Apik di Piala Asia, Indonesia Naik ke Peringkat 142 FIFA

Timnas Indonesia naik empat peringkat

Jakarta, IDN Times - Penampilan apik Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 berbuah manis. Peringkat FIFA skuad Garuda per 15 Februari naik empat level. Kini, mereka bercokol di posisi 142.

Dilansir keterangan resmi FIFA, Timnas Indonesia mencatatkan kenaikan poin sebanyak 8,65. Total, saat ini skuad Garuda menorehkan poin 1.072,66, sama dengan catatan poin Antigua dan Barbuda.

1. Sesuai prediksi Footy Rankings

Apik di Piala Asia, Indonesia Naik ke Peringkat 142 FIFATimnas Indonesia lawan Australia di Piala Asia. (Dok. PSSI)

Torehan poin dan kenaikan peringkat Timnas Indonesia ini sesuai dengan prediksi Footy Rankings. Pada Januari lalu, mereka memprediksi Indonesia akan mendapatkan torehan poin 1.072,66 dari hasil perjalanan mereka di Piala Asia 2023.

Kemenangan atas Vietnam jadi salah satu faktor pemicu kenaikan peringkat FIFA Indonesia. Sayang, Indonesia tak bisa menambah poin lebih banyak lagi karena mereka kalah dari Irak dan Jepang di grup, serta dari Australia di babak 16 besar.

Baca Juga: Jabat Tangan Shin Tae Yong dan Erick Thohir, Sepakat soal Timnas?

2. Thailand juga naik peringkat

Apik di Piala Asia, Indonesia Naik ke Peringkat 142 FIFAThailand di Piala Asia 2023. (Dok. AFC)

Tim Asia Tenggara lain, Thailand, juga mengalami kenaikan peringkat FIFA usai lolos meyakinkan ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Mereka naik 12 peringkat ke posisi 101, dengan tambahan poin mencapai 29,97.

Sedangkan Vietnam, mereka harus rela turun 11 peringkat, buah dari hasil buruk di Piala Asia 2023. Mereka kehilangan 41 poin, dan kini bercokol di peringkat 105. Terlepas dari itu, peringkat mereka tetap lebih tinggi dari Indonesia.

3. Potensi Indonesia menaikkan peringkat lagi

Apik di Piala Asia, Indonesia Naik ke Peringkat 142 FIFASelebrasi para pemain Timnas Indonesia saat berhasil membobol gawang Vietnam dalam laga Grup D Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia masih berpotensi menaikkan peringkat mereka lagi di FIFA pada Maret mendatang. Sebab, skuad Garuda bakal melakoni dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Merunut jadwal, Timnas Indonesia akan dua kali melawan Vietnam di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga pertama dihelat di Jakarta pada 21 Maret, sedangkan laga kedua dihelat di Hanoi pada 26 Maret.

Baca Juga: Akankah Pratama Arhan Dilepas Suwon Bela Timnas U-23?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya