Comscore Tracker

6 Pemain Lokal Liga 1 Ini Siap Merumput di Luar Negeri, Siapa Saja? 

Mereka punya kemampuan buat bersaing di luar negeri

Jakarta, IDN Times - Tak jelasnya kompetisi Liga 1 membuat sejumlah pemain mulai berpikir untuk merumput di negeri tetangga. Apalagi beberapa pemain lumayan berikibar di luar negeri.

Mereka antara lain Rudolf Yanto Basna, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman. Basna bermain di Liga Thailand sejak 2018. Ia pernah membela Khon Kaen jadi klub sebelum pindah ke PT Prachuap. 

Selama main di Thailand, Basna mampu memperlihatkan konsistensi permainan. Dampaknya, level permainan Basna meningkat. Saat membela Timnas Indonesia, ia tampil lebih disiplin dan pandai dalam membaca permainan.

Egy dan Witan juga tidak mau kalah. Mereka bermain di Eropa. Egy bermain bersama Lechia Gdansk di Polandia sedangkan Witan membela FK Radnik Surdulica di Serbia. Keduanya juga menunjukkan peningkatan level permainan usai main di sana.

Baru-baru ini Todd Rivaldo Ferre juga memutuskan bermain di luar negeri. Ia menerima pinangan dari klub asal Thailand yang berkompetisi di Thai League 2, Lampang FC. Kisah sukses mereka mengilhami sejumlah pemain untuk merumput di luar negeri.

Siapa saja mereka?

1. Hansamu Yama Pranata

6 Pemain Lokal Liga 1 Ini Siap Merumput di Luar Negeri, Siapa Saja? Instagram.com/hannsamuyama

Nama Hansamu tentu sudah tidak asing di telinga pecinta sepak bola Indonesia. Penggawa Persebaya Surabaya ini merupakan salah satu langganan Timnas Indonesia, mulai dari U-19, U-23, bahkan sekarang di level senior.

Menurut Soccerway, Hansamu sudah menorehkan 26 kali penampilan bersama Timnas, mulai dari U-19 hingga level senior. Tidak cuma itu, penampilan Hansamu bersama Persebaya juga terbilang konsisten. Ia mampu mengantarkan Persebaya menjadi "runner-up" di ajang Liga 1 2019.

Dengan segala atribut yang Hansamu miliki ini, tak heran banyak klub luar negeri yang meminatinya. Media Malaysia, Berita Harian, melaporkan ada klub Malaysia yang meminati Hansamu, yaitu Pahang FA, Trengganu FC, Perak FA, Petaling Jaya City, dan Sabah FA.

Perlu dicatat, kontrak Hansamu bersama Persebaya akan habis pada akhir 2020 ini. Jadi, klub manapun yang berminat pada Hansamu, bisa mendatangkannya secara gratis.

Baca Juga: Piala AFC Terancam Ditunda, Timnas U-16 dan Timnas U-19 Tanpa Agenda

2. Rezaldi Hehanussa

6 Pemain Lokal Liga 1 Ini Siap Merumput di Luar Negeri, Siapa Saja? instagram.com/rezaldihehanussa

Rezaldi Hehanussa sudah lama bermimpi main di luar negeri. Per tahun depan, tekadnya untuk meninggalkan Persija sudah bulat. Ada dua negara yang jadi tujuan dari Rezaldi, yakni Thailand atau Korea Selatan.

Namun, secara pribadi, Rezaldi mengungkapkan bahwa ia lebih memilih untuk main di liga level kedua Korea Selatan. Kualitas permainan serta banyaknya pengalaman yang akan ia dapat jadi faktor-faktor kenapa ia ingin bermain di Korea.

"Betul, saya ingin main di luar negeri. Ya, Insyaallah tahun depan. Ke Thailand? Lihat saja nanti," ujar Rezaldi, dikutip dari wawancaranya dengan Jebreeetmedia TV di YouTube.

"Saya lebih memilih untuk main di kompetisi level kedua Korea Selatan. Sebab, pasti kualitas para pemainnya di atas Indonesia walaupun statusnya level kedua. Saya juga akan mendapatkan tambahan pengalaman di sana," tambahnya.

Kontrak Rezaldi sendiri bersama Persija Jakarta akan usai pada 2022 mendatang. Namun, jika kelak manajemen Persija mengizinkan, ia bisa ke luar negeri lebih cepat.

3. Evan Dimas

6 Pemain Lokal Liga 1 Ini Siap Merumput di Luar Negeri, Siapa Saja? Evan Dimas (pssi.org)

Evan Dimas juga disebut-sebut sebagai salah satu pemain lokal Liga 1 yang akan pindah ke luar negeri. Namun, bagi sosok yang kini membela Persija itu, main di luar negeri bukanlah hal yang baru.

Sebelumnya, pada 2018, Evan pernah main di Malaysia bersama Selangor. Tampil sebanyak 20 kali, Evan berhasil mempersembahkan 2 gol serta mengantarkan Selangor menjadi runner-up Piala FA Malaysia.

Kini, Evan kabarnya siap untuk main di luar negeri lagi. Bak gayung bersambut, beberapa tim di Malaysia juga kabarnya meminati jasa Evan. Klubnya sama dengan Hansamu, yakni Pahang, Trengganu, Perak, Petaling Jaya, dan Sabah.

4. Febri Haryadi

6 Pemain Lokal Liga 1 Ini Siap Merumput di Luar Negeri, Siapa Saja? Pemain Timnas Indonesia, Febri Haryadi. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Nama Febri Haryadi, sejak kemunculannya di Piala Jendral Sudirman 2015, melesat bak roket. Sempat tampil rutin bersama Persib Bandung di ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016, Febri kini menjadi winger andalan Persib.

Tidak cuma itu, penampilan apik bersama Persib juga membawa Febri menuju Timnas. Ia mencuat lewat penampilan impresifnya selama SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. Total, sejauh ini Febri mencatatkan 19 penampilan untuk Timnas, mulai dari U-23 hingga senior.

Kemampuan Febri ini nyatanya membuat banyak klub luar negeri kepincut mendatangkannya. Salah satu yang pernah diisukan akan merekrut Febri adalah Muangthong United. Namun, Febri menyebut bahwa itu hanya sebatas isu belaka.

"Memang, kabar itu sempat ramai di media. Cuma tidak sampai ke saya. Tidak tahu kalau (sampai) ke manajamen. Cuma ya, itu hanya sebatas isu saja," uajr Febri, dikutip dari wawancaranya di Maxstream TV.

"Untuk keinginan bermain di luar negeri, sih, saya ingin setinggi-tingginya dan tidak tanggung-tanggung. Maksudnya, keinginan itu tentu bermain di Eropa. Jika ada peluang untuk ke sana, kenapa tidak," lanjutnya.

5. Riko Simanjuntak

6 Pemain Lokal Liga 1 Ini Siap Merumput di Luar Negeri, Siapa Saja? instagram/riko.simanjuntak

Lincah, kecil, dan punya liukan mematikan. Itulah mungkin yang terbayang dalam benak orang-orang saat menyaksikan permainan Riko Simanjuntak. Semenjak pindah ke Persija pada 2018, kemampuannya ini makin terasah. Duetnya bersama Marko Simic begitu mematikan.

Alhasil, berkat penampilan apiknya bersama Persija, plus torehan satu gelar Liga 1 pada 2018, Riko mendapatkan kesempatan untuk membela Timnas Indonesia. Tercatat, Riko menorehkan 9 kali penampilan bersama Timnas, mulai dari 2018 silam.

Talenta Riko ini rupanya sudah tercium hingga ke luar negeri. Kabarnya, Kedah berminat untuk mendatangkan sosok kelahiran Pematang Siantar itu. Sekadar informasi, Kedah merupakan klub yang juga pernah dibela Andik Vermansah.

Media Malaysia, VocketFC, menyebut bahwa Riko masuk dalam radar buruan Kedah. Musim depan, Kedah memang membutuhkan pemain asing berpengalaman, terutama yang pernah tampil di AFC Cup. Nah, Riko masuk dalam kategori itu

6. Stefano Lilipaly

6 Pemain Lokal Liga 1 Ini Siap Merumput di Luar Negeri, Siapa Saja? Instagram.com/StefanoLilipaly

Kemampuan dari Stefano Lilipaly sudah tidak diragukan lagi. Berstatus sebagai pemain naturalisasi, Lilipaly mampu memberikan dimensi permainan yang berbeda untuk Bali United. Ia juga merupakan bagian dari skuat Bali United yang meraih gelar juara pada 2019 lalu.

Lilipaly juga terbilang rutin membela Timnas Indonesia. Ia merupakan bagian dari skuat Timnas yang menjadi runner-up Piala AFF 2016. Ia juga pernah tampil di Asian Games 2018 bersama Timnas U-23, sebagai pemain senior tambahan.

Total, Lilipaly mencatatkan 27 penampilan bersama Timnas sejak 2017. Alhasil, berkat kemampuan apiknya ini, ia diminati oleh salah satu klub Malaysia, Kedah FA. Jadi, Kedah memang mengincar Riko dan Lilipaly. Sama seperti Riko, Lilipaly juga berpengalaman main di AFC Cup.

Namun, sebelum main di Bali United, Lilipaly memang sudah rutin main di luar negeri. SC Cambuur, Telstar, Consadole Sapporo, Almere City, dan Utrecht adalah beberapa klub yang pernah Lilipaly bela, sebelum akhirnya memutuskan main di Liga 1.

Baca Juga: Shin Tae-yong Mau Liga 1 dan Liga 2 Bergulir Lagi

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya