Sandy Walsh dan Jordi Amat Berpotensi Bela Timnas Akhir September

Naturalisasinya diprediksi rampung sebelum FIFA Matchday

Jakarta, IDN Times - Proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah mulai mendekati akhir. Permohonan keduanya untuk menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) telah disetujui oleh DPR lewat rapat bersama Komisi III di Gedung Nusantara II, Senin (29/8/2022).

Kini, Jordi dan Sandy hanya tinggal menunggu jadwal untuk pengambilan sumpah. Dengan begitu, ada harapan Jordi dan Sandy bisa dipakai jasanya oleh Timnas Indonesia dalam jeda internasional akhir September 2022 nanti.

1. Jordi dan Sandy bisa jadi WNI sebelum FIFA Matchday

Sandy Walsh dan Jordi Amat Berpotensi Bela Timnas Akhir SeptemberSandy Walsh dan Jordi Amat di rapat kerja Komisi III, Senin (29/8/2022). (IDN Times/Tino).

Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) RI, Edward Omar Sharief Hiariej,  menyatakan proses lanjutan untuk naturalisasi Jordi dan Sandy setidaknya memakan waktu dua pekan. Jika berjalan lancar, setidaknya Jordi dan Sandy sudah menjadi WNI pada 12 September 2022 mendatang.

Kalau itu terjadi, maka Jordi dan Sandy bisa saja tampil membela Timnas saat menghadapi Curacao pada 24 dan 27 September 2022 nanti.

"Meski sudah disetujui DPR, masih ada proses administrasi. Ini memakan waktu sekitar dua pekan. Jadi, kami harap pada 24 September nanti, dua pemain itu bisa berlaga atas membela Indonesia," kata Edward Omar.

Baca Juga: Tok! Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat Disetujui DPR

2. Janji gerak cepat

Sandy Walsh dan Jordi Amat Berpotensi Bela Timnas Akhir SeptemberWamenkumham, Edward Omar Sharief Hiariej, dan Menpora RI, Zainudin Amali. (IDN Times/Tino).

Edward Omar berjanji jajarannya bergerak cepat untuk merealisasikan hal tersebut. Setelah ini, dia akan langsung mengurus administrasi Sandy dan Jordi ke Sekretariat Negara.

"Saya janji, selesai ini akan langsung meneruskannya ke Sesneg," ujar Edward Omar.

3. Shayne Pattynama menyusul

Sandy Walsh dan Jordi Amat Berpotensi Bela Timnas Akhir SeptemberShayne Pattynama (instagram.com/s.pattynama)

Sebetulnya, ada satu pemain lagi yang sedang diurus untuk dinaturalisasi. Dia adalah Shayne Pattynama.

Hanya saja, berkas Pattynama telat masuk. Dalam rapat tadi, proses naturalisasi pemain berusia 24 tahun itu kemungkinan baru akan dibahas di DPR pada September 2022 mendatang.

Baca Juga: Momen Jordi Amat dan Sandy Walsh Baca Pancasila di Sidang DPR

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya