Comscore Tracker

3 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF?

Proses naturalisasi bisa berlangsung

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap tiga pemain naturalisasi, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shane Pattynama bisa ikut ajang Piala AFF 2022. Saat ini, proses naturalisasi ketiganya masih berlangsung.

Untuk Sandy dan Jordi, proses naturalisasinya sudah disetujui DPR. Sedangkan untuk Shayne, masih tertahan di Setneg. Harapan pun muncul agar proses naturalisasi mereka tuntas September 2022 nanti.

1. PSSI coba jajaki kemungkinan tiga pemain naturalisasi main di AFF

3 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF?Jordi Amat dan Sandy Walsh. (pssi.org)

Iriawan mengaku, PSSI akan mengusahakan tiga pemain naturalisasi ini bisa mentas di Piala AFF 2022 nanti. Kendati Piala AFF tidak masuk agenda FIFA, mereka akan coba berkomunikasi dengan klub-klub tempat ketiga pemain itu bernaung.

"Saya akan jajaki jauh-jauh hari ke pemain. Apabila ada agenda Timnas, mereka diharapkan bisa ikut. Kami memang kesulitan di sana. Piala AFF bukan agenda FIFA, tapi kami harus komunikasi dengan klub," ujar Iriawan saat ditemui di Senayan, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga: Sandy Walsh dan Jordi Amat Berpotensi Bela Timnas Akhir September

2. Hadirnya pemain naturalisasi bisa memperkuat tim

3 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF?potret Sandy Walsh (instagram.com/sandywalsh)

Iwan Bule (sapaannya) menyatakan kehadiran para pemain naturalisasi di Timnas, nantinya bisa meningkatkan kualitas tim, terutama di lini pertahanan. Alhasil, PSSI akan mengusahakan mereka bisa bermain di Piala AFF 2022 nanti.

"Buktinya, waktu Saddil Ramdani (saat SEA Games 2021) bisa. Doakan mereka bisa memperkuat tim. Mereka bisa memperkuat barisan belakang. Tingginya pas untuk blok bola atas," ujar Iriawan.

3. Timnas Indonesia jumpa Thailand lagi di Piala AFF 2022

3 Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF?Timnas Indonesia bersua Kuwait. (Dok. PSSI)

Undian Grup Piala AFF 2022 sudah dihelat pada Selasa (30/8/2022). Indonesia tergabung di Grup A, bersama Thailand, Filipina, Kamboja, serta pemenang antara Brunei Darussalam dan Timor Leste

Piala AFF direncanakan dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023. Pada edisi Piala 2020 sebelumnya, Indonesia finis sebagai runner-up. Berikut adalah daftar kontestan lengkap Piala AFF 2022.

Grup A
Thailand
Filipina
Indonesia
Kamboja
Brunei/Timor Leste

Grup B
Vietnam
Malaysia
Singapura
Myanmar
Laos

Baca Juga: Timnas U-19 Lakoni 3 Uji Coba Jelang Kualifikasi Piala Asia

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya