Babak I: Timnas U-23 Unggul 2-1 Atas Korea Selatan

Rafael Struick cetak brace

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 unggul atas Korea Selatan di babak pertama laga perempat final Piala Asia U-23 2024. Bertanding di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB, Timnas U-23 untuk sementara unggul 2-1.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Rafael Struick (15', 45+3') untuk Indonesia, serta gol bunuh diri Komang Teguh (45') untuk Korea. Indonesia main ciamik di babak pertama laga ini.

Di awal-awal babak pertama, Timnas U-23 sempat keteteran. Korea langsung menekan lini pertahanan Indonesia dengan agresif. Bahkan, pada menit 9, Korea sempat mencetak gol. Beruntung, gol ini dianulir setelah wasit mengecek VAR.

Rupanya, saat proses terciptanya gol, ada salah satu pemain Korea yang terkena offside. Skor 0-0 pun tetap bertahan, dan hal ini memberikan kekuatan bagi Timnas U-23 untuk menekan balik. Hal positif pun datang pada menit 15.

Berawal dari sebuah serangan cepat, Timnas U-23 melesakkan beberapa kali tembakan spekulasi ke lini pertahanan Korea. Sampai akhirnya, sepakan indah Rafael Struick benar-benar membobol gawang Korea. Skor berubah 1-0.

Unggul satu angka, Timnas U-23 lebih percaya diri dalam bermain. Di sisi lain, Korea semakin meningkatkan intensitas tekanan mereka ke lini pertahanan Indonesia. Tentu, dengan mengandalkan kedua sisi sayap.

Tidak cuma itu, Korea juga mulai bermain mengandalkan fisik mereka di pertengahan babak pertama ini. Beruntung, Indonesia mampu menghadapi itu dengan tenang. Mereka malah menguasai bola dengan lebih tenang.

Di sisa waktu babak pertama, Timnas U-23 masih nyaman bermain. Mereka sempat mencetak peluang emas via Marselino. Akan tetapi, peluang tersebut urung berbuah gol. Sedangkan Korea, mereka melakukan cara unik untuk menyerang.

Beberapa kali, Korea sempat melakukan lemparan ke dalam ala Pratama Arhan. Lemparan-lemparan itu nyatanya sempat menyulitkan Indonesia, tapi urung berbuah gol. Namun, pada akhirnya, serangan dari sayap membobol gawang Timnas U-23.

Pada menit 45, bermula dari serangan dari sisi kanan, pemain Korea sukses menyundul bola di kotak penalti. Bola sejatinya tidak mengarah ke gawang, tetapi bola akhirnya berbelok ke gawang usai mengenai badan Komang Teguh, dan menjadi gol. Skor berubah menjadi 1-1.

Tidak butuh waktu lama, Timnas U-23 kembali unggul pada menit 45+3. Berawal dari umpan apik Ivar Jenner, Struick berhasil menceploskan bola ke gawang Korea. Skor berubah 2-1, dan bertahan sampai babak pertama tuntas.

Baca Juga: Rafael Struick Kembali Bawa Timnas U-23 Unggul Atas Korea

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya