2 Gol Indah Bantu Indonesia Hajar Turkmenistan

Dendy awali pesta Timnas atas Turkmenistan

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia meraih kemenangan dalam laga FIFA Matchday, Jumat (8/9/2023). Bertemu Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo, Jordi Amat dan kawan-kawan menang dengan skor 2-0.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Dendy Sulistyawan (19') dan Egy Maulana Vikri (90+1'). Ini jadi kemenangan kedua Indonesia dalam lima laga internasional terakhir mereka.

Di awal babak pertama, laga masih berjalan alot. Tampak kedua tim masih mencoba meraba permainan masing-masing. Namun, memasuki menit 15 laga, Indonesia mulai mengambil alih situasi. Mereka menguasai laga.

Dominasi yang sukses Indonesia tancapkan, membuat mereka berhasil mencatatkan keunggulan lebih dulu di laga ini. Tembakan indah Dendy Sulistyawan pada menit 19 berhasil mengoyak jala Turkmenistan yang dikawal Babayev Batyr. Skor berubah 1-0.

Tertinggal satu gol, Turkmenistan berusaha untuk mengejar. Dimotori sang kapten, Elman Tagayev serta Ruslan Mingazov, skuad berjuluk 'Karakum Warriors' tersebut memberi tekanan balik kepada lini pertahanan skuad Garuda.

Akan tetapi, Indonesia bermain rapi di laga ini. Meski bermaterikan pemain-pemain yang baru kembali membela Timnas, macam Adam Alis dan Edo Febriansyah, serta Sandy Walsh yang debut, Pasukan Garuda tampil solid.

Secara pertahanan, mereka sudah rapi. Tetapi di lini serang, aliran bola yang kurang akurat acap menyebabkan serangan Indonesia terhenti. Hingga babak pertama tuntas, skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan kedua tim. Indonesia memasukkan Egy Maulana Vikri, Stefano Lilipay, dan Rachmat Irianto, sedangkan Turkmenistan memasukkan Ahmet Atayew, Selim Nurmyradow, dan Teymur Caryyew.

Beberapa perubahan ini menjaga intensitas permainan. Sempat tertekan di babak pertama, Turkmenistan bangkit dan balik menekan Indonesia di babak kedua. Tekanan ketat ini membuat skuad Garuda kerepotan.

Alhasil, beberapa kali Turkmenistan sukses membuat peluang berbahaya. Nadeo Argawinata, yang awalnya tidak bekerja keras di babak pertama, mendadak melakukan banyak penyelamatan di babak kedua ini. Sepakan-sepakan Turkmenistan lebih akurat.

Dibandingkan babak pertama, banyak sekali ruang terbuka di lini pertahanan Indonesia pada babak kedua ini. Kombinasi Jordi dan Sandy sudah tidak sekuat babak pertama. Masuknya Wahyu Prasetyo tak memperbaiki keadaan.

Beruntung, serangan-serangan dari Turkmenistan tidak kelewat tajam. Sepakan-sepakan mereka lebih banyak mengarah ke luar gawang daripada ke dalam gawang. Indonesia hanya bisa menahan tekanan sebisa mungkin.

Jelang laga tuntas, Indonesia justru menambah keunggulan. Pada menit 90+1, menerima bola di daerah pertahanan Turkmenistan, Egy membobol gawang lawan usai melakukan manuver ciamik. Skor berubah 2-0.

Sampai laga tuntas, skor 2-0 untuk Timnas Indonesia tetap bertahan. Mereka pun berhasil meraih hasil apik di FIFA Matchday, Jumat (8/9/2023) lawan Turkmenistan ini.

Baca Juga: Timnas Indonesia Alami Krisis Pemain

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya