Bos Ducati: Jack Miller Akan Bertarung untuk Gelar Juara Dunia MotoGP

Jack Miller menyisakan kontrak sampai 2022

Musim balap 2022 akan menjadi pembuktian bagi para pembalap MotoGP. Apalagi kebanyakan kontrak pembalap dan timnya selesai pada akhir 2022.

Ini juga berlaku bagi Jack Miller dan Ducati. Miller harus memberikan hasil terbaik pada awal musim untuk membuktikan dirinya masih layak sebagai pembalap pabrikan. Di tengah kondisi ini, bos Ducati percaya kepada Miller.

1. Ducati menaruh harapan kepada Jack Miller

Bos Ducati: Jack Miller Akan Bertarung untuk Gelar Juara Dunia MotoGPJack Miller (instagram.com/jackmilleraus)

Bos Ducati, Gigi Dall’Igna, percaya kepada Jack Miller. Ia menaruh harapan bahwa Miller bisa berjuang untuk merebut gelar juara dunia musim depan.

“Tidak, saya tidak berpikir ia merasakan tekanan. Saya pikir ia bisa mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan sehingga ia berjuang untuk gelar juara dunia,” kata Dall'Igna dikutip Visordown.

“Ia sangat kuat dalam hal mengemudi. Memang benar ia kurang konsisten selama satu musim penuh, tetapi terkadang ada detail kecil yang tidak memberinya kesempatan untuk menunjukkan potensinya.”

2. Miller masih dianggap sebagai seorang pemimpin

Bos Ducati: Jack Miller Akan Bertarung untuk Gelar Juara Dunia MotoGPGigi Dall’Igna (motogp.com)

Gigi Dall’Igna mengatakan bahwa pembalap Australia ini adalah seorang pemimpin.  Ia menilai Miller mampu memulai MotoGP 2022 dengan menjadi salah satu penantang gelar juara dunia.

“Jack (juga) seorang pemimpin. Ia pandai memotivasi orang yang bekerja dengannya. Bagi saya, kepemimpinan berarti pembalap mampu membuat semua orang bekerja ke arah yang sama, untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan,” ujar Dall’Igna.

Baca Juga: Jack Miller Yakin Dominasi Ducati Berlanjut di MotoGP 2022

3. Pencapaian Francesco Bagnaia tahun ini melampaui Jack Miller

Bos Ducati: Jack Miller Akan Bertarung untuk Gelar Juara Dunia MotoGPFrancesco Bagnaia dan Jack Miller (motogp.com)

Sebagai pembalap pabrikan Ducati, Jack Miller mendapatkan hasil positif tahun ini. Namun, ia mendapat banyak tekanan dari para pembalap muda Ducati.

Meski pada awal musim Miller mampu meraih dua kemenangan, rekan setimnya ternyata meraih hasil yang lebih baik. Francesco Bagnaia menjadi kejutan dengan meraih 4 kemenangan dan 5 pole position. Hasil ini pun mendapat banyak pujian dari para bos Ducati.

Musim ini memang jadi salah satu musim yang baik bagi tim pabrikan Ducati. Kedua pembalapnya ada di empat besar klasemen. Pada akhir musim, pencapaian Bagnaia melampaui Miller. Bagnaia mengamankan posisi runner-up juara dunia, sementara Miller menempati poisisi ke-4 klasemen.

4. Pembalap muda Ducati mampu menunjukkan performa luar biasa

Bos Ducati: Jack Miller Akan Bertarung untuk Gelar Juara Dunia MotoGPJorge Martin (motogp.com)

Meski satu tim, Bagnaia tentu saja rival bagi Miller. Secara senioritas, Miller lebih memiliki pengalaman dibandingkan Bagnaia. Miller debut di MotoGP sejak 2015, sementara Bagnaia tiga tahun lalu. Namun, hasil yang diraih keduanya akan menentukan siapa yang bertahan di tim pabrikan Ducati.

Selain dari rekan setim, Miller juga harus menghadapi para pembalap rookie yang menunjukkan performa apik. Pembalap tim satelit, Jorge Martin (Pramac) dan Enea Bastianini (Avintia), mampu menjadi pembalap yang kompetitif dan meraih podium pada tahun pertama.

“Mereka (pembalap muda) terus menjadi lebih cepat dan lebih cepat lagi. Jorge telah melakukan pekerjaan yang fantastis dan melewatkan beberapa balapan tahun ini. Namun, ia datang dengan profesionalisme yang mungkin aku tak punya saat aku pertama datang (di MotoGP),” kata Miller dikutip Crash.

5. Perebutan kursi pembalap pabrikan di Ducati

Bos Ducati: Jack Miller Akan Bertarung untuk Gelar Juara Dunia MotoGPBagnaia, Martin, dan Miller (motogp.com)

Kebanyakan kontrak pembalap MotoGP akan berakhir pada 2022. Ini termasuk untuk semua pembalap Ducati. Perebutan mengisi kursi pembalap pabrikan tentu akan terjadi. Apalagi musim depan Ducati akan dipenuhi para pendatang baru.

Ducati akan menurunkan delapan motor untuk berkompetisi: 4 Desmosedici GP22 dan 4 Desmosedici GP21. Ini karena ada dua tim satelit baru, Gresini Racing dan VR46 Racing, yang tentunya akan menambah peta persaingan.

Ducati pun sepertinya dihadapkan pada pilihan sulit. Tim pabrikan asal Italia ini akan memiliki banyak pilihan: Mempertahankan Miller dan Bagnaia atau merombak formasi dengan menambahkan pembalap muda berbakat seperti Martin atau Bastianini.

Jack Miller sendiri adalah pembalap yang hebat. Meraih kemenangan pada tahun pertama dengan tim pabrikan Ducati merupakan sebuah pencapaian tersendiri.

Sayangnya, kehadiran para pembalap muda yang sangat kompetitif bisa mengancam kedudukannya. Apakah Miller bisa menjawab harapan dari Dall’Igna dengan pencapaian yang fantastis?

Baca Juga: Jack Miller Yakin Bagnaia Bisa Raih Gelar Juara Dunia MotoGP 2022

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya