Andre Onana Wajib Buktikan Kualitasnya Bareng Manchester United

Andre Onana jadi perhatian tersendiri

Jakarta, IDN Times - Andre Onana jadi rekrutan yang paling menarik perhatian di musim panas 2023. Dia direkrut menjadi oleh Manchester United demi menggantikan David de Gea di bawah mistar gawang dan digadang-gadang bisa menjadi jawaban atas kebutuhan manajer Erik ten Hag.

Eks kiper MU, Peter Schmeichel, buka suara soal perekrutan Onana. Bagi Schmeichel, Onana adalah rekrutan tepat bagi MU. Saat pramusim, dia bahkan berani memarahi Harry Maguire yang dinilai melakukan kesalahan hingga akhirnya Borussia Dortmund bisa menciptakan peluang.

"Tentu saja, kiper harus bisa memberi instruksi kepada bek. Menurut saya, dia sudah menunjukkan kemampuannya untuk bermain bersama MU saat pramusim. Dia punya gaya bermain yang diinginkan Ten Hag," ujar Schmeichel dalam media roundtable bersama Vidio, Sabtu (5/8/2023).

1. Spesifikasi Onana sesuai dengan Ten Hag

Andre Onana Wajib Buktikan Kualitasnya Bareng Manchester UnitedKiper Manchester United, Andre Onana (instagram @manchesterunited)

Schmeichel menyatakan Onana memang punya spesifikasi yang sesuai dengan Ten Hag. Eks kiper Inter Milan dan Ajax Amsterdam itu punya kemampuan dalam distribusi bola demi membangun serangan dari belakang, seperti skema Ten Hag.

"Musim lalu saya sering menonton aksi Onana di Liga Champoins. Caranya mendistribusikan dan mengontrol bola sangat baik. Atas alasan itulah, dia direkrut Ten Hag, dan memang disukainya," ujar Schmeichel.

Baca Juga: Andre Onana Dipermalukan Gol Jarak Jauh Lens, Sampai Terjungkal

2. Onana tidak seperti De Gea

Andre Onana Wajib Buktikan Kualitasnya Bareng Manchester UnitedKiper Manchester United, Andre Onana, kebobolan lewat sepakan dari tengah lapangan (twitter @brfootball)

Schmeichel juga menyatakan, Onana berbeda dengan De Gea. Jika Onana berani untuk keluar dari gawang dan membagi bola, De Gea lebih banyak diam di bawah mistar. Dia menyatakan, kiper-kiper MU harusnya berani menekan ke depan.

"Kiper-kiper MU itu biasanya mau ikut menekan ke depan, seperti yang saya dan Edwin van der Sar lakukan. David tidak seperti itu. David sebenarnya loyal. Namun, ketika memang tidak dipilih ya, seorang pemain tetap harus pergi," ujar Schmeichel.

3. Harapan Onana membuktikan diri di MU

Andre Onana Wajib Buktikan Kualitasnya Bareng Manchester UnitedInstagram.com/andreonana.24

Lebih lanjut, Schmeichel menyatakan sekarang semua kembali pada Onana. Tekanan yang didapatnya di MU tentu berbeda dengan di Ajax dan Inter Milan. Jika dia pemain hebat, Schmeichel yakin Onana bisa melewati tekanan itu.

"Semua mata akan tertuju padanya saat main di MU. Kalau pemain bagus, dia bisa mengatasi tekanan yang ada. Tapi, kalau dia pemain biasa saja, bisa tertelan oleh tekanan yang ada di MU," kata Schmeichel.

Sebenarnya, Onana sudah jadi sorotan ketika kebobolan dalam laga uji coba kontra RC Lens. Tembakan yang dilepaskan Florian Sotoca dari tengah lapangan, sudah mempermalukan Onana. Gol tercipta dari aksi tersebut, bahkan Onana sampai terjungkal.

Baca Juga: Polemik Omelan Andre Onana ke Maguire, Layak Gak Sih?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya