bebas transfer. Saat ini, Gonzalo Rodriguez sudah pensiun sebagai pesepak bola. Ia menjadikan San Lorenzo sebagai klub terakhirnya.

3. Giuseppe Rossi

9 Pemain Villarreal yang Pernah Dibeli oleh Klub Serie AGiuseppe Rossi (skysports.com)

Selanjutnya Giuseppe Rossi, penyerang asal Italia ini tampil mentereng bersama Villarreal di Liga Spanyol. Bersama Villarreal, Giuseppe Rossi memainkan 191 pertandingan dengan torehan 82 gol dan 25 assist di semua kompetisi. Pada bulan Januari 2013, Giuseppe Rossi menerima pinangan dari Fiorentina. Klub Italia tersebut membeli Giuseppe Rossi dari Villarreal dengan biaya transfer sebesar 10 juta Euro atau setara dengan Rp172 miliar.

Giuseppe Rossi gagal bersinar bersama Fiorentina. Selama tiga setengah musim membela Fiorentina, Giuseppe Rossi hanya tampil sebanyak 42 kali dengan torehan 19 gol dan 8 assist di semua kompetisi. Fiorentina sempat meminjamkan Giuseppe Rossi ke beberapa klub Liga Spanyol seperti Levante dan Celta Vigo.

Sempat berstatus tanpa klub, Giuseppe Rossi kemudian bergabung bersama Genoa pada bulan Juli 2018. Giuseppe Rossi juga pernah berkarier bersama klub Major League Soccer, Real Salt Lake City pada bulan Januari 2021 kemarin. Kini, status Giuseppe Rossi sedang tanpa klub.

4. Cristian Zapata

9 Pemain Villarreal yang Pernah Dibeli oleh Klub Serie ACristian Zapata (skysports.com)

AC Milan sempat meminjam Cristian Zapata dari Villarreal pada bulan Agustus 2012. Akhirnya, Klub Italia tersebut mempermanenkan status Cristian Zapata pada bulan Juli 2013 dengan biaya transfer sebesar 10 juta Euro atau setara dengan dengan Rp172 miliar. Cristian Zapata merupakan pemain asal Kolombia yang berposisi sebagai bek tengah. Cristian Zapata hanya satu musim bersama Villarreal dengan mencatatkan 36 pertandingan dan menyumbang 1 assist di semua kompetisi.

Karier Cristian Zapata jauh lebih baik ketika bermain untuk AC Milan. Selama tujuh musim bersama AC Milan, Cristian Zapata berhasil tampil sebanyak 148 pertandingan dengan torehan 5 gol dan 6 assist di semua kompetisi. Cristian Zapata juga berhasil memenangkan Piala Super Italia pada musim 2016/2017. Cristian Zapata memutuskan untuk pindah ke Genoa pada bulan Juli 2019 dengan biaya bebas transfer. Saat ini, ia masih aktif sebagai pemain Genoa

5. Jonathan de Guzman

9 Pemain Villarreal yang Pernah Dibeli oleh Klub Serie AJonathan de Guzman (skysports.com)

Pemain Villarreal berikutnya yang dibeli oleh klub Italia ialah Jonathan de Guzman. Pemain berkewarganegaraan Belanda tersebut dibeli Napoli pada bulan Agustus 2014 dengan biaya transfer sebesar 6 juta Euro atau setara dengan Rp103 miliar. Jonathan de Guzman hanya satu musim membela Villarreal. Bersama Villarreal, Jonathan de Guzman hanya mencatatkan 26 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

Karier Jonathan de Guzman bersama Napoli juga tidak begitu mentereng. Ia hanya mampu mencatatkan 36 pertandingan dengan torehan 7 gol dan 3 assist di semua kompetisi. Meskipun begitu, Jonathan de Guzman mampu meraih gelar Piala Super Italia musim 2014/2015. Napoli sempat meminjamkan Jonathan de Guzman ke beberapa klub seperti Carpi dan Chievo Verona.

Pada bulan Juli 2017, Jonathan de Guzman dijual ke klub Jerman, Eintracht Frankfurt dengan biaya sebesar 1 juta Euro atau setara dengan Rp17 miliar. Jonathan de Guzman juga sempat berstatus tanpa klub. Ia akhirnya menemukan klub baru di Liga Yunani, yakni OFI Crete sampai saat ini.

Baca Juga: 5 Klub Spanyol yang Pernah Juara Europa League, Villarreal Terbaru

6. Mateo Musacchio

9 Pemain Villarreal yang Pernah Dibeli oleh Klub Serie AMateo Musacchio (bleacherreport.com)

Mateo Musacchio merupakan pemain Villarreal yang dibeli oleh AC Milan pada bulan Juli 2017. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini dibeli AC Milan dengan harga yang cukup mahal.  Klub Italia tersebut harus mengeluarkan biaya sebesar 18 juta Euro atau setara dengan Rp310 miliar. Mateo Musacchio cukup lama membela Villarreal, yakni selama tujuh musim. Bersama Villarreal, Mateo Musacchio telah mencatatkan 249 pertandingan dengan torehan 7 gol dan 11 assist di semua kompetisi.

Kepindahan Mateo Musacchio ke AC Milan merupakan awal dari era baru AC Milan. Saat itu, Silvio Berlusconi menjual AC Milan kepada pengusaha China. Bersama AC Milan, Mateo Musacchio telah mencatatkan 75 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 2 assist di semua kompetisi. Pada bula Januari 2021 kemarin, AC Milan resmi melepas Mateo Musacchio ke Lazio dengan biaya bebas transfer.

7. Samu Castillejo

9 Pemain Villarreal yang Pernah Dibeli oleh Klub Serie ASamu Castillejo (beinsports.com)

Samu Castillejo merupakan pemain Villarreal yang pernah dibeli oleh AC Milan pada bulan Agustus 2018. Klub asal Italia tersebut harus mengeluarkan biaya transfer sebesar 21,3 juta Euro atau setara dengan Rp367 miliar  untuk mendapatkan jasa Samu Castillejo. Selama berkarier bersama Villarreal, Samu Castillejo sudah memainkan 127 pertandingan dengan torehan 11 gol dan 14 assist di semua kompetisi.

Samu Castillejo sempat menjadi andalan AC Milan di Liga Italia sebelum posisinya mulai tergusur oleh pemain asal Belgia, Alexis Saelemaekers. Saat ini, Samu Castillejo masih menjadi bagian dari AC Milan. Bersama AC Milan, Samu Castillejo telah memainkan 108 pertandingan dengan torehan 10 gol dan 13 assist di semua kompetisi.

8. Nicola Sansone

9 Pemain Villarreal yang Pernah Dibeli oleh Klub Serie ANicola Sansone (libertaddigital.com)

Pemain sayap kiri berkewarganegaraan Italia sempat dipinjamkan Villarreal ke klub Italia, Bologna pada bulan Januari 2019. Bologna akhirnya mempermanenkannya pada bulan Juli 2019 dengan biaya transfer sebesar 8 juta Euro atau setara dengan Rp137 miliar. Selama tiga musim membela Villarreal, Nicola Sansone sudah mencatatkan 71 pertandingan dengan torehan 16 gol dan  8 assist di semua kompetisi.

Nicola Sansone juga tiga musim membela Bologna, ia telah mencatatkan 78 pertandingan dengan torehan 8 gol dan 10 assist di semua kompetisi. Sebelum bermain bersama Villarreal dan Bologna, Nicola Sansone pernah bermain untuk Sassuolo, Parma, dan Crotone. Pemain kelahiran Jerman tersebut juga pernah menimba ilmu di akademi Bayern Munchen.

9. Roberto Soriano

9 Pemain Villarreal yang Pernah Dibeli oleh Klub Serie ARoberto Soriano (marca.com)

Roberto Soriano merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang serang. Pemain berkewarganegaraan Italia ini juga termasuk salah satu pemain Villarreal yang dibeli oleh klub Italia. Roberto Soriano pernah dipinjamkan ke Bologna pada bulan Januari 2019. Ia akhirnya dibeli oleh Bologna pada bulan Juli 2019 atau bersamaan dengan pembelian Nicola Sansone. Bologna harus mengeluarkan biaya sebesar 8 juta Euro atau setara dengan Rp137 miliar. Selama dua musim bersama Villarreal, Roberto Soriano mencatatkan 73 pertandingan dengan torehan 10 gol dan 8 assist di semua kompetisi.

Robert Soriano cukup bersinar bersama Bologna, ia telah mencatatkan 87 pertandingan dengan torehan 16 gol dan 19 assist di semua kompetisi. Roberto Soriano ternyata juga pernah dipinjamkan Villarreal ke klub Italia lainnya, yakni Torino pada bulan Agustus 2018. Sebelumnya, ia juga pernah membela beberapa klub Italia seperti Sampdoria dan Empoli. Pemain kelahiran jerman tersebut  juga pernah menimba ilmu di akademi Bayern Munchen sama seperti Nicola Sansone.

Mereka semua merupakan pemain-pemain Villarreal yang pernah dibeli oleh klub Italia. Saat ini, Villarreal memiliki pemain yang menjadi incaran klub-klub besar Eropa. Pemain tersebut ialah Pau Torres. Apakah klub Italia yang akan mendapatkan jasa dari Pau Torres?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Disangka Pernah Berseragam Villarreal, Ada Pato!

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya