5 Penyerang Tengah Top asal Brasil yang Hijrah pada Musim Panas 2023

Ada yang pindah ke klub Saudi Pro League

Brasil merupakan negara yang kuat di dunia sepak bola. Mereka tak kehabisan pemain-pemain bertalenta. Tak heran jika banyak pemain asal Brasil yang tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Pada bursa transfer musim panas 2023 ini, ada banyak pemain Brasil yang hijrah atau pindah klub lain. Beberapa di antara mereka adalah sosok penyerang tengah top dunia. Siapa saja para penyerang tengah top dunia tersebut? Yuk, simak ulasannya!

1. Joao Pedro bergabung dengan Brighton & Hove Albion

5 Penyerang Tengah Top asal Brasil yang Hijrah pada Musim Panas 2023potret Joao Pedro (instagram.com/joaopedro.oficial)

Joao Pedro pindah dari Watford ke Brighton & Hove Albion pada musim panas 2023. Penyerang tengah berusia 21 tahun itu dikontrak hingga Juni 2028. Untuk mendatangkan Pedro, Brighton menggelontorkan dana sebesar 34,2 juta euro atau sekitar Rp569 miliar.

Selama berseragam Watford, Pedro tampil mentereng. Meski usianya masih muda, ia sudah menjadi sosok sentral di kotak penalti lawan. Ia meninggalkan Watford dengan catatan 109 penampilan serta torehan 24 gol dan 9 assist di semua ajang.

2. Matheus Cunha dipermanenkan Wolverhampton Wanderers

5 Penyerang Tengah Top asal Brasil yang Hijrah pada Musim Panas 2023potret Matheus Cunha (wolves.co.uk)

Matheus Cunha sebenarnya sudah bergabung dengan Wolverhampton Wanderers pada Januari 2023 lalu. Namun, ia saat itu berstatus pemain pinjaman dari Atletico Madrid.  Pada musim panas 2023 ini, Cunha resmi pindah ke Wolves dengan status permanen. Ia dibeli dari Atletico Madrid dengan harga sebesar 50 juta euro atau sekitar Rp832 miliar.

Wolves mengikat Cunha denngan kontrak berdurasi hingga Juni 2027. Pada musim 2022/2023 lalu, Cunha mampu menyelamatkan Wolves dari zona degradasi. Kala itu, ia mencatatkan 20 penampilan dengan torehan 2 gol dan 1 assist. Permainannya juga sangat memuaskan Wolves. Hal tersebut menjadi alasan mengapa penyerang tengah asal Brasil itu direkrut secara permanen.

Baca Juga: 4 Striker Amerika Selatan yang Dijual Watford sebelum Joao Pedro

3. Arthur Cabral hengkang dari Fiorentina ke Benfica

5 Penyerang Tengah Top asal Brasil yang Hijrah pada Musim Panas 2023Arthur Cabral (kiri) saat diperkenalkan sebagai penggawa Benfica. (instagram.com/arthurcabral9)

Pada bursa transfer musim panas 2023 ini, Benfica merekrut penyerang tengah baru untuk menggantikan Goncalo Ramos yang pindah ke Paris Saint-Germain. Pemain tersebut ialah Arthur Cabral. Pria Brasil berusia 25 tahun itu dibeli dari Fiorentina seharga 20 juta euro atau sekitar Rp332 miliar. Ia dikontrak hingga Juni 2028.

Cabral merupakan sosok penyerang tengah yang memiliki karakteristik yang mirip dengan Adriano, penyerang tengah top Brasil zaman dulu. Fisiknya sangat kuat serta rajin beroperasi di area penalti lawan. Selama menjadi penggawa Fiorentina, Cabral mencatatkan 64 penampilan dengan torehan 19 gol dan 4 assist di semua ajang.

4. Roberto Firmino hijrah ke Al-ahli setelah kontraknya habis di Liverpool

5 Penyerang Tengah Top asal Brasil yang Hijrah pada Musim Panas 2023potret Roberto Firmino (instagram.com/alahliclub.sa)

Roberto Firmino mencoba tantangan baru dengan pindah ke klub Saudi Pro League, Al-Ahli pada musim panas 2023. Ia merapat ke Al-Ahli dengan status bebas transfer setelah kontraknya bersama Liverpool habis. Ia dikontrak Al-Ahli selama 3 tahun, yang berlaku hingga Juni 2026.

Firmino sendiri meninggalkan Liverpool dengan segudang prestasi. Tercatat, ia pernah membantu Liverpool menjuarai English Premier League, English FA Cup, English Football League Cup, FA Community Shield, UEFA Champions League, UEFA Super Cup, dan FIFA Club World Cup. Selama 8 tahun bersama Liverpool, Firmino mencatatkan 362 penampilan dengan torehan 111 gol dan 72 assist di semua ajang.

5. Brenner menjajal tantangan baru di Eropa bersama Udinese Calcio

5 Penyerang Tengah Top asal Brasil yang Hijrah pada Musim Panas 2023Brenner saat berseragam Udinese berwarna kuning. (udinese.it)

Brenner bergabung ke Udinese Calcio pada musim panas 2023 ini. Ia direkrut dari klub Major League Soccer(MLS) , FC Cincinnati, seharga 10 juta euro atau sekitar Rp166 miliar. Penyerang tengah asal Brasil itu dikontrak hingga Juni 2028.

Brenner merupakan tipikal pemain yang bisa bermain di berbagai posisi. Selain sebagai penyerang tengah, ia juga bisa dipasang sebagai second striker dan winger kiri. Selama menjadi penggawa FC Cincinnati, Brenner tampil sebanyak 73 kali dengan torehan 27 gol dan 7 assist di semua ajang. Pria berusia 23 tahun itu sempat diminati oleh beberapa klub top Eropa, di antaranya Arsenal, Ajax Amsterdam, Juventus, hingga Lazio.

Brasil selalu dihiasi pemain-pemain sepak bola top dunia. Peraih lima gelar juara Piala Dunia itu tak akan kehabisan pemain bertalenta. Brasil akan selalu memamerkan pemain berkualitas di setiap posisi, termasuk penyerang tengah. Menurutmu, siapakah pemain dari daftar di atas yang akan tampil mentereng bersama klub barunya?

Baca Juga: 5 Striker yang Pernah Dilepas Gratis oleh Liverpool, Termasuk Firmino!

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya