Babak I: Timnas U-23 Tertinggal dari Guinea

Guinea mendapat hadiah penalti dari wasit

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 untuk sementara tertinggal dalam babak pertama play-off Olimpiade 2024. Bersua Guinea di INF Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024) malam WIB, Timnas U-23 ketinggalan 0-1.

Gol dari Ilaix Moriba (29') jadi pembeda di babak pertama Timnas U-23 lawan Guinea ini. Sepakan penaltinya membawa Guinea unggul atas Indonesia.

Di awal babak pertama, Timnas U-23 kerepotan meladeni permainan Guinea. Kecepatan dan juga fisik dari para pemain Guinea, plus kemampuan mereka yang apik dalam menguasai bola, menyulitkan skuad Garuda Muda mengembangkan permainan.

Timnas U-23 pun terkurung di area pertahanan mereka sendiri di awal-awal babak pertama ini. Barulah memasuki pertengahan babak pertama, Timnas U-23 mampu melakukan beberapa serangan balik ke kotak penalti Guinea.

Meski tidak sering, beberapa kali Witan, Bagas Kaffa, dan juga Jeam Kelly sempat mengancan lini pertahanan Guinea. Akan tetapi, pada menit 29, Timnas U-23 justru tertinggal lewat sebuah situasi serangan balik.

Dalam sebuah situasi tiga lawan dua, Witan melakukan pelanggaran yang berbuah penalti. Ilaix Moriba yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Skor 1-0 untuk keunggulan Guinea.

Unggul satu angka menjadikan Guinea semakin nyaman dalam bermain. Aliran bola mereka jadi lebih baik, ditambah lagi kecepatan-kecepatan mereka juga masih merepotkan para pemain Timnas U-23.

Di sisi lain, Timnas U-23 masih lamban. Para pemain tidak cepat dalam mengambil keputusan ketika menguasai bola. Hal tersebut membuat Guinea mudah dalam merebut bola, karena ada selang waktu satu atau dua detik bagi mereka mengambil bola.

Situasi ini terus berlangsung di sisa waktu babak pertama. Timnas U-23 dilanda kebuntuan, di sisi lain Guinea juga urung menambah gol. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0. llaix Moriba dan kawan-kawan unggul di babak ini.

Baca Juga: Penalti Guinea Bikin Timnas U-23 Tertinggal

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya