Borosnya Belanja Arsenal yang Mulai Menunjukkan Hasil

Arsenal sudah berani berinvestasi lebih

Jakarta, IDN Times - Pada masa manajerial Arsene Wenger, Arsenal sempat dianggap klub yang irit. Daripada membeli talenta mahal, mereka lebih senang membeli pemain muda atau menggunakan jasa pemain akademi. Namun saat ini, paradigma itu berubah.

Dalam dua musim terakhir, Arsenal mulai menunjukkan apa yang biasa dipertontonkan klub-klub besar. Mereka belanja jor-joran. Pemain-pemain harga mahal didatangkan. Siapa sangka, kini mereka didapuk sebagai klub Premier League paling boros.

1. Arsenal habiskan dana belanja Rp4,6 triliun

Borosnya Belanja Arsenal yang Mulai Menunjukkan HasilChelsea kalah di tangan Arsenal. (twitter.com/Squawka)

Dilansir Transfermarkt, Arsenal jadi klub Premier League paling boros soal belanja pemain dalam dua musim terakhir. Total, mereka menghabiskan dana belanja sampai 300 juta euro atau setara Rp4,6 triliun.

Pada musim 2021/2022, Arsenal menghabiskan uang sebanyak 167,5 juta euro. Kini, pada musim 2022/2023, Arsenal sudah menghabiskan dana sebesar 132,5 juta euro. Mereka bahkan mengungguli nama-nama macam Manchester City dan Manchester United.

Banyaknya dana yang Arsenal habiskan dalam transfer dua musim terakhir, tak lepas dari kekuatan finansial klub yang telah kembali. Mereka memilih untuk berinvestasi dalam hal lain, selain pemain muda.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Baru Bergabung pada Musim Panas 2022

Baca Juga: Tinggalkan Arsenal, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Serie A

2. Arsenal banyak datangkan bintang musim ini

Borosnya Belanja Arsenal yang Mulai Menunjukkan HasilStriker baru Arsenal, Gabriel Jesus (Arsenal.com)

Musim ini, Arsenal lebih menggila lagi di bursa transfer. Setelah nama-nama mengejutkan seperti Ben White, Martin Odegaard, Aaron Ramsdale, Takehiro Tomiyasu, dan Nuno Tavares, musim ini 'Meriam London' mendatangkan nama-nama terkenal.

Dua pemain City, Oleksandr Zinchenko dan Gabriel Jesus, berhasil mereka angkut. Mereka juga merekrut Fabio Vieira dari Porto, serta Marquinhos dari Sao Paulo. Hadirnya bintang-bintang ini seolah jadi penanda bahwa Arsenal adalah klub besar.

3. Hasil yang terlihat pada pramusim 2022

Borosnya Belanja Arsenal yang Mulai Menunjukkan HasilChelsea kalah di tangan Arsenal. (twitter.com/Squawka)

Meski boros di bursa transfer, pada akhirnya hasil pun ditunjukkan oleh Arsenal. Musim lalu, mereka sempat bersaing masuk zona Liga Champions, meski akhirnya harus kalah dari Tottenham Hotspur yang juga bangkit.

Pada pramusim 2022 ini, Arsenal menunjukkan dominasinya. Dari lima laga yang sudah mereka lalui, 'Meriam London' tak pernah tersentuh kekalahan. Mereka bahkan sempat menang atas sesama klub Premier League, yakni Everton dan Chelsea.

Arsenal boleh saja dikenal sebagai klub irit dan pelit belanja musim lalu. Namun, sekarang mereka lebih berani berinvestasi. Hanya butuh waktu bagi mereka untuk menggebrak di Premier League lagi.

Baca Juga: 5 Gelandang Termahal yang Pernah Didatangkan oleh Arsenal

Baca Juga: 10 Fakta Eddie Nketiah, Pesaing Gabriel Jesus di Lini Depan Arsenal

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya