6 Tim Serie A yang Berpotensi Lolos Liga Champions 2024/25

Serie A bisa kirim banyak wakil untuk Liga Champions

Jakarta, IDN Times - Serie A tengah berjaya musim ini. Berkat klub-klub yang tampil apik di kompetisi Eropa, mereka berpeluang mengirim banyak wakil ke Liga Champions musim depan.

Tidak tanggung-tanggung, Serie A bisa mengirimkan enam wakil ke Liga Champions musim 2024/25. Nah, siapa saja enam wakil yang berpeluang lolos tersebut?

1. Inter Milan, AC Milan, dan Atalanta sudah pasti lolos

6 Tim Serie A yang Berpotensi Lolos Liga Champions 2024/25Selebrasi Tijjani Reijnders saat AC Milan gilas Cagliari, Minggu (12/5/2024). (Instagram/@acmilan).

Duo Milan, yakni Inter Milan dan AC Milan, sudah dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan. Inter sudah memastikan gelar juara, ditemani Milan yang juga dipastikan menyandang gelar runner-up.

Setelah dominasi Juventus berakhir, Inter dan Milan sukses muncul lagi ke permukaan. Milan pernah meraih Scudetto di musim 2021/22, sedangkan Inter meraih trofi yang sama di musim 2020/21 dan 2023/24 ini.

Atalanta juga dipastikan mengunci tiket Liga Champions musim depan. Keberhasilan mereka juara Liga Europa 2023/24 memastikan satu slot di Liga Champions 2024/25 menjadi milik mereka.

2. Bologna dan Juventus juga ke Liga Champions

6 Tim Serie A yang Berpotensi Lolos Liga Champions 2024/25Skuad Bologna FC (instagram.com/bolognafc1909)

Selain duo Milan, Bologna dan Juventus juga dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan. Bologna mengunci peringkat tiga, sementara Juventus mengunci peringkat empat.

Torehan poin mereka sudah tidak mungkin terkejar oleh tim-tim lain di bawah mereka. Bagi Bologna, ini jadi sejarah tersendiri. Sedangkan bagi Juventus, mereka akhirnya merasakan lagi Liga Champions setelah absen musim ini.

3. Posisi AS Roma masih mengkhawatirkan

6 Tim Serie A yang Berpotensi Lolos Liga Champions 2024/25Potret Daniele De Rossi memeluk pemainnya usai AS Roma lolos perempat final Liga Europa 2023/24. (uefa.com).

Sekarang, satu slot masih jadi tanda tanya. AS Roma punya peluang untuk lolos, tetapi mereka harus menunggu posisi akhir Atalanta. Jika Atalanta finis kelima, slot Liga Champions musim depan bisa jadi milik mereka.

Musim depan, Italia sudah punya slot lebih banyak ketimbang negara lain dalam hal pengiriman tim ke Liga Champions. Bersama Jerman, mereka berhak mengirim lima wakil, berkat performa klub-klub Italia dan Jerman di kompetisi Eropa musim ini.

Hal itu mengacu pada regulasi Liga Champions terbaru, soal penambahan peserta turnamen dari 32 menjadi 36. Nah, dua slot tambahan diberikan kepada kompetisi dengan koefisien terbaik, dan untuk musim ini, itu jatuh pada Serie A dan Bundesliga.

Berikut adalah daftar wakil Serie A yang berpotensi lolos Liga Champions musim depan

- Inter Milan (juara Serie A)
- AC Milan
- Bologna
- Juventus
- Atalanta (juara Liga Europa)
- AS Roma (harus finis keenam dan menunggu posisi akhir Atalanta)

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya