5 Rekrutan Arsenal yang Telan Biaya 50 Juta Euro ke Atas!

Mayoritas pemain ini tak tampil sesuai ekspektasi

Arsenal akhirnya berhasil mendapatkan Gabriel Jesus dari Manchester City. Penyerang asal Brasil tersebut dilaporkan sepakat untuk bergabung bersama The Gunners pada musim panas 2022. Laporan tersebut sudah dikonfirmasi oleh jurnalis kenamaan asal Italia, Fabrizio Romano.

Menurut Romano, Jesus sepakat bergabung dengan durasi kontrak hingga 2027 mendatang. Biaya transfer Jesus sendiri dikabarkan menelan biaya 52 juta euro atau sekitar Rp816 miliar. Arsenal akan segera mengumumkan transfer tersebut setelah pemain berusia 25 tahun tersebut menyelesaikan dokumen kontrak dan tes medis di London.

Bisa dibilang, Jesus termasuk salah satu rekrutan termahal Arsenal. Sebelumnya, Arsenal juga sudah beberapa kali merekrut pemain yang menelan biaya tak kurang dari 50 juta euro atau di atas Rp785 mliar. Siapa saja mereka dan seperti apa sepak terjang masing-masing di Arsenal?

1. Nicolas Pepe

5 Rekrutan Arsenal yang Telan Biaya 50 Juta Euro ke Atas!potret Nicolas Pepe (instagram.com/nicolas.pepe19)

Pertama ada nama Nicolas Pepe, winger kanan Arsenal asal Pantai Gading. Arsenal merekrut Pepe pada Agustus 2019. Ia dibeli dari LOSC Lille seharga 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun.

Sayangnya, kontribusi Pepe tak sebanding dengan harga yang dikeluarkan Arsenal. Pepe justru mengalami kesulitan di Premier League. Bahkan, ia tersingkir oleh para pemain muda, seperti Bukayo Saka, Gabriel Martinelli, dan Emile Smith Rowe.

Bersama Arsenal, Pepe sejauh ini membukukan 27 gol dan 21 assist dari 111 pertandingan. Pepe kabarnya belakangan sudah ditawarkan ke Paris Saint-Germain. Les Parisiens sendiri membutuhkan winger baru untuk menggantikan Angel Di Maria yang dipastikan hengkang.

2. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Rekrutan Arsenal yang Telan Biaya 50 Juta Euro ke Atas!potret Pierre-Emerick Aubameyang (instagram.com/auba)

Pierre-Emerick Aubameyang bergabung dengan Arsenal pada Januari 2018. Ia direkrut dari Borussia Dortmund dengan biaya transfer sebesar 63,75 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Pemain Timnas Gabon tersebut tampil tajam dengan membukukan 92 gol dan 21 assist dari 162 penampilan.

Ironisnya, Aubameyang terlibat perselisihan dengan pihak klub. Hal tersebut disinyalir akibat ketidakdisiplinan Aubameyang. Aubameyang akhirnya memilih untuk memutuskan kontrak bersama Arsenal dan pindah ke Barcelona pada Januari 2022 dengan status bebas transfer.

Baca Juga: Demi Nkunku, Arsenal Siap Pecahkan Rekor Transfer Klub

3. Ben White

5 Rekrutan Arsenal yang Telan Biaya 50 Juta Euro ke Atas!potret Ben White (instagram.com/ben_white6)

Berikutnya ada Ben White, sosok bek tengah berkebangsaan Inggris yang termasuk rekrutan anyar Arsenal. Pemain berusia 24 tahun tersebut bergabung pada Juli 2021 lalu dari Brighton & Hove Albion dengan harga sebesar 58,5 juta euro atau sekitar Rp918 miliar.

White sempat mengalami masa-masa sulit di awal musim bersama Arsenal. Meski begitu, White akhirnya berhasil bangkit dan menjadi bek yang cukup diandalkan Arsenal. Musim 2021/2022 lalu White tampil sebanyak 37 kali di semua kompetisi.

4. Alexandre Lacazette

5 Rekrutan Arsenal yang Telan Biaya 50 Juta Euro ke Atas!potret Alexandre Lacazette (instagram.com/lacazettealex)

Alexandre Lacazette telah berkostum Arsenal sejak Juli 2017 silam. Penyerang tengah asal Prancis tersebut juga termasuk rekrutan termahal Arsenal. Ia dibeli dari Olympique Lyon seharga 53 juta atau sekitar Rp832 miliar.

Lacazette dinilai gagal menunjukkan performa terbaiknya bersama Arsenal. Ia tampil tak konsisten selama membela The Gunners.

Lacazette pun dipastikan hengkang dari Arsenal usai kontraknya selesai pada akhir Juni 2022 ini. Musim depan ia akan kembali ke klubnya lamanya, Olympique Lyon. Bersama Arsenal, Lacazette menorehkan 71 gol dan 36 assist dari 206 penampilan.

5. Thomas Partey

5 Rekrutan Arsenal yang Telan Biaya 50 Juta Euro ke Atas!potret Thomas Partey (instagram.com/thomaspartey5)

Thomas Partey berkiprah bersama Arsenal sejak Oktober 2020. Arsenal membeli Partey dari Atletico Madrid seharga 50 juta euro atau sekitar Rp784 miliar.

Pemain yang baru saja memutuskan menjadi mualaf ini kerap dihantam cedera selama berkostum Arsenal. Sejauh ini, Partey baru 2 gol dan 4 assist dari 57 pertandingan bersama Arsenal.

Meski dibeli mahal, sayangnya kebanyakan dari mereka tak memberikan kontribusi yang sesuai dengan ekspektasi dan banderol harga mereka. Lantas, mampukah Gabriel Jesus mematahkan tren negatif tersebut bersama Arsenal?

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Arsenal dengan Status Bebas Transfer

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya