Bantai Wales, Denmark Lolos ke Perempat Final Piala Eropa 2020

Denmark kalahkan Wales empat gol tanpa balas

Jakarta, IDN Times - Denmark tampil perkasa dalam babak 16 besar Piala Eropa 2020. Menghadapi Wales di Amsterdam Arena, Sabtu (26/6/2021), Denmark menang dengan skor telak, 4-0.

Gol-gol kemenangan Denmark di laga ini dicetak oleh Kasper Dolberg (menit 27 dan 48), plus torehan Joakim Maehle (menit 88) dan Martin Braithwaite (menit 90+6). Kemenangan ini mengantarkan Denmark melaju ke perempat final Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Insiden Pesawat Ganggu Ceko di Babak 16 Besar Piala Eropa

1. Babak pertama, Denmark mampu atasi Wales

Bantai Wales, Denmark Lolos ke Perempat Final Piala Eropa 2020Wales vs Denmark. (twitter.com/EURO2020)

Kedua tim tampil dengan para pemain terbaiknya di laga ini. Wales memainkan Gareth Bale, Aaron Ramsey, Daniel James, Ben Davies, dan Joe Allen. Sedangkan Denmark mengandalkan Kasper Dolberg, Thomas Delaney, Pierre-Emile Hoejbjerg, dan Simon Kjaer.

Di awal babak pertama, Wales langsung menekan lini pertahanan Denmark. Mereka bahkan langsung menciptakan dua peluang emas lewat sepakan kaki kiri Gareth Bale. Sayang, peluang tersebut gagal berbuah gol.

Menghadapi tekanan ketat Wales, Denmark tetap tenang. Mereka menguasai bola dan mengalirkannya dengan sempurna. Berkat ketenangan ini, mereka akhirnya mampu mencuri gol pertama pada menit 27.

Berawal dari pergerakan Mikkel Daamsgard, Kasper Dolberg sukses membobol gawang Wales lewat sepakan kaki kanannya yang akurat. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Denmark.

Tertinggal satu gol, Wales berupaya untuk meningkatkan tempo permainan. Di sisi lain, Denmark juga tetap berusaha mencari angka lewat serangan-serangan balik. Namun, sampai babak pertama tuntas, skor 1-0 untuk Denmark bertahan.

2. Denmark ganas di babak kedua

Bantai Wales, Denmark Lolos ke Perempat Final Piala Eropa 2020Wales vs Denmark. (twitter.com/EURO2020)

Memasuki babak kedua, Denmark langsung menekan lini pertahanan Wales. Denmark tidak membiarkan Wales untuk mengembangkan permainan, dan hal itu membuahkan hasil pada menit 48.

Bermula dari pergerakan Braithwaite di sisi kiri pertahanan Wales, tercipta kemelut di kotak penalti. Bek sayap Wales, Neco Williams, panik dan salah membuang bola. Momen inilah yang sukses dimanfaatkan Dolberg. Dia memanfaatkan bola liar hasil sapuan Williams dengan mengontrol dan mengeksekusinya, membuat Denmark unggul 2-0 atas Wales.

Tertinggal dua gol, Wales coba melakukan penyesuaian. Setelah memasukkan Williams di babak pertama, giliran Harry Wilson yang dimainkan demi menambah daya gedor tim. Denmark merespons perubahan ini dengan memasukkan Christian Noergaard dan Mathias Jansen.

Beberapa perubahan yang dilakukan kedua tim ini membuat permainan tetap hidup. Wales coba mengancam lini pertahanan Denmark dengan beberapa variasi serangan, dengan Bale sebagai pusat serangannya.

Namun, upaya Wales masih gagal karena serangannya sangat mudah dibaca para pemain Denmark. Serangan Wales terlalu bertumpu ke sisi kiri, dan diakhiri umpan silang ke kotak penalti. Kjaer dan kolega mampu mematahkan skema serangan monoton macam ini.

Di sisa waktu babak kedua, Wales tetap berusaha untuk membobol pertahanan Denmark. Namun, akibat dari serangan mereka yang monoton, justru Denmark yang menambah keunggulan. 

Jelang laga usai, Joakim Maehle mencetak gol ketiga untuk Denmark. Memanfaatkan umpan dari Jansen, Maehle membobol gawang Wales lewat sepakan kaki kirinya. 

Keunggulan Denmark bertambah lagi usai Braithwaite mencetak gol jelang laga usai. Skor berubah 4-0, dan skor ini bertahan sampai laga tuntas. 

3. Denmark akan hadapi lawan berat

Bantai Wales, Denmark Lolos ke Perempat Final Piala Eropa 2020Wales vs Denmark. (twitter.com/EURO2020)

Berkat kemenangan ini, Denmark memastikan satu tempat di perempat final. Namun, mereka tidak bisa berleha-leha, lantaran bakal menghadapi lawan berat.

Denmark sekarang tinggal menunggu pemenang antara Belanda atau Republik Ceko. Keduanya bukan lawan yang mudah ditaklukkan, dan punya pertahanan yang kuat di Piala Eropa 2020 ini.

Baca Juga: Belanda Pastikan Pakai Ban Kapten Pelangi di Piala Eropa

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya