Performa 4 Bek Denmark yang Debut di Serie A 2023/2024

Ada yang masih berusia 18 tahun

Denmark merupakan salah satu negara yang diperhitungkan di persepakbolaan Eropa. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pemain Denmark yang menjadi andalan klub-klub top Benua Biru. Denmark sendiri pernah berprestasi di kancah Eropa saat menjuarai Piala Eropa 1992.

Salah satu bintang Denmark yang menjadi pusat perhatian saat ini adalah Rasmus Hojlund. Ia merupakan seorang penyerang tengah yang kini bermain di English Premier League (EPL) bersama Manchester United.

Selain Hojlund, ternyata ada banyak pemain Denmark yang bermain di liga-liga top Eropa, termasuk Serie A Italia. Beberapa di antaranya berperan sebagai bek. Tercatat, ada empat bek pendatang baru asal Denmark yang mencicipi atmosfer Serie A Italia.

1. Patrick Dorgu akhirnya dipermanenkan dan ditempatkan bersama skuad utama US Lecce

Performa 4 Bek Denmark yang Debut di Serie A 2023/2024Patrick Dorgu (uslecce.it)

Patrick Dorgu merupakan pemain Denmark yang berperan sebagai bek kiri. Ia masih berusia 18 tahun. Dirinya mulai mencicipi Serie A Italia pada 2023/2024.

Meski masih muda dan berstatus pendatang baru, Dorgu sudah beberapa kali dimainkan US Lecce musim ini. Ia terlibat dalam lima pertandingan bersama I Salentini di Serie A. Selain itu, ia juga tampil 1 kali di Coppa Italia dan menyumbang 1 assist saat membantu Lecce mengalahkan Como 1907 dengan skor 1-0.

Lecce sebenarnya sudah merekrut Dorgu pada Juli 2022. Namun, ia ditempatkan bersama skuad U-19. Kala itu, Dorgu datang dengan berstatus pemain pinjaman dari FC Nordsjaelland U-19.

Pada Juli 2023, Lecce memutuskan untuk merekrutnya secara permanen dan menempatkannya bersama tim utama. Ia ditebus dari FC Nordsjaelland U-19 dengan biaya transfer senilai 200 ribu euro atau sekitar Rp3,2 miliar. Ia dikontrak hingga Juni 2027.

2. Rasmus Kristensen menjadi pesaing Rick Karsdorp di posisi bek kanan

Performa 4 Bek Denmark yang Debut di Serie A 2023/2024Victor Kristiansen (kiri) saat diperkenalkan AS Roma. (asroma.com)

Rasmus Kristensen juga termasuk bek pendatang baru di Serie A Italia. Ia bergabung dengan AS Roma pada Juli 2023. Bek kanan asal Denmark itu bergabung dengan I Giallorossi dengan status pinjaman hingga Juni 2024. Ia dipinjam dari Leeds United.

Kehadiran Kristensen bisa menambah kekuatan AS Roma di posisi bek kanan. Sejauh ini, pada 2023/2024, pemain berusia 26 tahun itu sudah tampil empat kali bersama AS Roma di Serie A. Ia juga sempat menyumbang satu assist.

AS Roma sebenarnya sudah lama mengincar Kristensen, bahkan sebelum menjadi penggawa Leeds United. Kristensen sendiri kini menjadi pesaing Rick Karsdorp di posisi bek kanan AS Roma. Apabila ia mampu tampil memuaskan sepanjang musim 2023/2024, AS Roma kemungkinan besar bakal memermanenkannya.

Baca Juga: 5 Pemain Anyar Serie A 2023/2024 yang Digaet dari Serie B

3. Victor Kristiansen berharap bisa berkembang lebih baik bersama Bologna

Performa 4 Bek Denmark yang Debut di Serie A 2023/2024Victor Kristiansen (kiri) saat diperkenalkan Bologna. (bolognafc.it)

Bek pendatang baru asal Denmark berikutnya adalah Victor Kristiansen. Ia berperan sebagai bek kiri. Ia merapat ke Bologna pada Agustus 2023. I Rossoblu meminjamnya dari Leicester City hingga Juni 2024. Bologna juga diberi opsi untuk membelinya secara permanen.

Sejauh ini, Kristiansen sudah tampil tiga kali bersama Bologna di Seria A Italia 2023/2024. Ia mampu menyumbang 1 assist dari 3 kesempatan itu. Hal tersebut merupakan awal yang bagus bagi Kristiansen. Pemain berusia 20 itu berharap bisa berkembang lebih baik bersama Bologna.

4. Thomas Kristensen baru saja melakoni debut bersama Udinese Calcio

Performa 4 Bek Denmark yang Debut di Serie A 2023/2024Thomas Kristensen (tengah) saat diperkenalkan Udinese Calcio. (twitter.com/Udinese_1896)

Pada September 2023, Thomas Kristensen dibeli Udinese Calcio dari klub Denmark, Aarhus GF. Ia ditebus dengan biaya transfer sebesar 3 juta euro atau sekitar Rp49 miliar. Pemain berusia 21 tahun itu juga berstatus pendatang baru di Serie A Italia. Ia dikontrak Le Zebrette hingga Juni 2028.

Kristensen berperan sebagai bek tengah. Ia memiliki postur yang sangat tinggi, yakni 1,98 meter. Postur tinggi tersebut bisa membeli keuntungan lebih bagi Kristensen, terutama saat duel udara. Kristensen baru saja melakoni debut bersama Bologna saat melawan Fiorentina di Dacia Arena pada pekan kelima Serie A Italia. Ia bermain penuh pada laga tersebut.

Kebanyakan dari bek pendatang baru asal Denmark yang disebutkan di atas masih sangat muda. Mereka memiliki talenta yang cukup menjanjikan. Mereka masih memiliki banyak ruang untuk berkembang. Bukan tidak mungkin mereka bisa menjadi bek terbaik dunia pada masa depan.

Baca Juga: 4 Pemain Pinjaman yang Gabung AS Roma pada Musim Panas 2023

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya