Comscore Tracker

Asa Baru, Presiden Minta Hadirnya Suporter di Liga 1 dan 2 Dikaji

Presiden menangkap keresahan suporter

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan satu permintaan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Dia menugaskan Zainudin membuat kajian mengenai kehadiran suporter di Liga 1 dan 2.

"Soal nantinya apakah sebagian penonton boleh datang ke stadion, itu sudah diminta bapak Presiden untuk dibuatkan kajian. Jadi, beliau sampaikan coba dikaji dan saya harus berkomunikasi dengan pihak penyelenggara dan keamanan terkait hal tersebut," ujar Zainudin dalam jumpa pers virtual, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: 4 Fakta Unik Perempat Final Piala Menpora 2021, Ada Gol Tercepat!

1. Menpora nantinya akan umumkan hasil kajian soal suporter ini

Asa Baru, Presiden Minta Hadirnya Suporter di Liga 1 dan 2 DikajiMenpora Zainudin Amali bersama dengan Ketua PSSI Mochamad Iriawan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Setelah melakukan kajian, nantinya Zainudin akan mengumumkan lagi apakah memang suporter boleh datang ke stadion atau tidak. Hasil dari kajian, yang nantinya akan melibatkan beberapa pihak tersebut, akan dia laporkan juga kepada Jokowi.

"Ini bukan satu keputusan. Kalau ternyata hasil kajiannya tidak bisa ada penonton, akan saya sampaikan. Ini melibatkan banyak elemen dalam melakukannya. Saya pasti akan minta informasi dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru karena mereka penyelenggara," ujar Zainudin.

2. Presiden menangkap keresahan publik

Asa Baru, Presiden Minta Hadirnya Suporter di Liga 1 dan 2 DikajiPresiden Joko "Jokowi" Widodo akan memberikan pidato virtual di sidang PBB (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Zainudin mengungkapkan, permintaan kajian dari Presiden ini disebabkan keresahan yang beliau tangkap. Dia mendengarkan aspirasi dari masyarakat yang ingin agar sepak bola bisa ditonton lagi secara langsung di stadion.

"Kan banyak aspirasi yang menyebutkan agar pertandingan ada penontonnya. Beliau melihat munculnya aspirasi tersebut dan minta saya melakukan kajian. Presiden menampung keinginan, kerinduan orang-orang, tetapi situasinya tidak gampang. Oleh karena itu, saya diperintahkan untuk mengkaji, setelah itu saya akan lapor Presiden lagi," ujar Zainudin.

3. Kajian ini hanya berlaku untuk Liga 1 dan 2

Asa Baru, Presiden Minta Hadirnya Suporter di Liga 1 dan 2 DikajiLiga-Indonesia.id

Lebih lanjut, Zainudin menegaskan kajian ini hanya berlaku untuk gelaran Liga 1 dan 2. Untuk Piala Menpora, suporter tetap tidak boleh datang ke stadion. Proses kajian pun akan dilakukan secara ketat dan terukur, mengingat banyak elemen dan variabel yang mesti dipertimbangkan oleh Kemenpora.

"Tentu untuk Liga 1 dan 2 saja. Apalagi, persiapan juga butuh waktu, seandainya opsi itu (ada penonton) akan dipilih. Berapa persen, bagaimana, dan siapa suporter yang boleh datang, banyak poin yang harus dijalankan," ungkap Zainudin.

"Kalau pertandingan Liga 1 dan 2 tanpa penonton, cukup lihat di Piala Menpora, tidak perlu ada yang dipelajari lagi. Nanti, yang dilihat apakah ini melibatkan kompetisi dan semua elemet di dalamnya. Apakah akan ke sistem yang berbeda dengan Piala Menpora atau sama," lanjutnya.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Semifinal Piala Menpora: PSM vs Persija, Persib vs PSS

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya