3 Klub Liga 1 Rutin Bayar Denda ke PSSI di Musim 2023/24

Siapa saja klub Liga 1 itu?

Jakarta, IDN Times - Liga 1 2023/24 sudah berlangsung lima pekan. Selama itu, sudah ada beberapa klub yang terkena sanksi dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

Setiap pekan, Komdis PSSI rutin melakukan sidang, untuk menentukan sanksi dan denda bagi klub-klub yang melakukan pelanggaran. Ada beberapa aspek yang menjadi dasar penilaian federasi.

Aspek-aspek itu berupa kedisiplinan pemain di atas lapangan, perilaku suporter, hingga apakah klub menaati regulasi atau tidak. Nah, dari lima pekan ini, ada tiga klub yang paling banyak membayar denda. Siapa mereka?

1. Arema FC

3 Klub Liga 1 Rutin Bayar Denda ke PSSI di Musim 2023/24pemusatan latihan Arema FC digelar di Yogyakarta selama 6 hari, mulai tanggal 20 Juni 2023 hingga 26 Juni 2023. (aremafc.com)

Arema FC menjadi klub ketiga yang paling banyak membayar denda ke PSSI hingga pekan kelima Liga 1 2023/24. Total, klub berjuluk Singo Edan itu sudah membayarkan denda sebanyak Rp75 juta ke federasi.

Denda ini didapat Arema di pekan pertama dan ketiga. Di pekan pertama, para pemain Arema terkena denda Rp50 juta karena terlambat masuk lapangan. Sedangkan, pada pekan ketiga, mereka kena denda Rp25 juta lantaran kehadiran Aremania di laga tandang.

Baca Juga: Gegara Suporter Hadir di Laga Tandang, PSIS Semarang Disemprit Komdis PSSI 

2. PSM Makassar

3 Klub Liga 1 Rutin Bayar Denda ke PSSI di Musim 2023/24PSM Makassar di Liga 1 2022/23. (ligaindonesiabaru.com)

PSM Makassar menjadi klub kedua yang paling banyak membayar denda ke PSSI, hingga pekan lima Liga 1 2023/24. Total, mereka sudah membayarkan Rp105 juta ke PSSI. Hukuman bagi skuad Juku Eja paling banyak hadir di pekan kedua.

Di pekan kedua itu, PSM kena hukuman mencapai Rp55 juta, karena kericuhan penonton, kegagalan panpel mengantisipasi, dan ada pemain yang mendapatkan kartu merah langsung karena menginjak tubuh lawan.

Selain itu, PSM juga terkena hukuman di pekan pertama, karena ada lima pemainnya terkena kartu kuning. Total, PSM harus membayar Rp50 juta akibat hal ini.

3. Dewa United

3 Klub Liga 1 Rutin Bayar Denda ke PSSI di Musim 2023/24Selebrasi Egy Maulana Vikri dengan para pemain Dewa United, saat membobol gawang Madura United, Kamis (2/2/2023). (Dok. Dewa United).

Dewa United jadi klub yang paling banyak membayar denda ke PSSI sejauh ini. Total, klub berjuluk Tangsel Warriors itu membayar denda sebanyak Rp120 juta. Ada banyak kesalahan yang mereka lakukan hingga pekan tiga.

Di pekan pertama, Dewa United membayar Rp100 juta lantaran ada pemain yang tidak terdaftar di Daftar Susunan Pemain (DSP), tapi berada di area ofisial, serta terlambat masuk lapangan. Pada pekan kedua, mereka membayar Rp10 juta lantaran ada pemainnya yang menendang lawan.

Lanjut pada pekan ketiga, ada pemain Dewa United yang melakukan tekel keras kepada lawan dan luput dari perhatian wasit. Mereka pun harus membayar Rp10 juta karena hal ini.

Selain ketiga klub ini, ada juga empat klub yang belum terkena denda dari PSSI hingga pekan lima Liga 1 2023/24. Mereka adalah Persib Bandung, Persis Solo, Bhayangkara FC, dan Persikabo 1973.

Baca Juga: Merasa Dikerjai Soal Hukuman, Dewa United Surati Komdis PSSI

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya