Babak I: Timnas U-23 Tahan Uzbekistan Tanpa Gol

Timnas Indonesia U-23 belum menorehkan keunggulan dalam baba

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 belum menorehkan keunggulan dalam babak pertama laga semifinal Piala Asia U-23 2024. Bersua Uzbekistan di Abdullah bin Khalifa Stadium, Senin (29/4/2024) malam WIB, Timnas U-23 masih main imbang 0-0.

Di awal babak pertama, Timnas U-23 bermain lebih menunggu. Pasalnya, Uzbekistan langsung mendominasi permainan. Mereka mengatur aliran bola sedemikian rupa via pemain-pemain seperti Abbosbek Fayzullaev dan Umarali Rakhmonaliev.

Uzbekistan menunjukkan kualitas mereka di awal-awal babak pertama. Tidak ada pergerakan para pemain mereka yang sia-sia. Tampak juga mereka sudah solid, karena kebanyakan pemainnya adalah mereka yang meraih perunggu di Asian Games 2022.

Timnas U-23 bukannya tidak berupaya menyerang balik. Beberapa kali, manuver Witan Sulaeman dan Marselino mampu menembus pertahanan Uzbekistan. Akan tetapi, itu hanya menembus. Belum ada ancaman yang dihadirkan Indonesia.

Pada menit 28, secercah cahaya sempat muncul bagi skuad Garuda. Ada insiden yang melibatkan Witan dan bek Uzbekistan di dekat area penalti, dan wasit juga sempat melakukan pengecekan VAR. Namun, setelah mengecek, wasit memutuskan tak ada penalti.

Selepas insiden ini, permainan lebih hidup. Uzbekistan yang sadar Indonesia mulai mengancam, makin meningkatkan intensitas tekanan. Di sisi lain, Timnas U-23 juga sudah lebih berani menguasai bola ketimbang di awal babak pertama.

Di sisa waktu babak pertama, Uzbekistan masih jadi tim yang lebih dominan. Tampak kepercayaan diri mereka lebih tinggi ketimbang Indonesia. Mereka mengatur aliran bola dengan nyaman, dan beberapa kali membelah pertahanan Indonesia.

Akan tetapi, Uzbekistan masih dihiasi kebuntuan. Sementara itu, Timnas U-23 juga urung bisa lepas dari tekanan Abdurauf Buriev dan kawan-kawan. Babak pertama laga pun harus berakhir dengan skor 0-0.

Baca Juga: Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan: Fans Nobar dari Atas Pagar SUGBK

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya