5 Pemain Timnas Demam Jelang ke Vietnam, PSSI: Faktor Cuaca

Cuaca labil Indonesia pengaruhi pemain Timnas

Jakarta, IDN Times - Demam melanda para pemain Timnas Indonesia. Tercatat, ada lima pemain yang terkena demam jelang laga kedua lawan Vietnam di Hanoi, 26 Maret 2024 mendatang.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut kelima pemain yang terkena demam itu adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, Sandy Walsh, Nadeo Argawinata, dan Muhammad Riyandi. Bahkan, disebut juga Yakob Sayuri mendapat masalah serupa.

"Saya dapat laporkan, lima pemain Timnas terkena demam. Salah satunya kemarin (lawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)), juga kenapa Yakob ada pergantina, karena memang dia seperti ada demam juga," ujar Erick di Stadion Madya, Jumat, 22 Maret 2024.

1. Faktor cuaca yang tidak menentu di Indonesia

5 Pemain Timnas Demam Jelang ke Vietnam, PSSI: Faktor CuacaKetum PSSI, Erick Thohir di Stadion Madya, Jumat (22/3/2024). (IDN Times/Tino).

Erick berujar, salah satu faktor penyebab kenapa para pemain menderita demam adalah cuaca yang tidak menentu. Memang, dalam beberapa hari ini, cuaca di Indonesia sedang ada dalam masa pancaroba dari hujan ke kemarau.

"Para pemain kita menderita demam ya, mungkin salah satunya adalah karena kondisi cuaca dan udara yang mudah berubah-ubah," kata Erick.

Baca Juga: Ernando Susul Timnas Indonesia ke Vietnam, Nadeo Dicoret!

2. Menyulitkan pemain baru untuk adaptasi

5 Pemain Timnas Demam Jelang ke Vietnam, PSSI: Faktor CuacaPotret Jay Idzes debut bareng Timnas Indonesia saat kalahkan Vietnam di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Erick juga mengungkapkan, cuaca yang kerap berubah ini tidak hanya menyebabkan demam, tetapi juga membuat para pemain anyar macam Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sulit beradaptasi. Alhasil, Nathan tidak main maksimal di SUBGK.

"Kita lihat juga akibat dari cuaca yang berubah-ubah ini, beberapa pemain kita yang bermain di luar negeri adaptasinya cukup tidak mudah kemarin kita bisa lihat Nathan belum maksimal ya, bermain bagus tapi belum maksimal," kata Erick.

3. Penyesuaian sudah dilakukan PSSI

5 Pemain Timnas Demam Jelang ke Vietnam, PSSI: Faktor CuacaErnando Ari Sutaryadi (instagram.com/nandoariiiss)

Untuk mengantisipasi masalah demam ini, penyesuaian dilakukan PSSI. Sebagai pengganti Nadeo dan Riyandi yang demam, mereka memanggil Ernando Ari Sutaryadi dari Persebaya Surabaya untuk bergabung di laga kedua nanti.

Timnas Indonesia dan Vietnam akan bersua lagi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa, 26 Maret 2024. Laga ini akan dihelat di My Dinh National Stadium, Hanoi.

Baca Juga: Pesan Erick ke Timnas Indonesia: Di Vietnam, Berani Main Keras

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya