Arhan Diparkir Suwon FC, Potensi Seperti Ahn Jung Hwan?

Arhan masih belum debut bersama Suwon

Jakarta, IDN Times - Pratama Arhan memutuskan pindah dari Tokyo Verdy ke Suwon FC dengan sebuah harapan. Dia ingin merasakan menit bermain yang lama. Namun, dia justru berpotensi mengalami apa yang Ahn Jung Hwan rasakan di Italia.

Arhan sejatinya sudah diumumkan sebagai penggawa baru Suwon pada Januari 2024. Dia juga sudah bergabung dengan Suwon saat mereka melakoni pemusatan latihan (TC) di Jakarta, awal Februari 2024 silam.

Selama di Jakarta, Suwon sejatinya menjalani beberapa uji coba, salah satunya melawan Bhayangkara FC. Namun, Arhan tak turun dalam uji coba tersebut. Ternyata, sampai sekarang, dia memang tak pernah diturunkan.

1. Arhan absen dalam 14 laga bersama Suwon

Arhan Diparkir Suwon FC, Potensi Seperti Ahn Jung Hwan?Instagram

Sejak K League 1 2024 dimulai pada Maret, Suwon sudah memainkan 14 laga. Mereka saat ini bertengger di posisi empat klasemen sementara, dengan torehan enam kali menang, tiga kali imbang, dan empat kekalahan.

Nah, dalam 14 laga itu, Arhan sama sekali belum diturunkan Suwon. Dia terus diparkir dan belum mendapatkan kesempatan bermain. Bahkan, dalam beberapa laga, dia tidak masuk skuad Suwon.

Baca Juga: IShowSpeed Dapat Jersey Arhan dari Fans Timnas Indonesia

2. Alasan Arhan tidak dimainkan

Arhan Diparkir Suwon FC, Potensi Seperti Ahn Jung Hwan?Instagram

Pelatih Suwon, Kim Eun Jung, membeberkan alasan kenapa dia tak kunjung memainkan Arhan. Dia sempat ada niatan untuk memainkan Arhan. Namun, niat itu urung terlaksana karena sang pemain mentas di Piala Asia U-23 2024.

"Sayang sekali harus ada panggilan (Timnas U-23) di saat kondisinya sudah memungkinkan main. Dia sangat kelelahan sekali, terutama setelah play-off Olimpiade 2024 (Timnas U-23 lawan Guinea di Prancis)," ujar Kim, dilansir Chosun.

Alhasil, dengan kondisi kelelahan ini, Kim terpaksa harus memarkir Arhan sampai kondisinya membaik. Dia melihat, kondisi pemain kelahiran 2001 itu masih belum ideal untuk bisa main di K League 1.

"Arhan dalam kondisi baik sebelum Kualifikasi Olimpiade (Piala Asia U-23 2024). Lalu dia memainkan banyak laga sehingga membutuhkan banyak energi," kata Kim.

3. Potensi Arhan seperti Ahn Jung Hwan

Arhan Diparkir Suwon FC, Potensi Seperti Ahn Jung Hwan?Trio bek Timnas U-23, Komang, Pratama arhan, Rizky Ridho (Dok. Persija)

Terlepas dari apa pun alasan Kim, tidak dimainkannya Arhan ini jadi alarm tersendiri. Dia bahkan punya potensi seperti Ahn Jung Hwan. Kenapa demikian? Semua gara-gara performa di Timnas.

Pada 2002 silam, Ahn sukses membawa Korea Selatan melaju ke semifinal Piala Dunia. Dalam perjalanannya, dia menumbangkan Italia, tempat Ahn bermain. Sontak, keberhasilan ini jadi petaka bagi Ahn. Dia terlempar dari Italia.

Uniknya, Arhan juga mengalami hal yang sama. Pada perempat final Piala Asia U-23 2024, dia melawan Korea Selatan, negara tempatnya bermain saat ini. Dia membawa Indonesia menang, dan lolos ke semifinal.

Seperti Ahn Jung Hwan di Italia, Pratama Arhan juga berpotensi mengalami hal yang sama di Korea Selatan. Namun, mari kita berharap itu tidak terjadi, karena tentu situasinya akan sangat sulit bagi penggawa Timnas Indonesia itu di Suwon ke depannya.

Baca Juga: Target Suwon untuk Pratama Arhan: Tolong Main Bagus, Ya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya