Banding Ditolak PSSI, Persib Tanpa Penonton Saat Jamu Persija

Kenapa PSSI menolak banding Persib?

Jakarta, IDN Times - Komite Banding (Komding) PSSI menolak banding Persib Bandung soal soal hukuman satu laga tanpa penonton di kandang. Laga Persib melawan Persija di Stadion GBLA, Sabtu (9/3/2024), dipastikan tanpa penonton.

"Menolak permohonan dan alasan banding klub Persib Bandung nomor 05/DIR-PBB/III/2024 tanggal 3 Maret," tulis surat yang ditandatangani langsung Ketua Komding PSSI, Ali Mukartono, yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Secara Industri, LIB Sebut Persib vs Persija Harus Ada Penonton

1. LIB konfirmasi kebenaran surat tersebut

Banding Ditolak PSSI, Persib Tanpa Penonton Saat Jamu PersijaPersib.co.id

Surat putusan dari Komding ini pun dikonfirmasi oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga. Public Relations PT LIB, Sabina Katya, menegaskan Komding menolak banding dari Persib.

"Ya, itu benar keputusan Komdingnya (menolak banding Persib)," ujar Sabina ketika dikonfirmasi oleh para jurnalis.

Baca Juga: Laga Persib vs Persija Tanpa Kehadiran Penonton Masih Dirapatkan

2. Persib dipastikan menjamu Persija tanpa penonton

Banding Ditolak PSSI, Persib Tanpa Penonton Saat Jamu PersijaInstagram/persib

Dengan penolakan ini, putusan Komdis PSSI mengenai hukuman satu laga tanpa penonton untuk Persib tetap berlaku. Nah, hukuman ini bakal berlaku saat 'Maung Bandung' menjamu Persija.

"Menguatkan keputusan Komite Disiplin PSSI nomor: 191/L1/SK/KD-PSSI/III/2024 tanggal 01 Maret 2024 untuk seluruhnya," masih tulis surat dari Komding PSSI.

Baca Juga: Thomas Doll Enggan Duel Sekaliber Persib vs Persija Tanpa Penonton

3. Kenapa banding Persib ditolak?

Banding Ditolak PSSI, Persib Tanpa Penonton Saat Jamu PersijaInstagram/persib

Dalam keputusannya, Komding PSSI mengungkapkan hal-hal yang meringankan dan yang memberatkan hukuman untuk Persib. Hal yang meringankan adalah, kerusuhan terjadi bukan hanya karena suporter Persib, tetapi juga karena kehadiran suporter PSIS Semarang.

Terkait yang memberatkan, Komding PSSI menganggap manajemen klub Persib Bandung belum optimal melakukan pembinaan terhadap suporter.

"Kerusuhan yang terjadi (saat laga Persib lawan Persis) sebagai suatu tindakan yang tidak mendukung proses transisi transformasi sepak bola nasional yang sedang dilakukan oleh PSSI," tulis surat tersebut.

Dijadwalkan, Persib akan menjamu Persija di Stadion GBLA pada Sabtu (9/3/2024). Mengacu pada keputusan Komding PSSI ini, laga tersebut dipastikan tak akan dihadiri penonton.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya