12 Pahlawan Kualifikasi yang Tak Masuk Skuad Indonesia di Piala Asia

Siapa saja ke-12 nama tersebut?

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 ini mengalami perombakan signifikan. Bahkan, mereka sampai tidak membawa 12 pemain yang sebelumnya membawa mereka lolos ke ajang tersebut.

Pada babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dihelat pada Juni 2022 lalu, Timnas Indonesia tampil ciamik. Mereka mampu bersaing dengan Nepal, Kuwait, dan Yordania.

Nah, uniknya ada 12 pemain yang tampil apik di babak tersebut, dan sekarang tidak dipanggil lagi oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, untuk putaran final Piala Asia 2023. Siapa saja mereka?

Baca Juga: Tak Ikut Piala Asia, Saddil Pasang Foto Bareng Pelatih Sabah

1. Kebanyakan adalah nama-nama lokal

12 Pahlawan Kualifikasi yang Tak Masuk Skuad Indonesia di Piala AsiaNadeo Argawinata (instagram.com/nadeowinataa)

Ke-12 pemain yang tak dipanggil Shin ini kebanyakan adalah nama-nama lokal. Contoh, ada Nadeo Argawinata dan Saddil Ramdani yang tak dipanggil. Nadeo memang mulai terpinggirkan usai tampil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2026 lalu.

Sedangkan Saddil, dia sejatinya sempat ikut pemusatan latihan (TC) di Turki plus mengikuti laga uji coba lawan Libya dan Iran. Akan tetapi, ada beberapa pertimbangan yang membuatnya dicoret dari skuad Garuda untuk Piala Asia 2023.

2. Ada yang terlupakan, ada yang cedera

12 Pahlawan Kualifikasi yang Tak Masuk Skuad Indonesia di Piala AsiaDebbie Sutrisno/IDN Times

Pemain jebolan Kualifikasi Piala Asia 2023 lain yang tak dipanggil Shin adalah Fachruddin Aryanto. Saat kualifikasi, dia menjadi kapten tim. Namun, belakangan dia mulai jarang dilirik lagi oleh Shin untuk membela Timnas.

Ada juga sosok Rachmat Irianto yang tak dipanggil. Namun, alasan tak masuknya Rachmat ini terbilang masuk akal, karena dia tengah mengalami cedera. Saat ini, penggawa Persib Bandung itu tengah mengalami proses pemulihan.

3. Daftar 12 pahlawan kualifikasi yang tak dipanggil

12 Pahlawan Kualifikasi yang Tak Masuk Skuad Indonesia di Piala AsiaPemain Timnas Indonesia, Saddil Ramdani, saat mencoba melewati pemain Libya dalam laga uji coba. (Dok. PSSI)

Berikut daftar 12 nama yang sukses membawa Indonesia lolos ke Piala Asia 2023, tetapi tak dipanggil membela skuad Garuda di ajang tersebut.

Nadeo Argawinata
Fachruddin Aryanto
Saddil Ramdani
Muhammad Rafli
Irfan Jaya
Koko Ari
Syahrian Abimanyu
Alfeandra Dewangga
Rachmat Irianto
Stefano Lilipaly
Terens Puhiri
Muhammad Adi Satryo

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya