Arti Selebrasi Persib di Laga Lawan Persita: Lawan Rasialisme!

Rasialisme sempat terjadi di Piala Menpora 2021

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung melakukan selebrasi yang unik usai mencetak gol dalam laga kedua Grup D Piala Menpora 2021 lawan Persita Tangerang. Sekilas, selebrasi gol mereka ini mirip dengan gestur di Eropa sana.

Gestur apakah itu? Jadi, setelah ramai-ramai aksi Black Lives Matter pada 2020 silam, sepak bola Eropa turut menyuarakan perlawanan terhadap rasialisme yang kerap terjadi di dunia. Salah satu caranya adalah dengan gestur berlutut yang diperagakan sebelum laga.

Nah, dalam laga lawan Persita kemarin, para pemain Persib memeragakan gestur tersebut selepas mencetak gol. Apa makna dari selebrasi gol para pemain Persib ini? Apakah mereka berniat melawan rasisme juga?

1. Pelatih Persib coba menjawab makna selebrasi gol tersebut

Arti Selebrasi Persib di Laga Lawan Persita: Lawan Rasialisme!IDN Times/Galih Persiana

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengungkapkan makna dari selebrasi gol yang dilakukan para pemainnya ini. Ia menyebut, inisiatif dalam melakukan selebrasi itu memang datang dari dirinya, dengan tujuan untuk melawan aksi rasisme di sepak bola.

"Jadi inisiatif untuk selebrasi itu datang dari saya, dan ini sebagai bentuk pesan dari kami dalam melawan rasisme di sepak bola, yang sempat terjadi setelah laga Persija lawan PSM." ujar Robert dalam jumpa pers virtual, Kamis (1/4/2021).

Baca Juga: Segala yang Pertama Buat Ezra Walian di Persib Bandung

2. Selebrasi ini juga bentuk penerapan protokol kesehatan

Arti Selebrasi Persib di Laga Lawan Persita: Lawan Rasialisme!Persib vs Persita. (Website/persib.co.id)

Lebih jauh, Robert mengungkapkan bahwa selebrasi ini juga merupakan bentuk dari penerapan protokol kesehatan, sesuatu yang benar-benar menjadi fokus di pertandingan ini. Meski begitu, tujuan utama dari selebrasi ini tetap perlawanan terhadap rasisme.

"Selebrasi ini juga untuk menunjukkan bahwa tim siap dengan penerapan protokol kesehatan, tidak bersentuhan, dan semua pemain mengambil posisi di tempat masing-masing, baik itu di bench maupun lapangan," ujar Robert.

"Namun, pesan yang ingin terus kami gaungkan tetaplah itu (melawan rasisme), karena melawan rasisme di sepak bola adalah tanggung jawab sosial yang harus kita semua lakukan," lanjut dia.

3. Persib bersiap untuk laga lawan Persiraja

Arti Selebrasi Persib di Laga Lawan Persita: Lawan Rasialisme!Persib vs Persita. (Website/persib.co.id)

Persib sendiri saat ini tengah bersiap jelang laga pamungkas Grup D Piala Menpora 2021. Sudah ada Persiraja Banda Aceh yang menanti mereka. Menyambut laga tersebut, Robert meminta anak asuhnya untuk tetap tampil tenang dan enjoy.

"Tentu kami ingin memenangi setiap laga, tetapi saya harapkan semua pemain bisa menikmati main bola lagi dan ini lebih penting dari sekadar memenangi laga. Penting juga bagi kami memberikan kesempatan kepada semua pemain untuk tampil, termasuk pemain muda," ujar pelatih Persib tersebut.

Baca Juga: Klasemen Grup D Piala Menpora: Persib Kudeta Posisi Bali United

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya