Atalanta Juara Liga Europa, Treble Leverkusen Sirna

Atalanta gagalkan treble Leverkusen

Jakarta, IDN Times - Bayer Leverkusen dipastikan gagal meraih treble winner musim ini. Mereka tumbang 0-3 dari Atalanta dalam laga final Liga Europa 2023/24 di Aviva Stadium, Dublin, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB.

Ademola Lookman jadi pahlawan kemenangan Atalanta di laga ini. Sosok asal Inggris itu juga yang memastikan Leverkusen tidak meraih trofi kompetisi Eropa ketiga mereka.

1. Efektivitas Atalanta jadi kunci

Atalanta Juara Liga Europa, Treble Leverkusen SirnaPenyerang Atalanta, Ademola Lookman. (twitter.com/Atalanta_BC)

Di laga ini, efektivitas Atalanta memegang peranan penting. Di tengah dominasi yang dipertontonkan Leverkusen, Gianluca Scamacca dan kolega berhasil mencecar Leverkusen dengan beberapa serangan balik mematikan.

Meski hanya menguasai bola dengan persentase 33 persen, Atalanta mampu melesakkan tujuh tembakan tepat sasaran, unggul atas Leverkusen yang hanya tiga tembakan saja. Mereka juga bermain sangat direct di laga ini.

Baca Juga: Xabi Alonso: Bayer Leverkusen Layak Raih Treble Winner

2. Treble-kusen yang tidak terjadi

Atalanta Juara Liga Europa, Treble Leverkusen SirnaBayer Leverkusen melawan Atalanta di babak 16 besar Liga Europa 2021/2022. (uefa.com)

Kegagalan di final Liga Europa ini memastikan Treble-kusen tidak terjadi. Sebelumnya, Leverkusen berpeluang besar menyusul torehan Bayern Muenchen, tim Jerman terakhir yang sukses treble pada musim 2012/13 lalu.

Tidak cuma itu, Atalanta juga jadi tim pertama yang berhasil mengalahkan Leverkusen musim ini. Sebelumnya, dalam 51 laga di semua ajang musim ini, mereka tidak tersentuh kekalahan dengan rincian 42 kemenangan dan sembilan kali imbang.

Tepat di laga ke-52, Leverkusen akhirnya kalah. Gian Piero Gasperini dan Atalanta mengingatkan Xabi Alonso dan Leverkusen akan pahitnya sebuah kekalahan.

3. Masih ada gelar lain yang bisa didapat Leverkusen

Atalanta Juara Liga Europa, Treble Leverkusen SirnaBayer Leverkusen melawan VfB Stuttgart di Bundesliga 2023/2024. (bundesliga.com)

Kendati gagal meraih trofi Liga Europa, Leverkusen sejatinya masih bisa meraih satu gelar lagi musim ini. Dalam babak final DFB Pokal, mereka akan bersua FC Kaiserslautern.

Tidak cuma itu, Leverkusen juga tetap jadi tim yang tak terkalahkan di Bundesliga musim ini, dengan rincian 28 kemenangan dan enam hasil imbang dari 34 laga. Namun, khusus di Liga Europa, Atalanta sukses menghentikan mereka di final.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik di Balik Musim Cemerlang Atalanta 2023/2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya