5 Winger Newcastle United yang Dibeli dengan Harga Mahal

Ada nama Harvey Barnes dan Allan Saint-Maximin

Newcastle United merupakan klub medioker English Premier League (EPL) yang sedang berkembang pesat. Prestasinya makin meningkat semenjak diakuisisi Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman Al Saud. Dengan dukungan dana yang melimpah, The Magpies mulai menunjukkan tajinya pada bursa transfer pemain.

Newcastle United baru saja mendatangkan winger lincah Leicester City, Harvey Barnes. The Magpies bersedia menggelontorkan uang dalam jumlah besar untuk menggaet pria asal Inggris tersebut. Newcastle United sebenarnya sering merekrut winger dengan harga mahal. Termasuk Barnes, inilah enam winger yang direkrut Newcastle United dengan harga mahal.

1. Anthony Gordon

5 Winger Newcastle United yang Dibeli dengan Harga Mahalpotret Anthony Gordon (nufc.co.uk)

Pada Januari 2023 lalu, Anthony Gordon direkrut Newcastle United dari Everton. Pemain berusia 22 tahun itu ditebus dengan mahar 45,6 juta euro atau sekitar Rp761 miliar dan diberi kontrak jangka panjang Newcastle. Gordon berperan sebagai winger kiri. Bersama Newcastle United, Gordon sudah mencatatkan 16 penampilan dengan torehan 1 gol.

Pelatih Newcastle, Eddie Howe sangat yakin dengan kualitas Gordon. Menurutnya, Gordon memiliki talenta papan atas. Saat menjadi pemain Everton, Gordon sudah menjadi pilar utama meski usianya masih terbilang muda. Ia mencatatkan 7 gol dan 8 assist dalam 78 penampilan bersama Everton.

2. Harvey Barnes

5 Winger Newcastle United yang Dibeli dengan Harga Mahalpotret Harvey Barnes (nufc.co.uk)

Harvey Barnes baru saja bergabung dengan Newcastle United pada Juli 2023. Pria asal Inggris itu direkrut dari Leicester City. Untuk memboyong Barnes ke St James' Park, The Magpies harus membayar biaya transfer sebesar 44 juta euro atau sekitar Rp735 miliar. Pemain yang kerap berperan sebagai winger kiri itu dikontrak Newcastle hingga Juni 2028.

Newcastle United membutuhkan Barnes untuk menambah kedalaman skuad mereka untuk menghadapi musim 2023/2024. The Magpies sendiri akan tampil di empat kompetisi musim depan, yaitu English Premier League, English FA Cup, English Football League Cup, dan UEFA Champions League. Barnes sudah membuktikan kualitasnya saat masih berseragam Leicester City dengan mencetak 45 gol dan 32 assist dalam 187 penampilan di semua ajang.

3. Miguel Almiron

5 Winger Newcastle United yang Dibeli dengan Harga Mahalpotret Miguel Almiron (nufc.co.uk)

Miguel Almiron merupakan salah satu pemain andalan di skuad Newcastle United. Ia menjadi bagian dari The Magpies sejak Januari 2019. Almiron dibeli dari klub Major League Soccer (MLS), Atlanta United, seharga 24 juta euro atau sekitar Rp400 miliar.

Berposisi sebagai winger kanan, Almiron berhasil tampil apik bersama Newcastle United. Keberadaan pelatih Newcastle, Eddie Howe, mampu membuat kualitas Almiron berkembang pesat. Secara keseluruhan, Almiron sudah mencatatkan 25 gol dan 9 assist dalam 89 penampilan di semua ajang. Almiron masih terikat kontrak dengan Newcastle hingga Juni 2026.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Newcastle United dari Sesama Klub Inggris 2023

4. Albert Luque

5 Winger Newcastle United yang Dibeli dengan Harga Mahalpotret Albert Luque (nufc.co.uk)

Albert Luque merapat ke Newcastle United pada Juli 2005. Winger kiri asal Spanyol itu dibeli Newcastle dari Deportivo La Coruna. The Magpies merogoh kocek sebesar 20 juta euro atau sekitar Rp334 miliar untuk mendapatkan tanda tangan Luque.

Meski dibeli dengan harga yang cukup mahal, Luque gagal bersinar bersama Newcastle United. Ia hanya mencatatkan 34 penampilan dan hanya mencetak 3 gol serta menyumbang 2 assist. Pada Agustus 2007, Newcastle menjualnya ke Ajax Amsterdam seharga 8 juta euro atau sekitar Rp133 miliar. Luque sudah gantung sepatu sejak Januari 2011. Klub terakhir yang ia bela adalah Malaga.

5. Florian Thauvin

5 Winger Newcastle United yang Dibeli dengan Harga Mahalpotret Florian Thauvin (nufc.co.uk)

Selanjutnya ada sosok Florian Thauvin, winger kanan asal Prancis. Thauvin bergabung ke Newcastle United pada Agustus 2015. Saat itu, ia dibeli dari Olympique Marseille dengan harga sebesar 18,35 juta euro atau sekitar Rp306 miliar.

Bersama Newcastle United, karier Thauvin justru meredup. Ia dinilai gagal beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Selama membela Newcastle, Thauvin hanya tampil 16 kali dengan torehan 1 gol dan 3 assist. The Magpies sempat meminjamkan Thauvin ke klub lamanya, Olympique Marseille, pada Januari 2016. Ia akhirnya dijual secara permanen ke Marseille pada Juli 2017 dengan biaya transfer sebesar 11 juta euro atau sekitar Rp183 miliar.

6. Allan Saint-Maximin

5 Winger Newcastle United yang Dibeli dengan Harga Mahalpotret Allan Saint-Maximin (nufc.co.uk)

Allan Saint-Maximin merapat ke Newcastle United pada Agustus 2019. Winger kiri asal Prancis itu diboyong ke St James' Park setelah tampil apik bersama OGC Nice. Saint-Maximin ditebus dengan mahar sebesar 18 juta euro atau sekitar Rp300 miliar.

Saint-Maximin cukup diandalkan Newcastle United. Namun, ia akhirnya dijual setelah 3 musim mengabdi. Kedatangan Sandro Tonali dan Harvey Barnes ke Newcastle dengan biaya mahal membuat Newcastle harus menjual Saint-Maximin demi menghindari pelanggaran Financial Fair Play (FFP). Newcastle menjualnya ke klub Saudi Pro League, Al-Ahli, seharga 27,7 juta euro atau sekitar Rp462 miliar pada Juli 2023 lalu. 

Newcastle United sepertinya akan terus menunjukkan tajinya pada bursa transfer pemain. Mereka siap mengucurkan dana untuk mendapatkan pemain yang diinginkan. Setelah Anthony Gordon dan Harvey Barnes, Newcastle masih bisa mendapatkan winger berharga mahal lainnya.

Baca Juga: 5 Pemain yang Menjadi Incaran Newcastle United pada Musim Panas 2023

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya