Bekuk Vietnam, Indonesia Bisa Naik ke Peringkat 138 FIFA

Peringkat FIFA Indonesia berpotensi naik lagi

Jakarta, IDN Times - Kemenangan atas Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024), membuat peringkat FIFA Indonesia berpeluang naik lagi.

Dilansir akun Footy Rankings, kemenangan atas Vietnam membuat Indonesia mendapatkan tambahan poin sebesar 15,37. Dengan tambahan poin ini, Indonesia diprediksi naik lima level di peringkat FIFA, ke posisi 138.

1. Vietnam turun tujuh peringkat

Bekuk Vietnam, Indonesia Bisa Naik ke Peringkat 138 FIFAPelatih Vietnam, Philippe Troussier (kiri) (IDN Times/Naufal Fathahillah)

Di sisi lain, kekalahan dari Indonesia membuat Vietnam berpotensi terjun bebas lagi di peringkat FIFA. Mereka berpeluang kehilangan 15,37 poin, dan terjun ke peringkat 112.

Vietnam tidak lagi jadi negara Asia Tenggara dengan peringkat FIFA tertinggi. Mereka kalah dari Thailand yang berpotensi naik ke peringkat 101, usai menahan imbang Korea Selatan dengan skor 1-1.

Baca Juga: Misi Timnas Patahkan Rekor Buruk 20 Tahun di Vietnam

2. Singapura dan Myanmar naik peringkat juga

Bekuk Vietnam, Indonesia Bisa Naik ke Peringkat 138 FIFATimnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Media PSSI)

Selain Indonesia, tim-tim Asia Tenggara lain yang berpotensi naik peringkat adalah Myanmar dan Singapura. Hal itu tak lepas dari hasil positif yang mereka dapat di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Myanmar sukses menahan imbang Suriah, dan berpeluang naik satu peringkat. Begitu juga Singapura yang berpeluang naik tiga tingkat usai tahan imbang China. Sedangkan Thailand, kendati mengimbangi Korsel, peringkatnya tak naik.

3. Pergeseran masih mungkin terjadi

Bekuk Vietnam, Indonesia Bisa Naik ke Peringkat 138 FIFAPotret Nathan Tjoe-A-On debut bersama Timnas Indonesia saat mengalahkan Vietnam 1-0 di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Pergeseran peringkat FIFA masih mungkin terjadi, mengingat masih akan ada lagi satu laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 26 Maret 2024. Tim-tim akan bertanding lagi, tak terkecuali Indonesia.

Indonesia dan Vietnam akan bersua lagi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa (26/3/2024). Laga ini akan dihelat di My Dinh National Stadium.

Baca Juga: Dalih Shin Tae Yong Usai Timnas Gak Greget saat Lawan Vietnam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya