Akankah Pratama Arhan Dilepas Suwon Bela Timnas U-23?

Suwon mengizinkan, tetapi Arhan segan

Jakarta, IDN Times - Pratama Arhan sekarang sudah tidak berstatus free agent lagi. Sudah ada Suwon FC yang resmi mengontrak eks penggawa PSIS tersebut.

Hal ini membuat pemanggilannya ke negara pun harus melewati level klub, tak terkecuali ke Timnas U-23.

Sosok yang kini berusia 22 tahun itu masuk ke dalam proyeksi Timnas U-23 yang akan mentas di Piala Asia U-23 2024. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa ajang ini tidak masuk kalender FIFA. Akankah Suwon melepas Arhan?

1. Pelatih Suwon angkat bicara

Akankah Pratama Arhan Dilepas Suwon Bela Timnas U-23?Jumpa pers Pratama Arhan bersama Suwon FC. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pelatih Suwon, Kim Eun Jung, mengaku tidak keberatan jika nantinya harus melepas Arhan ke Timnas U-23. Dia tahu pentingnya seorang pemain membela timnas, karena pernah jadi pemain dan juga masuk staf kepelatihan Timnas Korea Selatan.

"Saya pernah bekerja sebagai staf kepelatihan Timnas Korea Selatan, dan memang menurut saya penting bagi Arhan main di Timnas. Jadi, saya siap membantu jika Arhan mau mentas bersama Timnas Indonesia," ujar Kim di Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Baca Juga: Pratama Arhan Curhat ke STY Sebelum Pindah ke Suwon FC

2. General Manager Suwon juga tidak keberatan

Akankah Pratama Arhan Dilepas Suwon Bela Timnas U-23?Jumpa pers Pratama Arhan bersama Suwon FC. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Senada dengan sang pelatih, General Manager Suwon Choi Sun Ho berujar, dia juga tidak keberatan melepas Arhan ke Timnas U-23. Namun, dia juga tentu akan mempertimbangkan situasi Suwon saat pemanggilan Arhan.

"Untuk itu (Arhan ke Timnas U-23), tentu saja tergantung situasi kami di April nanti. Kami akan cari solusi untuk itu. Tetapi, memang penting bagi pemain Timnas macam Arhan untuk berkontribusi pada negaranya," ujar Choi.

3. Pratama Arhan ikut kata klub

Akankah Pratama Arhan Dilepas Suwon Bela Timnas U-23?Potret Pratama Arhan saat Suwon FC melawan Bhayangkara FC, Senin (12/2/2024). (IDN Times/Tino).

Merespons soal potensi pemanggilan ke Timnas U-23 ini, Arhan menyerahkan semua ke manajemen dan tim pelatih klub. Jika memang dia bisa dilepas, dia akan membela skuad Garuda Muda. Begitu juga sebaliknya.

"Kalau saya pribadi, semua keputusan itu ada di pihak tim dan pelatih. Itu mau dilepas atau tetap saya bertahan, terserah pelatih dan tim. Saya mengikuti keputusan pelatih dan head coach," ujar Arhan.

Timnas U-23 bakal mentas di Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung pada 15 April sampai 3 Mei. Di antara nama-nama yang ada, Pratama Arhan masuk sebagai salah satu kandidat untuk memperkuat skuad Garuda Muda di ajang tersebut.

Baca Juga: Suwon FC Rekrut Pratama Arhan Bukan Buat Pansos

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya