Bayer Leverkusen Pecahkan Rekor 59 Tahun Milik Benfica

Bayer Leverkusen tak terkalahkan dalam 59 laga

Intinya Sih...

  • Bayer Leverkusen melaju ke final Liga Europa 2023/24 setelah imbang 2-2 melawan AS Roma, unggul agregat 4-2.
  • Leverkusen pecahkan rekor tak terkalahkan Benfica selama 59 tahun dengan catatan tak terkalahkan dalam 49 laga.
  • Ini bukan kali perdana Leverkusen lolos ke final kompetisi Eropa, mereka sudah pernah juara Piala UEFA dan menjadi runner-up Liga Champions.

Jakarta, IDN Times - Bayer Leverkusen kembali memecahkan rekor musim ini. Keberhasilan mereka melaju ke final Liga Europa 2023/24, membuat tim asuhan Xabi Alonso itu sukses memecahkan rekor Benfica yang sudah bertahan lama.

Leverkusen melaju ke final Liga Europa 2023/24 setelah bermain imbang 2-2 melawan AS Roma pada leg kedua semifinal, Jumat (10/5/2024) dini hari WIB. Mereka unggul agregat 4-2 atas tim asal Italia tersebut.

Hasil ini menjaga asa Leverkusen untuk tetap meraih gelar Eropa musim ini. Tidak cuma itu, hasil ini juga jadi penanda, bahwa ada rekor 59 tahun Benfica yang berhasil mereka pecahkan.

Baca Juga: Bayer Leverkusen Menuju Treble-kusen Musim Ini

1. Leverkusen ungguli catatan tak terkalahkan Benfica dalam semusim

Bayer Leverkusen Pecahkan Rekor 59 Tahun Milik BenficaBayer Leverkusen (instagram.com/bayer04fussball)

Hasil imbang lawan Roma memastikan catatan tak terkalahkan Leverkusen berlanjut musim ini. Squawka mencatat, tim asal Jerman itu tak terkalahkan dalam 49 laga. Catatan ini pun melewati torehan Benfica.

Pada 1963 sampai 1965, Benfica sempat mencatatkan rekor tak terkalahkan dalam 48 laga di semua kompetisi. Ketika itu, mereka berstatus sebagai salah satu tim kuat Eropa. Sekarang, rekor itu dipecahkan Leverkusen.

Baca Juga: 3 Strategi Jitu Bayer Leverkusen dalam Menjuarai Bundesliga 2023/2024

2. Masuk ke final kompetisi Eropa untuk ketiga kalinya

Bayer Leverkusen Pecahkan Rekor 59 Tahun Milik BenficaBayer Leverkusen (bayer04.de)

Bagi Leverkusen, ini bukan kali perdana mereka lolos ke final kompetisi Eropa. Pada musim 1987/88, mereka melaju ke final Piala UEFA. Berlanjut ke musim 2001/02, mereka juga lolos ke final Liga Champions.

Leverkusen memang kalah dari Real Madrid di final Liga Champions 2001/02. Namun, dalam final Piala UEFA 1987/88, mereka menang atas Espanyol lewat babak adu penalti. Jadi, secara pengalaman, Leverkusen sudah pernah juara Eropa.

Baca Juga: Dortmund dan Leverkusen Lagi di Final Liga Champions dan Liga Europa

3. Potensi menjadi Treble-kusen musim ini

Bayer Leverkusen Pecahkan Rekor 59 Tahun Milik BenficaBayer Leverkusen lolos ke final Liga Europa 2023/2024 setelah menaklukan AS Roma. (twitter.com/bayer04_en)

Kini, ada dua trofi yang berpeluang mereka dapatkan. Pertama, ada DFB Pokal yang bisa didapat, dengan syarat mereka harus menang atas Kaiserslautern di final. Kedua, ada Liga Europa, yang bisa didapat jika mereka menang atas Atalanta di final.

Jika dua trofi itu bisa didapat, Bayer Leverkusen akan jadi tim Jerman kedua yang bisa meraih treble musim ini, setelah Bayern Muenchen di musim 2012/13 dan 2019/20. Namun, terlepas dari itu, mereka sudah memecahkan rekor 59 tahun milik Benfica.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya