Berkat Atalanta, Italia Bisa Kirim 6 Tim di Liga Champions

Atalanta beri efek positif

Intinya Sih...

  • Atalanta memenangi Liga Europa 2023/24, membawa berkah bagi sepak bola Italia dan Serie A dengan potensi mengirim enam wakil di Liga Champions musim depan.
  • Italia dan Jerman berhak mengirim lima wakil ke Liga Champions musim depan, berkat regulasi terbaru setelah penambahan peserta turnamen dari 32 menjadi 36.
  • Keberhasilan Atalanta juara Liga Europa membuka peluang bagi Serie A untuk mengirim enam wakil ke Liga Champions musim depan, memberi harapan hidup bagi AS Roma.

Jakarta, IDN Times - Keberhasilan Atalanta memenangi Liga Europa 2023/24 membawa berkah bagi sepak bola Italia dan Serie A. Mereka berpotensi mengirim enam wakil di Liga Champions musim depan.

Atalanta berhasil merengkuh gelar Liga Europa 2023/24 ini selepas mengalahkan Bayer Leverkusen dalam laga final di Aviva Stadium, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB, dengan skor 3-0. Ini jadi gelar Eropa pertama Atalanta setelah 116 tahun.

Tidak cuma itu, keberhasilan Atalanta juara ini juga membawa dampak baik bagi Serie A di Liga Champions musim depan. Mereka berpotensi mengirim lebih banyak wakil ketimbang liga-liga lain.

Baca Juga: Tempat Terbaik Gian Piero Gasperini Adalah Atalanta

1. Italia sudah punya slot awal lima, bersama Jerman

Berkat Atalanta, Italia Bisa Kirim 6 Tim di Liga ChampionsCharles De Ketelaere (instagram.com/ charlesdeketelaere)

Musim depan, Italia sudah punya slot lebih banyak ketimbang negara lain dalam hal pengiriman tim ke Liga Champions. Bersama Jerman, mereka berhak mengirim lima wakil, berkat performa klub-klub Italia dan Jerman di kompetisi Eropa musim ini.

Hal itu mengacu pada regulasi Liga Champions terbaru, soal penambahan peserta turnamen dari 32 menjadi 36. Nah, dua slot tambahan diberikan kepada kompetisi dengan koefisien terbaik, dan untuk musim ini, itu jatuh pada Serie A dan Bundesliga.

2. Khusus Italia, bisa bertambah menjadi enam

Berkat Atalanta, Italia Bisa Kirim 6 Tim di Liga ChampionsPotret Daniele De Rossi memeluk pemainnya usai AS Roma lolos perempat final Liga Europa 2023/24. (uefa.com).

Nah, berkat keberhasilan Atalanta juara Liga Europa, ada kekhususan yang bisa didapatkan Serie A. Mereka berpeluang mengirim enam wakil ke Liga Champions musim depan. Kabar ini jadi sesuatu yang baik bagi AS Roma.

Sebelumnya, Roma dipastikan tidak lolos ke Liga Champions, lantaran sudah tidak mungkin lagi mengejar Atalanta, Juventus, dan Bologna yang berada di atas mereka. Namun, sekarang harapan hidup bagi mereka.

Dengan keberhasilan menjuarai Liga Europa, Atalanta mendapatkan tiket otomatis ke fase grup Liga Champions musim depan. Nah, saat ini, mereka menghuni posisi lima klasemen sementara Serie A, slot terakhir ke Liga Champions.

Andai Atalanta tetap finis kelima hingga akhir Serie A 2023/24 nanti, slot mereka ini akan diberikan ke tim di bawah mereka. Sudah pasti, itu adalah AS Roma untuk saat ini. Namun, mereka harus memastikan diri juga finis keenam di akhir musim.

3. Serie A bisa menorehkan sejarah

Berkat Atalanta, Italia Bisa Kirim 6 Tim di Liga ChampionsAtalanta menjuarai Liga Europa 2023/2024. (uefa.com)

Squawka mencatat, jika skema ini terjadi, Italia dan Serie A akan menorehkan sejarah. Mereka bakal jadi negara dan liga pertama yang mampu mengirimkan enam tim ke Liga Champions.

Kualitas dari Serie A memang masih tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski tumbang di Liga Champions, musim ini klub-klub asal Italia merajalela di Liga Europa dan Conference League. Hal itu memberi pengaruh positif bagi mereka.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya