3 Fakta Unik dari Kemenangan Dramatis Arsenal Atas Porto

Arsenal menang atas Porto via adu penalti

Jakarta, IDN Times - Arsenal meraih hasil apik dalam leg kedua 16 besar Liga Champions 2023/24. Bersua Porto di Emirates Stadium, Rabu (13/3/2024) dini hari WIB, skuad 'Meriam London' menang adu penalti dengan skor 4-2.

Laga berlanjut ke adu penalti usai kedua tim menorehkan agregat 1-1. Berkat kemenangan ini, Arsenal sukses melaju ke babak perempat final. Tidak cuma itu, ada beberapa fakta unik yang layak disimak dari kemenangan Arsenal ini.

1. Arsenal menang lagi adu penalti di Liga Champions

3 Fakta Unik dari Kemenangan Dramatis Arsenal Atas PortoArsenal meraih kemenangan 2-1 atas Brentford pada pekan ke-28 English Premier League 2023/2024. (twitter.com/Arsenal)

Arsenal sejatinya jarang melakoni babak adu penalti di Liga Champions. Squawka mencatat, hanya dua kali klub asal London itu menjalani babak adu penalti di turnamen ini, yakni pada musim 2008/09 dan musim ini.

Namun, Arsenal layak berbangga. Dalam dua adu penalti itu, mereka selalu menang. Pada musim 2008/09, mereka menang 7-6 atas AS Roma. Kini, tren apik mereka itu berlanjut dengan kemenangan 4-2 atas Porto.

Baca Juga: Porto yang Kembali Jadi Pijakan Arsenal di Liga Champions

2. Magis Leandro Trossard di Liga Champions

3 Fakta Unik dari Kemenangan Dramatis Arsenal Atas PortoLeandro Trossard (premierleague.com)

Terlepas dari kemenangan adu penalti Arsenal di ajang ini, ada peran dari seorang Leandro Trossard. Gol yang dia cetak di laga ini membawa Arsenal menyamakan agregat.

Opta mencatat, Trossard jadi pemain ketiga, setelah Alexis Sanchez dan Bukayo Saka, yang mampu mencetak gol dari tiga laga kandang Liga Champions yang dia jalani bersama Arsenal. Magisnya mulai terlihat bersama 'Meriam London'.

3. Arsenal kembali ke perempat final Liga Champions

3 Fakta Unik dari Kemenangan Dramatis Arsenal Atas PortoWilliam Saliba (instagram.com/w.saliba4)

Dalam hampir 23 tahun terakhir, babak perempat final Liga Champions jadi sesuatu yang jauh bagi Arsenal. Bayangkan saja, terakhir kali mereka lolos ke babak ini terjadi pada musim 2009/10 silam. Setelah itu, mereka selalu terhenti di babak 16 besar.

Kini, Arsenal kembali merasakan perempat final Liga Champions di musim 2023/24. Uniknya, sama seperti musim 2009/10, mereka mengalahkan lawan yang sama di babak 16 besar, yaitu FC Porto.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya