3 Sejarah Dicetak Timnas U-23 Usai Bungkam Australia

Timnas U-23 bertabur catatan sejarah

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan dalam laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024. Bertemu Australia di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (18/4/2024) malam, Timnas U-23 menang tipis 1-0.

Komang Teguh Trisnanda jadi pahlawan kemenangan Timnas U-23 di laga ini lewat gol tunggalnya. Kemenangan ini pun membawa Garuda Muda menorehkan tiga sejarah penting. Apa saja?

1. Kemenangan perdana di Piala Asia U-23

3 Sejarah Dicetak Timnas U-23 Usai Bungkam AustraliaTimnas U-23 lawan Australia di Piala Asia U-23. (Dok. PSSI)

Untuk pertama kalinya, Timnas U-23 mengikuti Piala Asia U-23 pada 2024. Sempat kalah lawan Qatar di laga perdana, mereka berhasil membukukan kemenangan di laga kedua lawan Australia.

Bagi Indonesia, kemenangan ini jadi sejarah tersendiri. Untuk pertama kalinya di Piala Asia U-23, mereka mampu menorehkan kemenangan. Tidak tanggung-tanggung, kemenangan ini didapat atas Australia.

Baca Juga: Ivar Jenner Bisa Bela Timnas U-23 Lawan Yordania

2. Komang Teguh catatkan sejarah

3 Sejarah Dicetak Timnas U-23 Usai Bungkam AustraliaTimnas U-23 lawan Australia di Piala Asia U-23. (Dok. PSSI)

Di laga lawan Australi, Komang Teguh hampir jadi pesakitan. Pelanggaran yang dia buat di babak pertama sempat memberikan Australia hadiah penalti. Akan tetapi, Ernando Ari mampu mementahkan penalti itu.

Alih-alih merana, Komang Teguh bangkit. Pada menit 44, dia membawa Indonesia unggul atas Australia lewat golnya, sekaligus jadi penentu kemenangan skuad Garuda Muda. Dia pun jadi pencetak gol pertama bagi Indonesia di Piala Asia U-23.

3. Clean sheet pertama Timnas U-23

3 Sejarah Dicetak Timnas U-23 Usai Bungkam AustraliaTimnas U-23 lawan Australia di Piala Asia U-23. (Dok. PSSI)

Penampilan Ernando Ari patut diacungi jempol. Selain menyelamatkan penalti, dia melakukan beberapa penyelamatan penting. Penggawa Persebaya itu juga mampu berkoordinasi baik dengan para pemain bertahan.

Hasilnya, Timnas U-23 menorehkan clean sheet di laga lawan Australia. Clean sheet ini jadi torehan perdana Indonesia di Piala Asia U-23, setelah kebobolan dua gol di laga perdana lawan Qatar.

Baca Juga: Timnas U-23 Ukir Sejarah, Menang Perdana di Piala Asia U-23

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya