Apa Sebenarnya Tugas Bima Sakti di Timnas U-18?

Bima Sakti dapat mandat untuk membantu Shin Tae Yong

Jakarta, IDN Times - Ada satu nama yang tidak asing dalam acara pelepasan Timnas Indonesia U-18 yang akan melaksanakan pemusatan latihan (TC) ke Turki di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (15/11/2021). Dia adalah Bima Sakti Tukiman.

Bima hadir di antara nama-nama seperti Mochamad Iriawan (Ketua Umum PSSI), Maaike Ira Puspita (Wakil Sekjen PSSI), Endri Erawan (Komite Eksekutif PSSI), serta Hasani Abdulgani (Komite Eksekutif PSSI). Jadi, sebenarnya apa tugas dari Bima Sakti di Timnas U-18 ini?

1. Bima cerita awal mula menangani Timnas U-18

Apa Sebenarnya Tugas Bima Sakti di Timnas U-18?Asisten pelatih Timnas U-18, Bima Sakti. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Bima bercerita awal mula bagaimana bisa menangani Timnas U-18. Menurutnya, semua berawal dari ajakan dari Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, bulan lalu. Dari situ, Bima menerima ajakan untuk menangani skuad Timnas U-18.

"Sebulan lalu saya dihubungi oleh coach Indra Sjafri, dan asisten-asisten Shin Tae Yong, untuk membantunya karena beliau ingin fokus di turnamen AFF bulan depan. Saya juga bersyukur bisa belajar dan kebetulan Timnas U-16 sedang tidak ada agenda juga," ujar Bima, Senin (15/11/2021).

Baca Juga: 2 Pemain Timnas U-18 Belum Dapat Paspor Jelang ke Turki

2. Bagaimana pekerjaan Bima di Turki kelak?

Apa Sebenarnya Tugas Bima Sakti di Timnas U-18?ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Bima pun menjabarkan pekerjaan apa yang dilakoninya di Timnas U-18 kelak. Selain menjadi asisten pelatih, dia juga membantu Shin untuk menjalankan program latihan. Apalagi, Shin juga akan mengurus Timnas senior selama di Turki.

"Karena ada beberapa kegiatan yang berbenturan, jadi coach Shin tidak bisa hadir bersamaan. Jadi, mungkin coach Shin fokus di senior, yang U-18 saya tangani. Tetapi semua program masukan dari beliau, contohnya jadwal uji coba, ada yang berdekatan beliau lebih memilih ke senior," ujar Bima.

3. Timnas U-18 akan melakoni TC ke Turki

Apa Sebenarnya Tugas Bima Sakti di Timnas U-18?Suasana pelepasan Timnas Indonesia U-18 di Hotel Sultan, Jakarta. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Timnas U-18 akan menjalani pemusatan latihan (TC) ke Turki hingga 1 Desember 2021 mendatang. Sebanyak 36 pemain sudah dilepas pada Senin (15/11/2021) oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di Hotel Sultan, Jakarta.

Untuk sebaran pemainnya, Bima mengungkapkan mereka yang ikut ke Turki ini berasal dari beberapa kompetisi. Ada yang berasal dari Liga 1, Liga 2, Liga 3, dan Elite Pro Academy.

"Pemain-pemain Timnas U-18 yang kami bawa ini berasal dari beberapa kompetisi. Liga 1 ada 10 pemain, Liga 2 ada enam, Liga 3 ada empat , dan sisanya 16 dari Elite Pro Academy," ujar Bima.

Baca Juga: Timnas U-18 Jalani 3 Laga Uji Coba di Turki

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya