3 Fakta Menarik Keberhasilan Liverpool Juara Piala Liga

Liverpool ciamik di Carabao Cup musim ini

Jakarta, IDN Times - Liverpool sukses meraih gelar Piala Liga musim 2023/24. Dalam laga final yang dihelat di Wembley, Minggu (25/2/2024) malam WIB, mereka menang tipis 1-0.

Virgil van Dijk jadi pahlawan kemenangan Liverpool di laga ini lewat gol tunggalnya. Dari kemenangan ini juga, ada beberapa fakta menarik yang layak disimak. 

1. Van Dijk luar biasa

3 Fakta Menarik Keberhasilan Liverpool Juara Piala LigaVirgil van Dijk (instagram.com/virgilvandijk)

Van Dijk menjadi sosok yang menonjol di final Piala Liga melawan Chelsea. Tidak cuma mencetak gol penentu kemenangan, bek Belanda itu juga tampil kokoh dalam menggalang lini pertahanan Liverpool.

Tak heran, Van Dijk dianugerahi gelar Man of the Match di laga ini. Squawka mencatat, dia jadi pemain ketiga yang menorehkan dua gelar Man of the Match di final Piala Liga, setelah John Terry dan Vincent Kompany.

Tidak cuma itu, ini juga jadi kali ketiga Van Dijk dianugerahi Man of the Match di laga final. Sebelumnya, dia pernah meraihnya pada final Liga Champions 2019, serta Piala Liga 2022.

Baca Juga: Dramatis, Liverpool Juara Piala Liga Lewat Tandukan Van Dijk

2. Pengaruh Asia dari Wataru Endo

3 Fakta Menarik Keberhasilan Liverpool Juara Piala LigaWataru Endo (liverpoolfc.com)

Sudah ada beberapa pemain Asia yang merasakan atmosfer final Piala Liga, dan sekarang Wataru Endo jadi salah satunya. Hebatnya lagi, Endo berhasil membawa Liverpool menjadi juara.

Squawka mencatat, Endo berhasil menyamai catatan Park Ji Sung dan Ki Sung Yueng, sebagai pemain Asia yang tampil di final Piala Liga dan sukses menjadi juara. Dia kembali menancapkan pengaruh Asia di ajang itu.

3. Liverpool si jagoan Piala Liga

3 Fakta Menarik Keberhasilan Liverpool Juara Piala LigaPara pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Luis Diaz saat melawan Fulham di semifinal Piala Liga Inggris 2023/2024. (liverpoolfc.com)

Liverpool terbilang luar biasa di Piala Liga. Mereka terbilang rutin memenangi ajang ini, dan tradisi tersebut berlanjut di musim 2023/24 usai mengalahkan Chelsea.

Squawka mencatat, ini jadi trofi Piala Liga ke-10 yang sukses ditorehkan Liverpool. Mereka jadi tim pertama sepanjang sejarah yang mampu mencatatkan 10 trofi di turnamen ini.

Baca Juga: Liverpool Juara Piala Liga Gegara Kecipratan Tuah Kelleher

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya