3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Aston Villa Lawan Arsenal

Aston Villa masih ciamik di liga

Jakarta, IDN Times - Kejutan masih diberikan Aston Villa di Premier League 2023/24. Setelah menang atas Manchester City tengah pekan lalu, akhir pekan ini giliran Arsenal yang menjadi korban mereka.

Bersua di Villa Park pada Minggu (10/12/2023) malam WIB, Aston Villa menang 1-0 lawan Arsenal via gol tunggal John McGinn. Dari kemenangan ini, ada beberapa catatan yang layak untuk disimak. Apa saja catatan itu?

1. Sejarah baru bagi Aston Villa

3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Aston Villa Lawan Arsenalinstagram.com/avfcofficial

Selama 149 tahun sejarah klub, Aston Villa tak pernah menang 15 kali secara beruntun di kandang dalam ajang liga. Musim ini, catatan buruk itu terpecahkan. Sejarah baru tercipta di Villa Park, markas mereka.

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub, Villa berhasil mencatatkan 15 kemenangan beruntun di kandang liga. Rinciannya, mereka sukses mencetak 39 gol dan hanya kebobolan tujuh gol saja. Mereka mencatatkan sejarah baru.

Baca Juga: Unai Emery Jenius, Aston Villa Jadi Penghancur The Big Six

2. Bukan bersama Arsenal, tapi bersama Aston Villa

3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Aston Villa Lawan ArsenalPotret Unai Emery saat Aston Villa menghadapi Arsenal, Sabtu (9/12/2023). (AVFC.com).

Aston Villa bukanlah klub pertama yang Unai Emery tangani di Premier League. Sebelumnya, sosok asal Spanyol itu sempat menangani Arsenal. Akan tetapi, masa-masa indah Emery ternyata justru hadir bersama Villa.

Berkat kemenangan atas Arsenal ini, Emery sukses mencatatkan 26 kemenangan dari 41 laga Premier League bersama Villa. Torehan ini lebih banyak dibandingkan saat dia menangani Arsenal, yakni 25 kemenangan dalam jumlah laga yang sama.

3. Potensi Villa menjuarai liga?

3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Aston Villa Lawan ArsenalJacob Ramsey saat mencetak gol ke gawang Manchester United, Minggu (6/11/2022). (premierleague.com).

Saat ini, Aston Villa sudah mengantongi 35 poin dari 16 laga di Premier League. Ini adalah kali kelima mereka mengantongi torehan serupa, setelah musim 1898/99, 1899/00, 1910/11, dan 1980/81. Potensi juara pun menyeruak.

Pasalnya, dalam tiga dari empat kesempatan sebelumnya, Aston Villa acap jadi juara liga usai mengumpulkan 35 poin dari 16 laga. Akankah kemenangan dari Arsenal ini jadi jalan mereka menciptakan kejutan?

Baca Juga: Aston Villa vs Arsenal 10 Desember 2023: The Gunners Kalah 1-0

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya