3 Catatan Unik dari Kemenangan Dortmund Atas Newcastle

Dortmund menang lagi atas Newcastle United

Jakarta, IDN Times - Borussia Dortmund kembali meraih hasil apik di matchday keempat fase grup Liga Champions 2023/24. Bersua Newcastle United di Signal Iduna Park, Rabu (8/11/2023) dini hari, mereka menang dengan skor 2-0.

Dua gol dari Nicolas Fullkrug dan Julian Brandt, sukses membawa Dortmund pada kemenangan di laga ini. Dari kemenangan itu juga, ada beberapa catatan unik yang menarik untuk disimak. Apa saja catatan itu?

1. Potensi besar Dortmund lolos ke fase gugur

3 Catatan Unik dari Kemenangan Dortmund Atas NewcastleKapten Borussia Dortmund, Marco Reus (Twitter.com/BlackYellow)

Berkat kemenangan dari Newcastle ini, Dortmund sukses mengoleksi tujuh poin dari empat laga di fase grup Liga Champions 2023/24. Tujuh poin ini bisa jadi pertanda, Dortmund akan lolos ke fase gugur.

Opta mencatat, saat Dortmund menorehkan tujuh poin di fase grup, mereka berpeluang lolos ke fase gugur. Itu sudah terjadi dalam 10 kali keikutsertaan mereka di Liga Champions. Dortmund memang akrab dengan fase gugur.

Baca Juga: Serba-serbi Jelang Newcastle United vs Dortmund di UCL 2023/2024

2. Konsistensi dalam menyindir hal berbau uang

3 Catatan Unik dari Kemenangan Dortmund Atas Newcastlebeinsports.com

Di laga ini, fans Dortmund melakukan aksi yang unik. Saat laga memasuki masa jeda, mereka melamparkan beberapa keping emas palus dan sekantung uang ke arah lapangan. Selain itu, ada juga banner bertuliskan "Anda tidak peduli pada olahraga. Anda hanya peduli uang".

Awalnya, banyak mengira bahwa Dortmund menyindir Newcastle yang kini dimiliki taipan Arab Saudi. Ternyata, mereka justru memprotes UEFA, yang berencana mengubah format Liga Champions per musim depan.

UEFA berencana mengubah format Liga Champions yang awalnya berbentuk fase grup dan fase gugur, menjadi format liga. Fans Dortmund mengkritik keras hal ini, karena akan berpengaruh pada kondisi pemain dan kualitas liga domestik.

3. Dortmund clean sheet beruntun di Liga Champions

3 Catatan Unik dari Kemenangan Dortmund Atas Newcastleinstagram : @bvb09

Kemenangan atas Newcastle ini menghadirkan catatan apik juga bagi Doirtmund. Opta mencatat, mereka sukses mencatatkan clean sheet dalam empat laga kandang terakhir di Liga Champions.

Bagi Dortmund, ini adalah kali pertama mereka menorehkan catatan clean sheet yang begitu apik sepanjang sejarah Liga Champions. Namun, selepas Newcastle, ada lawan berat lain yang sudah menanti mereka, yaitu Paris Saint-Germain (PSG).

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Borussia Dortmund pada 2023/2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya