Barcelona Kembali ke Habitat di Puncak Klasemen

Barcelona terlahir kembali

Jakarta, IDN Times - Barcelona pernah mendominasi LaLiga pada suatu waktu. Ketika masih ada Lionel Messi di sana, Blaugrana jadi momok tersendiri bagi tim-tim lain. Namun, seiring berjalannya waktu label itu sempat hilang.

Musim lalu, Barcelona tertelan oleh dominasi Real Madrid di LaLiga. Ditambah, mereka juga banyak didera masalah internal, plus ditinggal pergi oleh Messi ke Paris Saint-Germain (PSG), perkara kontrak yang habis.

Namun, perlahan Barcelona berbenah. Sekarang, hasil dari pembenahan itu mulai terlihat. Barcelona kembali kepada muruah mereka sebagai pemuncak klasemen sementara LaLiga.

1. Barcelona tak terkalahkan dalam 13 laga terakhir

Barcelona Kembali ke Habitat di Puncak KlasemenBarcelona di musim 2022/23. (ANTARA FOTO/REUTERS/Albert Gea)

Pada lanjutan LaLiga 2022/23 lawan Girona, Sabtu (26/1/2023) malam, Barcelona menang dengan skor tipis 1-0. Kendati tidak menang dengan angka besar, skuad asuhan Xavi Hernandez itu berhasil mempertahankan tren positif.

Berkat kemenangan atas Girona, Barcelona mencatatkan rekor tidak terkalahkan dalam 13 laga terakhir di semua ajang. Rinciannya, mereka menang 12 kali dan imbang dalam satu kesempatan. Tak pelak, mereka berhasil menyalip Real Madrid di klasemen sementara.

Baca Juga: Barcelona Rekrut Titisan Lionel Messi dari Argentina

2. Racikan Xavi yang mulai memberi bukti

Barcelona Kembali ke Habitat di Puncak KlasemenManajer Barcelona, Xavi Hernandez. (twitter.com/FCBarcelona)

Musim lalu, Xavi sempat membawa Barcelona tampil impresif. Meski tidak ada Messi, dia mengembalikan Barcelona menjadi tim yang atraktif dan ofensif, seperti ketika masih jadi pemain beberapa tahun lalu.

Namun, inkonsistensi masih menghinggapi Barcelona ketika itu, sehingga urung mematahkan dominasi Madrid. Akan tetapi, Barcelona tetap bersabar. Pun di tengah isu finansial yang menimpa mereka, Xavi tetap bekerja.

Kinerja Xavi mulai terlihat di musim 2022/23 ini. Duet Pedri-Gavi yang mulai bertaji, ditambah Ousmane Dembele, Ansu Fati, hingga Frenkie de Jong, sudah bangkit, membawa Barcelona jadi lebih baik.

Belum lagi, rekrutan anyar macam Robert Lewandowski, Andreas Christensen, Marcos Alonso, dan Jules Kounde, menyempurnakan penampilan Barcelona. Jadilah Barcelona kembali menakutkan di musim 2022/23 ini.

3. Trofi Piala Super Spanyol, bukti kekuatan Barcelona

Barcelona Kembali ke Habitat di Puncak KlasemenBarcelona di musim 2022/23. (ANTARA FOTO/REUTERS/Albert Gea)

Baru-baru ini, Barcelona sukses menggamit trofi Piala Super Spanyol, usai mengalahkan Madrid di final. Gelar ini pun jadi raihan perdana Barcelona, setelah seret trofi dalam beberapa musim terakhir.

Selain memutus dahaga trofi, Piala Super Spanyol ini juga jadi sebuah pertanda, kekuatan Barcelona sudah kembali. Situasi positif pun mulai hadir kembali di Camp Nou, apalagi kini mereka jadi pemuncak klasemen sementara.

"Bagi Barcelona, trofi Piala Super Spanyol mendatangkan situasi positif bagi tim. Ke depannya, akan hadir beberapa trofi lain bagi kami," ujar Xavi.

Baca Juga: Gelar Perdana Xavi, Kepercayaan Diri Barcelona

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya