3 Fakta Kemenangan Timnas Indonesia Atas Brunei

Indonesia lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia memastikan langkah ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kepastian itu didapat setelah dalam leg kedua babak pertama kualifikasi lawan Brunei Darussalam, Pasukan Garuda menang besar.

Usai menang 6-0 dalam leg pertama, pada pertemuan kedua yang dihelat di Hassanal Bolkiah National Stadium, Selasa (17/10/2023) malam WIB, Indonesia menang lagi dengan skor serupa. Kemenangan ini membuat Indonesia menang dengan total agregat 12-0.

Nah, dari kemenangan di leg kedua ini, ada beberapa fakta menarik yang layak untuk disimak dari Indonesia. Berikut fakta-faktanya.

1. Timnas Indonesia dominan atas Brunei

3 Fakta Kemenangan Timnas Indonesia Atas BruneiTimnas Indonesia lawan Brunei Darussalam di GBK. (dok. PSSI)

Dua kemenangan di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026, menambah catatan apik Timnas Indonesia kala bersua Brunei Darussalam. Dari 12 pertemuan, Indonesia menang dua kali, imbang dua kali, dan hanya kalah dua kali lawan Brunei.

Sedangkan bagi Brunei, kekalahan lawan Indonesia memperpanjang catatan buruk mereka dalam lima laga terakhir. Selama itu, mereka tidak pernah menang, bahkan meraih hasil imbang.

Baca Juga: Shin Tae Yong Sanjung Sikap Hormat Timnas Indonesia

2. Hokky Caraka cetak gol perdana untuk Timnas senior

3 Fakta Kemenangan Timnas Indonesia Atas BruneiTimnas Indonesia lawan Brunei Darussalam. (Dok. PSSI)

Kemenangan atas Brunei di leg 2 menjadi momen spesial bagi Hokky Caraka. Pemain milik PSS Sleman itu sukses mencetak dua dari enam gol kemenangan Timnas Indonesia di laga ini dan didapuk jadi pemain terbaik.

Buah dari catatan ini, Hokky pun menjadi pemain termuda, setelah Marselino Ferdinan dan Boaz Solossa, yang sukses mencetak gol bagi Timnas Indonesia.

3. Lolos lagi ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia

3 Fakta Kemenangan Timnas Indonesia Atas BruneiTimnas Indonesia lawan Brunei Darussalam. (Dok. PSSI)

Kemenangan atas Brunei memastikan Indonesia lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia. Ini jadi kali kedua, setelah tidak ikut pada 2018 lalu, Timnas Indonesia lolos ke babak kedua.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia langsung memulai perjalanan di babak kedua. Sayang, kala itu mereka kalah saing dari para tetangga di Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Sekarang, di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia kembali satu grup dengan dua tim Asia Tenggara. Mereka adalah Vietnam dan Filipina. Mampukah skuad Garuda bersaing? Mari kita nantikan.

Baca Juga: Timnas Indonesia Sambut Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya