5 Striker yang Dijual Villarreal dengan Harga Mahal

Ada yang dijual ke klub China

Villarreal merupakan salah satu klub ternama di LaLiga Spanyol. Bahkan, klub berjuluk El Submarino Amarillo ini pernah bersinar di kompetisi Eropa dengan menyabet gelar juara UEFA Europa League pada 2020/2021. Villarreal juga memiliki sejumlah pemain bintang yang menjadi bagian penting dari sejarah mereka.

Villarreal beberapa kali mendapat keuntungan besar dengan menjual beberapa pemain bintang mereka. Dalam sejarah mereka, ada beberapa pemain berposisi striker yang berhasil dijual mahal Villarreal. Simak lima striker yang berhasil dijual mahal Villarreal berikut ini!

1. Cedric Bakambu dijual ke Beijing Guoan seharga 40 juta euro

5 Striker yang Dijual Villarreal dengan Harga Mahalpotret Cedric Bakambu (villarrealcf.es)

Villarreal merekrut Cedric Bakambu dari klub Turki, Bursaspor, pada Agustus 2015. Ia dibeli dengan harga sebesar 7,5 juta euro atau sekitar Rp125 miliar. Performa ciamiknya saat membela Bursaspor membuat Villarreal tertarik merekrutnya. Saat membela Bursaspor, Bakambu mencatatkan 40 pertandingan dengan torehan 21 gol dan 7 assist.

Bakambu mampu tampil impresif dan menjadi salah satu pemain kunci Villarreal. Ia menjadi andalan di lini depan. Selama berseragam Villarreal, ia mencatatkan 105 pertandingan dengan torehan 47 gol dan 5 assist. Sepak terjang Bakambu di Spanyol ternyata membuat klub China, Beijing Guoan, kepincut kepadanya. Pada Agustus 2018, ia dijual Villarreal ke Beijing Guoan. Nilai transfernya mencapai 40 juta euro atau sekitar Rp667 miliar.

2. Nicolas Jackson dibeli Chelsea pada musim panas 2023 dengan harga 37 juta euro

5 Striker yang Dijual Villarreal dengan Harga Mahalpotret Nicolas Jackson (villarrealcf.es)

Nicolas Jackson menjadi striker terbaru yang dijual Villarreal dengan harga mahal. Jackson sendiri merupakan jebolan akademi Villarreal. Pemain berusia 22 tahun itu berhasil promosi ke tim utama pada Juli 2022 lalu. Ia mampu tampil impresif pada 2022/2023 dengan mencetak 13 gol dan 5 assist dalam 38 pertandingan di semua ajang.

Pada Juli 2023, Villarreal setuju menjual Jackson ke Chelsea. Striker asal Senegal itu ditebus dengan mahar sebesar 37 juta euro atau sekitar Rp617 miliar. Jackson dipagari Chelsea dengan kontrak hingga Juni 2031.

Baca Juga: 7 Penggawa Baru yang Diboyong Villarreal pada Musim Panas 2023

3. Diego Forlan bersinar di Villarreal, lalu dijual ke Atletico Madrid dengan biaya 21 juta euro

5 Striker yang Dijual Villarreal dengan Harga Mahalpotret Diego Forlan (villarrealcf.es)

Pemain ini merupakan striker berbahaya pada masanya. Ia adalah Diego Forlan. Pemain asal Uruguay ini bergabung ke Villarreal pada Agustus 2004. Ia dibeli dari Manchester United seharga 3,2 juta euro atau sekitar Rp53 miliar.

Forlan sulit menemukan bentuk permainan terbaiknya saat membela Manchester United. Namun, ia berkembang pesat saat bergabung dengan Villarreal. Ia pun mulai diakui sebagai striker papan atas kala itu.

Selama berseragam Villarreal, ia menorehkan 59 gol dan 4 assist dalam 126 pertandingan di semua ajang. Forlan dijual Villarreal ke Atletico Madrid pada Juli 2007. Dari penjualan Forlan, Villarreal mendapat dana sebesar 21 juta euro atau sekitar Rp350 miliar. Forlan sudah gantung sepatu sejak Agustus 2019. Klub Hong Kong Premier League, Kitchee, merupakan klub terakhirnya.

4. Luciano Vietto juga dijual ke Atletico Madrid dengan harga 20 juta euro

5 Striker yang Dijual Villarreal dengan Harga Mahalpotret Luciano Vietto (villarrealcf.es)

Luciano Vietto berseragam Villareal hanya semusim, yakni pada 2014/2015. Ia mampu tampil cemerlang bersama Villarreal. Striker asal Argentina itu menorehkan 48 pertandingan dengan mencetak 20 gol dan 8 assist di semua ajang.

Vietto pun menjadi incaran klub-klub top Eropa. Ia akhirnya dijual ke Atletico Madrid seharga 20 juta euro atau sekitar Rp333 miliar pada Juli 2015. Sebelumnya, ia direkrut Villarreal darI klub Argentina, Racing Club, dengan biaya transfer sebesar 5,5 juta euro atau sekitar Rp91 miliar pada Agustus 2014.

5. Alexandre Pato dikirim ke China dengan biaya 18 juta euro

5 Striker yang Dijual Villarreal dengan Harga Mahalpotret Alexandre Pato (villarrealcf.es)

Alexandre Pato bergabung ke Villarreal pada Juli 2016. Ia direkrut dari klub Brasil, Corinthians, seharga 3 juta euro atau sekitar Rp50 miliar. Sebelumnya, Pato pernah bersinar bersama AC Milan dengan torehan 63 gol dan 18 assist dalam 150 pertandingan di semua ajang.

Pato hanya setengah musim di Villarreal. Selama itu, ia mencatatkan 24 pertandingan dengan raihan 6 gol dan 5 assist. Pada Januari 2017, ia dijual ke klub China, Tianjin Tianhai, seharga 18 juta euro atau sekitar Rp300 miliar.

Villarreal benar-benar mendapatkan keuntungan untung besar dalam menjual para striker tersebut. Mereka dibeli dengan harga murah dan berhasil dijual dengan harga mahal. Menurutmu, akankah ada striker lagi yang bakal dijual Villarreal dengan harga mahal?

Baca Juga: Pemain Baru Everton 2023, Ada Eks Villarreal dan Manchester United

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya